Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

MITOS: Hanya Susu Sumber Kalsium Terbaik

Orang dewasa di bawah 50 tahun membutuhkan 1.000 miligram kalsium per hari – dan orang dewasa yang lebih tua membutuhkan 1.200 miligram. Untuk apa? Menjaga agar tulang, saraf dan otot mereka berfungsi dengan baik. Selain konsumsi banyak produk susu, jangan lupakan sumber kalsium terbaik lainnya ini.

 

Sayur-sayuran

Untuk sebuah makanan dikategorikan sebagai ‘sumber kalsium’, perlu mengandung setidaknya 200 miligram kalsium per porsi, dan makanan tersebut membutuhkan setidaknya 100 miligram per porsi untuk menjadi sumber kalsium yang baik. Nah, sayuran yang kaya kalsium mencakup sayuran berwarna hijau, seperti collard hijau (83.5 mg/cup), kedelai hijau rebus (175 mg/cup), lobak yang sudah dimasak (148 mg/cup), mustard hijau (104 mg/cup), kale (94 mg/cup), dandelion hijau (147 mg/cup), brokoli (72 mg/cup), bayam (245 mg/cup), seledri (16 mg/stalk), atau kembang kol (34 mg/cup).

tanyadok mitos susu 1

Buah-buahan

Jus apel atau jeruk murni (diperas sendiri) memberikan sedikitnya 200 miligram kalsium. Tapi buah kering seperti raisin (81 mg/cup) juga dapat memenuhi kebutuhan kalsium yang diperlukan tubuh. 5 buah ara kering mengandung setidaknya 100 mg kalsium. Bagaimanapun, buah kering ini merupakan sumber kalsium yang baik. Secangkir perasan buah jeruk atau secangkir jus anggur murni juga akan memberikan setidaknya 100 miligram kalsium.

Walaupun Anda tidak dapat menyerap semua kalsium yang terkandung dalam sayur dan buah yang disebut di atas karena proses memasaknya, tetap saja Anda tidak akan rugi. Masih banyak nutrisi lain yang dapat diserap, termasuk vitamin K dalam semua sayuran hijau, serta kalium dan vitamin C dalam banyak jenis sayur dan buah, yang semuanya bisa membantu menjaga tulang sehat Anda.

Masih kurang banyak kalsium? Anda baru bisa melengkapinya dengan suplemen kalsium yang tepat. Cari tahu kapan waktu yang tepat untuk minum suplemen kalsium di sini. Jangan lupa untuk selalu baca label produk makanan dan lihat jumlah kandungan kalsium dan vit D per takaran saji.

Chat Asisten ProSehat aja