Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Obat Covid-19 Gratis Dari Pemerintah ? Yuk Gunakan Layanan Prosehat

Ditulis oleh : dr. Monica Cynthia D

Sahabat Sehat, baru-baru ini Kementerian Kesehatan telah bekerjasama dengan 11 Telemedicine untuk memberikan layanan kesehatan bagi masyarakat selama menjalani isolasi mandiri. Pasien terkonfirmasi menderita Covid-19 yang tanpa gejala maupun yang bergejala ringan dapat melakukan isolasi mandiri di rumah maupun karantina terpusat di pusat isolasi. Nah Sahabat Sehat, bagaimana caranya ? Mari simak penjelasan berikut.

Layanan Telemedicine Selama Isolasi Mandiri

Bagi Sahabat Sehat yang sudah melakukan pemeriksaan PCR maupun swab antigen di laboratorium yang terafiliasi dengan Kementerian Kesehatan dan terkonfirmasi menderita Covid-19, maka Sahabat Sehat akan menerima informasi dari aplikasi Whatsapp resmi milik Kementerian Kesehatan. Data hasil laboratorium akan dikirimkan oleh pihak laboratorium penyedia layanan pemeriksaan Covid-19 ke Kementerian Kesehatan.

Program layanan telemedicine untuk pasien Covid-19 selama isolasi mandiri hanya berlaku untuk area DKI Jakarta saja. Sahabat Sehat dapat melakukan konsultasi secara daring, salah satunya dengan menggunakan aplikasi Chat Dokter 24 Jam Prosehat.

Layanan Terkait : Vaksinasi Dewasa

Apakah Layanan Termasuk Pemberian Obat ?

Setelah Sahabat Sehat berkonsultasi dengan dokter secara daring, nantinya Sahabat Sehat akan diberikan resep digital sesuai  kondisi nya saat ini. Jika kondisi Sahabat Sehat termasuk dalam kategori pasien yang dapat melakukan isolasi mandiri, maka obat dapat ditebus gratis.

Bagaimana Cara Menebus Obat Covid-19 ?

Untuk menebus resep obat gratis dari Kementerian Kesehatan, Sahabat Sehat harus mengirim pesan melalui aplikasi Whatsapp ke salah satu gerai apotik Kimia Farma berikut ini:

  • Jakarta Timur : 628112223049
  • Jakarta Utara : 628112221832
  • Jakarta Pusat : 6287877241590
  • Jakarta Selatan : 62895324874355
  • Jakarta Barat : 6287877241405

Setelahnya, Sahabat Sehat harus mengirimkan resep digital baik dalam bentuk PDF maupun layar tangkap (screen capture) dari Prosehat beserta KTP, dan alamat pengiriman ke nomor Whatsapp Kimia Farma yang dituju.

Obat serta vitamin akan ditanggung oleh Kementerian Kesehatan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Kementerian Kesehatan bekerja sama dengan jasa pengiriman Sicepat untuk mengambil obat dan/vitamin dari Apotik Kimia Farma serta mengirimkan ke alamat pasien.

Layanan Terkait : Rapidtest Covid19

Apakah Semua Pasien Covid-19 Mendapatkan Obat Gratis ?

Sahabat Sehat, hanya pasien terkonfirmasi Covid-19 baik tanpa gejala maupun bergejala ringan dengan nomor terdaftar di database Kementerian Kesehatan yang berhak mendapatkan obat dan vitamin gratis dari Kementerian Kesehatan. 

Apa Saja Obat dan Vitamin Dari Kementerian Kesehatan ?

Obat dan vitamin yang diberikan gratis dari Kementerian Kesehatan ada 2 macam, yaitu Paket A untuk penderita Covid-19 tanpa gejala serta Paket B untuk penderita Covid-19 dengan gejala ringan.

Bagi Sahabat Sehat yang menderita Covid-19 tanpa gejala akan mendapatkan multivitamin meliputi : vitamin C, vitamin D, vitamin E dan zink dengan jumlah masing-masing 10 tablet. Sementara bagi Sahabat Sehat yang menderita Covid-19 dengan gejala ringan akan mendapatkan multivitamin meliputi : vitamin C, vitamin D, vitamin E, zink, Azithromycin, Oseltamivir, serta Parasetamol.

Nah Sahabat Sehat, itulah mengenai pemberian obat Covid-19 gratis dari pemerintah yang dapat diperoleh melalui Prosehat. Tetap terapkan protokol kesehatan 5M yaitu menggunakan masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta membatasi mobilisasi.

Baca Juga : Ivermectin sebagai Obat Covid-19

Jika Sahabat Sehat memiliki keluhan selama menjalani isolasi mandiri, segera manfaatkan layanan Chat Dokter 24 Jam Prosehat. Info lebih lengkap silakan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa 

Referensi :

  1. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Layanan Telemedicine Untuk Pasien Isolasi Mandiri. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2021 
  2. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Kemenkes Fasilitasi Konsultasi, Obat Gratis bagi Pasien COVID-19 di Jakarta via Fasilitas Telemedicine [Internet]. Indonesia : Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2021 [updated 2021 July 05; cited 2021 July 07]. Available from : https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/berita-utama/20210705/1338034/kemenkes-fasilitasi-konsultasi-obat-gratis-bagi-pasien-covid-19-di-jakarta-via-fasilitas-telemedicine/ 

Chat Asisten ProSehat aja