Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Ngobrol Sehat Part 4 – Kanker Anak Bersama dr. Edi Setiawan Tehuteru, SpA(K), MHA, IBCLC

Halo Sobat Sehat!

Pada tanggal 4 Februari 2016 kemarin telah diadakan Ngobrol Sehat part 4 yang membahas kanker pada anak. Temanya terdengar menyeramkan ya? Walaupun begitu ada baiknya kita yang mungkin memang tidak memiliki anak atau kerabat dengan kanker juga mengetahui sedikit tentang seluk beluk kanker anak. Pada Ngobrol Sehat part 4 kemarin dokter narasumber yang menjawab setiap pertanyaan Rekan Sehat pernah mendalami kanker hematologi dan onkologi RSCM, yaitu dr. Edi Setiawan Tehuteru, SpA(K), MHA, IBCLC tahu betul seluk beluk kanker pada anak.

12646884_1704461969788141_5172528775083884178_o

Apakah Rekan Sehat ikut berpartisipasi dalam Ngobrol Sehat part 4 kemarin? Jika tidah, berikut rangkuman Ngobrol Sehat tentang Kanker Anak dalam bentuk Tanya Jawab yang diambil dari FB Fanpage Prosehat.

Pertanyaan 1

Dok, saya mau tanya, apakah seorang ibu dengan/pernah menyandang kanker dapat menularkan penyakit tersebut ke janinnya jika ia kebetulan sedang hamil? Biasanya kanker pada anak dapat dideteksi pada usia berapa?

Jawaban

Terima kasih atas pertanyaannya. Pertama, kanker itu tidak menular. Jadi tidak benar bahwa ibu dapat menularkan kanker kepada janinnya. Kedua, dari sekian banyak jenis kanker pada anak, baru satu yang dapat dideteksi dini, yaitu kanker bola mata atau Retinoblastoma.

Baca Juga: Kanker Juga Bisa Menyerang Anak

Pertanyaan 2

Dok, kenapa kanker pada anak berbeda dengan kanker dewasa? Apa yang membedakannya, dok?

Jawaban

Sederhana saja, kanker pada anak tidak diketahui penyebabnya, tidak dapat dicegah, dan hanya retinoblastoma atau kanker bola mata yang dapat dideteksi dini. Sedangkan kanker yang menyerang orang dewasa bisa dicegah dengan gaya hidup yang lebih sehat, seperti tidak merokok dan makan makanan yang sehat jika tidak ingin terkena kanker usus besar.

Pertanyaan 3

Kanker anak jenis apa yang paling berbahaya dan paling besar kejadiannya di Indonesia? Bagaimana menanggulangi kanker pada anak? Adakah tindakan lain selain melalui jalur medis?

Jawaban

Kalau yang namanya kanker, semua ya berbahaya, karena kemampuannya untuk menyebar. Dan jenis kanker yang paling banyak dijumpai pada anak adalah kanker darah atau leukemia. Kanker pada anak dapat ditanggulangi dengan menyebarluaskan informasi tentang gejala kanker pada anak ke orang tua dengan harapan orang tua dapat mewaspadai dan segera membawa anaknya ke dokter untuk tujuan konfirmasi. Kalau ternyata bukan kanker, kita patut bersyukur. Tapi kalau ternyata memang kanker, kita juga patut bersyukur karena artinya masih stadium awal dan jika ditemukan pada stadium tersebut kemungkinan ia sembuh lebih besar dibanding jika ia ditemukan pada stadium lanjut.

Pertanyaan 4

Untuk kanker mata sendiri dok, dapatkah dideteksi secara dini? Apa saja indikasinya?

Jawaban

Memang hanya retinoblastoma atau kanker bola mata yang dapat dideteksi dini. Deteksi dini itu dilakukan terhadap semua anak balita yang ada, bahkan yg sehat sekalipun.

