Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

Mitos atau Fakta : Khasiat Minum Soda Bagi yang Telat Menstruasi

Setiap wanita mengalami periode menstruasi yang lamanya berbeda-beda tiap bulannya. Siklus menstruasi setiap wanita berbeda-beda dan normalnya sekitar 28-35 hari. Namun, pada beberapa kondisi, siklus wanita bisa lebih panjang atau lebih pendek dan sering membuat wanita khawatir bila siklus menstruasinya telat.

Setidaknya, wanita akan mengalami telat menstruasi dua kali dalam hidupnya, yaitu pada saat awal menstruasi dan saat menopause. Satu lagi wanita akan telat menstruasi bila dirinya hamil. Nah, semua periode itu termasuk telat menstruasi yang normal. Lalu, bila wanita mengalami telat menstruasi tidak normal, apakah penyebabnya?

Menstruasi yang telat dapat disebabkan oleh berbagai hal antara lain stress, berat badan yang kurang/berlebihan, menderita sindrom polikistik ovarium, penggunaan obat (pil KB, obat penurun tekanan darah, obat alergi), menderita penyakit kronis (diabetes atau penyakit celiac), gangguan tiroid, ketidak seimbangan hormon, gaya hidup (malnutrisi, kerja malam berlebihan, kafein), dan menyusui.

Lalu, bila telat menstruasi, apa yang dapat kita lakukan?Sebuah berita di sosial media mengatakan bahwa minuman bersoda memiliki khasiat bagi wanita terkait dengan menstruasi. Berbagai macam khasiat yang konon mampu diberikan oleh minuman bersoda pada wanita diantaranya, sebagai peluruh yang melancarkan menstruasi yang telat, menghilangkan nyeri saat menstruasi bahkan mengurangi aroma yang tidak sedap pada wanita. Bahkan, minum soda dapat membuat darah haid membeku. Apakah berita ini benar?

Baca Juga: 8 Fakta Melawan Diabetes

Tentu saja TIDAK, minum soda tidak memberikan manfaat yang signifikan terkait dengan menstruasi. Minuman berkarbonasi justru dapat menyebabkan kembung dan air tertahan dalam tubuh, sehingga justru tidak dianjurkan dikonsumsi selama haid. Alkohol, makanan berlemak, kafein dan makanan asin juga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi selama haid.

Nyeri saat haid justru dapat diredakan dengan mengonsumsi beberapa makanan berikut seperti produk susu, biji-bijian dan kacang-kacangan, buah-buahan seperti melon, beri, pisang, alpukat, dan sayuran hijau. Nah, Sobat sudah tahu kan, berita yang benar yang mana?Jangan lupa untuk segera mengecek kesehatan ke dokter kandungan Anda bila mengalami nyeri saat haid atau telat menstruasi. Salam Sehat!

instal aplikasi prosehat

Referensi:

  1. Healthline Editorial Team. Why is my period late: 8 possible reason. 2017. Available at: healthline.com/health/womens-health/why-is-my-period-late
  2. Brusie C. Causes of a negative pregnancy test with no period. 2016. Available at: healthline.com/health/pregnancy/causes-of-negative-test-no-period
  3. Cirino E, Healthline Editorial Team. Home remedies to relieve menstrual pain. 2017. Available at: healthline.com/health/womens-health/menstrual-cramp-remedies.

WhatsApp Asisten Maya saja