Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Tips Menghadapi Musim Hujan di Tengah Pandemi Covid-19

Menghadapi musim hujan di tengah pandemi Covid-19 tentu sangat berbeda jika dibandingkan dengan menghadapi musim hujan di masa sebelum pandemi. Perbedaan itu tentu saja membutuhkan usaha ekstra supaya tubuh tetap dapat terlindungi dari penyakit-penyakit yang kerap muncul di musim hujan seperti flu, diare, dan kolera, serta terlindungi dari Covid-19 yang masih mewabah dan mempunyai sifat penularan yang sangat cepat. Musim hujan sendiri memang kerap identik dengan munculnya banyak penyakit yang mudah menyerang seseorang. Hal itu karena adanya perubahan suhu pada lingkungan. Saat musim hujan, kuman lebih mudah berkembang biak dan menginfeksi tubuh manusia. Para ahli juga sudah membuktikan, semakin rendah suhu, semakin kuat pula virus sehingga sulit mati. Jika tubuh lemah, akan mudah menjadi sasaran empuk bakteri dan virus. Karena itu, supaya tubuh tidak mudah terserang penyakit saat musim hujan, Sahabat selalu disarankan untuk menguatkan imunitas tubuh dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang bergizi dan bernutrisi, berolahraga, dan juga vaksinasi.

musim hujan di tengah pandemi covid-19, musim hujan saat covid-19

Baca Juga: Khawatir Beraktivitas di Musim Hujan? Nggak Lagi Tuh!

Lalu bagaimana jika yang dihadapi adalah Covid-19? Apakah caranya sama atau berbeda sama sekali dengan penyakit-penyakit yang sudah ada? Yuk, Sahabat, tanpa berlama-lama, mari kita simak penjelasan di bawah ini!

Bagaimana Menghadapi Musim Hujan di Tengah Covid-19?

Covid-19 sekarang ini merupakan penyakit yang teramat istimewa sehingga untuk menghadapinya di kala musim hujan juga berbeda, yaitu sebagai berikut.

Memiliki Masker Cadangan

Mengenakan masker merupakan hal wajib bagi semua orang di masa pandemi ini. Penggunaan masker dipercaya dapat secara efektif mengurangi penyebaran virus. Pemakaian masker sendiri juga termasuk dalam 3M yang dianjurkan pemerintah berdasarkan saran dari WHO. Untuk musim hujan ini ternyata masker yang digunakan harus lebih dari satu. Hal itu karena masker berpotensi besar basah terkena air hujan, dan masker yang basah serta lembap dinilai tidak akan efektif karena air membatasi aliran udara dan mengurangi jumlah pengurangan virus. Karena itu, jika masker Sahabat basah karena air hujan segera ganti, dan jangan lupa pakailah masker medis atau kain tiga lapis.

Produk Terkait: Jual Masker Medis

Tetap Menjaga Kebersihan Lingkungan

Musim hujan berpotensi mendatangkan banjir terutama bagi Sahabat yang tinggal di daratan rendah atau dekat sungai. Banjir sendiri juga disebut mendatangkan banyak penyakit seperti kolera, leptosipirosis, dan tifus. Apalagi, Covid-19 juga berpotensi muncul terutama saat berada di pengungsian yang dapat menciptakan kluster penyebaran virus. Karena itu, sangat penting bagi Sahabat untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan ke sungai, dan selalu membuat sumur resapan untuk menampung air hujan yang turunnya cukup banyak.

Hati-hati Terhadap Penyakit Musiman

Musim hujan di tengah pandemi Covid-19 memang benar-benar membutuhkan tenaga ekstra saat menghadapinya. Hal ini karena adanya penyakit-penyakit musiman yang sudah pasti datang dan menyerang. Sebut saja diare dan demam berdarah. Datangnya penyakit-penyakit musiman tentu akan sangat berpengaruh terhadap kondisi tubuh. Apabila lemah, tubuh yang sudah terserang penyakit itu juga mudah terserang Covid-19.

Baca Juga: 10 Penyakit Karena Banjir yang Perlu Diwaspadai

Tetap Disiplin dalam Menjalankan Protokol Kesehatan

Musim hujan saat pandemi bukan berarti Sahabat abai dalam menjalankan protokol kesehatan, yang di dalamnya terdapat 3M (menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak) untuk memutus mata rantai penularan penyakit Covid-19. Jangan sampai musim hujan dijadikan alasan karena hingga saat ini pandemi belum akan berakhir meskipun nanti vaksin sudah ditemukan dan tersedia.

Baca Juga: Infografik Pentingnya Vaksin Influenza untuk Pencegahan Flu di Musim Hujan

Selain tips-tips di atas, jangan lupa untuk melakukan vaksinasi sebagai salah satu cara mencegah penyakit musim hujan di tengah pandemi Covid-19. Vaksinasi yang tentu saja utama dan penting dilakukan adalah vaksinasi flu. Penyakit flu sendiri bersifat musiman dan mempunyai kemiripan dengan Covid-19 sehingga dengan vaksinasi ini akan mencegah Sahabat terkena Covid-19. Untuk vaksinasi ini, Sahabat bisa melakukannya di Prosehat yang menyediakan layanan vaksinasi ke rumah. Layanan ini mempunyai banyak keunggulan, yaitu:

  • Produk dijamin asli
  • Ditangani oleh dokter yang profesional dan berizin resmi
  • Ada tanya jawab dengan Asisten Kesehatan Maya
  • Proses pembayaran yang mudah dan dapat dicicil
  • Jadwal vaksinasi yang fleksibel
  • Dokter akan mengunjungi lokasi sesuai perjanjian

Apabila Sahabat memerlukan informasi lebih lanjut, silakan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

 

Referensi:

  1. Indonesia C. Penyakit-penyakit yang Meradang saat Musim Hujan [Internet]. gaya hidup. 2020 [cited 1 December 2020]. Available from: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20181029082340-255-342178/penyakit-penyakit-yang-meradang-saat-musim-hujan
  2. VIVA P. Virus Kuat di Musim Hujan, Satgas COVID-19 Khawatirkan Libur Panjang [Internet]. Viva.co.id. 2020 [cited 1 December 2020]. Available from: https://www.viva.co.id/gaya-hidup/kesehatan-intim/1316133-virus-kuat-di-musim-hujan-satgas-covid-19-khawatirkan-libur-panjang
  3. Musim Hujan saat Pandemi Covid-19 P. Musim Hujan saat Pandemi Covid-19, Para Ahli Sarankan untuk Selalu Bawa Barang Cadangan Ini – Semua Halaman – Grid Health [Internet]. Grid Health. 2020 [cited 1 December 2020]. Available from: https://health.grid.id/read/352387335/musim-hujan-saat-pandemi-covid-19-para-ahli-sarankan-untuk-selalu-bawa-barang-cadangan-ini?page=all
  4. 4 Tips Hindari Paparan Covid-19 Saat Musim Hujan Tiba | merdeka.com [Internet]. merdeka.com. 2020 [cited 1 December 2020]. Available from: https://www.merdeka.com/sehat/4-tips-hindari-paparan-covid-19-saat-musim-hujan-tiba.html

Chat Asisten ProSehat aja