Pertanyaan 5

Dok, saya baru baca kisah anak leukemia yang terlambat dideteksi. Apakah gejalanya memang sulit dibedakan?

Jawaban

Gejala leukemia itu pucat, demam, dan perdarahan. Ketiga gejala ini terjadi karena sel leukemia jahat yang mendesak pabrik sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit atau keping darah. Oleh karena itu, sepintas gejalanya kadang bisa menyerupai penyakit lain, seperti flu atau demam berdarah. Itulah pentingnya orang tua mewaspadai gejala-gejala ini agar tidak terlambat menangani anak yang kita curigai terkena leukemia.

Baca Juga: Yuk, Kita Kenali Gejala Leukemia Sejak Dini

Pertanyaan 6

Gejala leukemia tersebut timbul berulang dalam waktu lama atau bagaimana dok? Soalnya kalau hanya flu, biasanya hanya diberikan obat flu biasa, dan jarang dibawa ke dokter.

Jawaban

Berkaitan dengan demam, biasanya demamnya itu tidak sembuh-sembuh untuk waktu yang cukup lama dan kadang kita juga tidak mengetahui penyebabnya. Nah demam seperti itu yg harus kita curigai. Kalau musim demam berdarah, biasanya DBD akan sembuh dalam tujuh hari. Dan jika sudah lebih dari seminggu trombosit tidak naik, patut dicurigai demam ini Leukimia atau bukan.

Produk Terkait: Jual Bodrexin Demam Drop Rasa Jeruk 15 ml

Pertanyaan 7

Apakah kanker pada anak anak benar-benar tidak bisa dicegah?

Jawaban

Jawaban singkat, ya. Walaupun begitu, sebagai orang tua tetap harus mengajarkan pola hidup yang baik sejak anak masih kecil. Tujuannya bukan untuk mencegah anak terkena kanker saat mereka masih kecil, namun untuk mencegah mereka terkena kanker saat mereka dewasa.

Pertanyaan 8

Apakah makanan dengan pengawet dan penguat rasa (MSG) menjadi andil dalam pertumbuhan sel kanker pada anak?

Jawaban

Sepengetahuan saya, iya. Oleh karena itu upayakan anak-anak makan makanan yang dimasak sendiri sehingga dapat diatur dan diawasi apa saja yang masuk ke tubuh mereka.

Pertanyaan 9

Apakah penyakit kanker pada anak adalah faktor keturunan (genetik dari kedua orang tua), perilaku konsumsi ibu saat kehamilan, atau baru kebiasaan dan perilaku anak setelah kehamilan?

Jawaban

Perlu diketahui bahwa yang dimaksud dengan diturunkan adalah bila jenis kanker yang diturunkan itu sama. Jadi bukan misalnya ibunya kena kanker A anaknya kena kanker B. Jenis kanker pada anak yg sudah terbukti diturunkan adalah kanker bola mata atau Retinoblastoma. Artinya, bila dalam keluarga ada anak yang terkena kanker bola mata, maka bila keluarga itu berniat punya anak lagi, maka anak yang berikutnya punya potensi untuk terkena kanker bola mata juga. Maka dari itu, jika sampai anak ini lahir, sejak lahir ia harus rajin kontrol ke dokter mata sampai usia 5 tahun karena kanker bola mata hanya terjadi pada balita.

Pertanyaan 10

Dapatkah kanker pada anak disembuhkan secara total, misalnya dengan kemoterapi, operasi atau konsumsi obat tertentu?

Jawaban

Pasien kanker dapat disembuhkan dengan catatan jika ditemukan dalam kondisi atau stadium yang masih awal. Jika sudah lanjut, kemungkinan sembuh tetap ada, namun tidak sebesar kemungkinan sembuhnya dibanding bila ditemukan pada kondisi atau stadium yang awal. Sampai saat ini yang dapat menyembuhkan kanker hanya ada tiga modalitas, yaitu kemoterapi radiasi dan operasi. Tidak ada cara lain selain 3 hal tersebut.

