Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Mitos atau Fakta? Makan Seblak dari Kerupuk Mentah dapat Menyebabkan Usus Buntu

Ayo Sobat sehat, pasti sudah pernah mencicipi jajanan yang terkenal di Bandung, dong, yang namanya seblak. Seblak merupakan makanan yang terbuat dari kerupuk yang telah direndam semalaman atau disiram air panas sehingga menjadi kenyal dan ditambah dengan bumbu khas kencur disertai rasa pedas. Makanan ini sangat digemari oleh semua kalangan karena rasa pedasnya yang seringkali ada dalam beberapa level.

Satu porsi seblak mengandung 262 kalori dengan 45% karbohidrat, 43% lemak, dan 12% protein. Kandungan karbohidrat dan lemaknya yang tinggi menyebabkan seblak sebaiknya tidak terlalu sering dikonsumsi. Makanan tinggi lemak seringkali berhubungan dengan risiko terjadinya peningkatan kolesterol dalam darah yang berpotensi menimbulkan serangan jantung, stroke, penurunan memori dan fungsi mental, dan batu empedu.

Nah, sebuah berita mengenai seblak tersebar ramai di media sosial. Postingan tersebut menceritakan mengenai seorang anak yang terkena usus buntu karena memakan seblak. Menurut dokter yang memeriksa anak tersebut, usus buntu yang dialami anak itu bukanlah karena cabai melainkan karena kerupuk mentah yang direndam di dalam air tapi tidak dihancurkan malah menjadi kenyal. Namun, apakah benar seperti itu?

Baca Juga: Menu Makanan Sehat Sehari – Hari

Radang usus buntu atau appendisitis merupakan peradangan yang terjadi pada appendiks, bagian dari usus besar kita. Sumbatan yang terjadi di appendiks menyebabkan kuman normal yang ada disana bertambah banyak dan menyebabkan infeksi. Sumbatan dapat disebabkan karena tinja, parasit, pembesaran jaringan kelenjar getah bening sekitar appendiks, adanya penyakit Inflammatory Bowel Disease (IBD), dan benturan/trauma pada perut.

Jadi, berita mengenai seblak yang memakai kerupuk mentah yang direndam sehingga menyebabkan usus buntu adalah mitos dan hoaks belaka. Sistem pencernaan kita yang kompleks dapat mengolah makanan dengan baik sehingga dapat diserap dan dikeluarkan dengan baik. Sobat tidak perlu khawatir dalam mengonsumsi seblak karena tidak menyebaban usus buntu.

instal aplikasi prosehat

Referensi:

  1. fatsecret.co.id/kalori-gizi/umum/seblak
  2. Marcin J. The effects of high cholesterol on the body. 2018. Available at: healthline.com/health/cholesterol/effects-on-body#1
  3. National Digestive Diseases Information Clearinghouse. Appendicitis. niddk.nih.gov/-/media/Files/Digestive-Diseases/appendicitis_508.pdf.

Chat Asisten ProSehat aja