Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Mitos atau Fakta : Penyakit Makula Terjadi  karena Sering Melihat Ponsel Dan Membaca di Tempat Gelap

Smartphone merupakan barang yang harus ada di dekat kita pada zaman ini. Setiap pagi ketika bangun tidur, terkadang ponsel duluan yang kita pegang. Nongkrong pegang ponsel, makan pegang ponsel, bahkan saat mengendarai kendaraan, pegang ponsel juga untuk melihat arah jalan. Ponsel menjadi barang elektronik yang sangat penting bagi siapapun, mulai dari orang kantoran, dokter, guru, bahkan anak sekolah sekalipun.

“Hati-hati menggunakan ponsel dan membaca dalam kondisi ruangan gelap dapat menyebabkan penyakit makula yang berarti sudah menderita kanker mata dan tinggal menunggu buta karena obat modern tidak bisa mengobatinya,” kira-kira begitu berita yang tersebar beberapa waktu lalu di media social. Wah, apa benar begitu Sobat sehat?

Penyakit makula sering disebut dengan degenerasi makula. Makula adalah bagian dari mata berupa daerah kecil berbentuk bulat terletak di belakang retina. Makula ini berfungsi untuk dapat melihat benda lebih rinci dan  melihat warna. Kerusakan pada bagian ini kita sebut dengan degenerasi makula.

Baca Juga: 9 Makanan Untuk Kuat Bergadang

Degenerasi makula lebih sering terjadi pada beberapa orang karena mereka memiliki risiko lebih tinggi dibandingkan dengan lainnya. Faktor risiko yang dapat meningkatkan terjadinya penyakit ini antara lain adalah mereka yang melakukan diet dengan mengonsumsi makanan tinggi lemak, kegemukan dan obesitas, perokok, berusia diatas lebih dari 50 tahun, memiliki keluarga yang menderita penyakit ini serta mereka yang berasal dari ras kaukasian lebih rentan terkena ini.

Jadi, penyebab dari penyakit degenerasi makula bukan karena sering membaca atau melihat ponsel dalam ruangan gelap, ya Sobat. Yuk, kita bijak dalam membaca berita tentang kesehatan. Pastikan bahwa Sobat mendapatkan berita yang benar dari sumber terpercaya, bukan hoaks semata. Salam sehat!

Sumber:

Boyd K. What is macular degeneration. 2018. Available at:  aao.org/eye-health/diseases/amd-macular-degeneration

instal aplikasi prosehat

Chat Asisten ProSehat aja