Pertanyaan 11

Berapa persen kemungkinan anak yang terkena kanker dapat sembuh dan hidup normal seperti anak lainnya?

Jawaban

Jika ditemukan pada kondisi atau stadium yg awal bisa mencapai 70-80%.

Pertanyaan 12

Sebenarnya seberapa umum kasus kanker pada anak di Indonesia (terutama), dok?

Jawaban

Kanker pada anak jika diperhatikan hanya 2-3% dari kanker secara keseluruhan. Di Indonesia itu jumlah nyatanya 4.100 kasus baru setiap tahunnya. Bukan jumlah yang sedikit kan?

Pertanyaan 13

Apa definisi dari kanker dan penyebab utama dari penyakit tersebut?

Jawaban

Masyarakat memang sering dibingungkan dengan istilah tumor dan kanker. Tumor itu merupakan nama lain dari benjolan. Benjolan itu ada yang jinak dan ada yang ganas. Tumor atau benjolan yang ganas itulah yang disebut kanker.

Pertanyaan 14

Bagaimana cara menghadapi mental orang tua yang mungkin/bisa saja hancur saat mengetahui bahwa anaknya mengidap kanker? Pasti mereka punya perasaan bersalah, kan?

Jawaban

Yang jelas kita harus jujur terhadap apa yang terjadi pada anak mereka. Memang tidak mudah menerima kenyataan kalau anak kita terkena kanker,a namun apa pun yang terjadi, mereka harus menerima kenyataan ini. Kita dapat mendukung orang tua dengan pendekatan psikologis maupun spiritual.

Pertanyaan 15

Apakah ada cara untuk mendeteksi secara dini kanker pada anak? Dan bagaimana pencegahan kanker pada anak?

Jawaban

Kanker pada anak tidak dapat dicegah, dan kalau dideteksi dini baru 1 yang bisa dilakukan, yaitu kanker bola mata atau Retinoblastoma. Sementara itu kanker yang lainnya orang tua harus mewaspadai gejalanya. Untuk kanker darah atau leukemia, waspada bila anak tampak pucat demam dan ada perdarahan. Sementara untuk tumor padat, waspada bila ada benjolan di bagian tubuh manapun pada anak.

Baca Juga: Inilah 5 Perbedaan Tumor dan Kanker yang Perlu Sobat Ketahui

Pertanyaan 16

Di manakah di Indonesia, tempat terbaik yang dapat merawat/menampung/treat anak-anak penyandang kanker?

Jawaban

Kalau di Jakarta, ada 5 rumah sakit yang menangani anak penyandang kanker, yaitu RSCM, RSKD, RSAB Harapan Kita, RSPAD Gatot Subroto dan RS Fatmawati. Untuk di luar Jakarta pada umumnya ada di masing-masing rumah sakit provinsi.

Nah, itu tadi sesi Ngobrol Sehat part 4 tentang Kanker Anak dengan narasumber dr. Edi Setiawan Tehuteru, SpA(K), MHA, IBCLC. Sebagai kata akhir, beliau juga berpesan untuk orang tua agar mencari informasi tentang gejala kanker dan jika ditemukan gejalanya pada anak, harus segera dibawa ke dokter untuk konfirmasi. Seandainya memang benar kanker, jangan tunda untuk segera diobati sebab mengobati kanker itu berpacu dengan waktu agar tidak luas penyebarannya dan pada akhirnya masih dapat disembuhkan.

Bagaimana? Menarik bukan? Semoga ilmu yang disharing melalui Ngobrol Sehat bersama ProSehat dapat membawa banyak manfaat. Nantikan ngobrol sehat part 5 tentang Kanker Pada Wanita (Payudara dan Serviks) Minggu depan, ya! Apabila Sobat memerlukan informasi selengkapnya mengenai kanker anak dan produk-produk kesehatan yang berkaitan silakan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Chat Asisten Maya
di Prosehat.com