Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

Minuman Selain Kopi yang Membantu Meningkatkan Kosentrasi

Setiap orang tentu memiliki kesibukan yang tidak pernah habis apapun itu status dan pekerjaannya. Kesibukan ini akan meningkat seiring dengan bertambahnya beban atau tugas yang harus diselesaikan. Mungkin kamu pernah merasakan hal ini? Deadline kuliah yang semakin dekat, tugas kantor yang tiada berakhir atau laporan praktikum yang semakin banyak tentunya menjadi beberapa deret penyebab kamu tidak memiliki waktu untuk beristirahat.

Lantas, ketika jadwal kamu terlalu padat, apa yang selalu dilakukan sebagai solusinya? Kebanyakan orang akan memilih begadang dengan bantuan secangkir kopi bahkan lebih. Kopi dipercaya dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk terjaga sepanjang hari dan meningkatkan konsentrasi meskipun kamu terpaksa tidak memiliki waktu untuk istirahat agar energi serta kemampuan berpikir dapat terisi kembali. Namun, benarkah demikian? Yuk simak penjelasannya!

Kopi memiliki kandungan kafein yang sifatnya menstimulasi kerja sistem saraf pusat. Sehingga dengan mengonsumsi kafein terutama kopi dapat meningkatkan kemampuan mental terutama pada kewaspadaan, ketelitian, perhatian, dan konsentrasi. Beberapa studi telah menunjukkan bahwa kafein benar-benar membantu meningkatkan kinerja seseorang yang tidak memiliki waktu tidur yang cukup, seseorang yang memiliki pekerjaan mengendarai di tengah malam, atau seseorang yang merasa jet lag. Studi ini menunjukkan bahwa kafein yang ada pada kopi memang bekerja dengan baik dalam membantu konsentrasi.

Meski memberikan efek yang baik terhadap konsentrasi, mengonsumsi kopi akan menjadikan kamu terbiasa mengonsumsinya meski tidak membutuhkan. Terlalu sering meminum kopi tanpa tujuan agar terjaga atau lebih berkonsentrasi, akan membuat tubuh kamu ingin kembali mengonsumsinya.

Alhasil, kopi bukan lagi minuman pendamping saat bekerja, tapi menjadi salah satu daftar menu yang harus tersedia setiap hari. Sedangkan normalnya kamu membutuhkan 2-3 cangkir kopi sehari hanya saat membutuhkan saja. Hal ini bisa dikatakan bahwa kamu telah kecanduan kopi. Apabila ini terjadi, tentunya akan memberikan dampak yang tidak baik bagi kesehatanmu

Sebagai alternatifnya, kamu dapat mengonsumsi secara rutin makanan yang lebih sehat tetapi memiliki kemampuan setara kopi untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi. Beberapa bahan makanan yang ada di bawah ini bisa menjadi solusi agar kamu bisa tetap konsentrasi selain dari minum kopi.

1. Bluberi

Bluberi bisa menjadi sumber dalam meningkatkan konsentrasi. Hal ini karena bluberi memiliki anti oksidan yang tinggi yang mampu membantu lancarnya peredaran darah dan oksigen menuju otak. Sehingga tanpa disadar dengan mengonsumsi secara rutin, konsentrasimu akan meningkat dan tubuh juga lebih sehat karena bluberi juga memiliki kandungan yang bersifat anti kanker.

2. Teh hijau

Teh hijau mampu meningkatkan fokus dan konsentrasi karena mengandung kafein dan theanin. Kedua kandungan tersebut akan bekerja meningkatkan aktivitas gelombang alfa pada otak sehingga mengonsumsi teh hijau secara rutin, tidak hanya membuat tubuhmu langsing tetapi juga meningkatkan kemampuan berkonsentrasimu. Jangan lupa menambahkan teh hijau dalam daftar belanjaanmu.

3. Air putih

Tak perlu bahan mahal, air putih ternyata mampu meningkatkan kemampuanmu dalam berkonsentrasi. Saat mengonsumsi air putih, elektron pada otak akan bekerja dengan maksimal. Selain menjaga fokus dan konsentrasi, air putih juga mampu meningkatkan kemampuan mengingat, berpikir cepat, dan lebih kreatif. Oleh karena itu, jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan harianmu terkait air putih. Idealnya, 8 gelas sehari sudah memenuhi kebutuhan dalam beraktivitas.

4. Alpukat

Kandunganpada alpukat ternyata mampu menjaga aliran darahmu tetap normal menuju otak. Sistem kerja tubuh akan berjalan maksimal ketika tubuh memiliki aliran darah yang lancar. Hal ini juga berlaku untuk kemampuan berkonsentrasi. Kamu bisa mengonsumsi 11-17 gram per harinya.

instal aplikasi prosehat

Referensi:
alifeofproductivity.com/9-brain-foods-that-will-boost-your-ability-to-focus/
coffeeandhealth.org/topic-overview/coffee-and-the-mind/
nestle-family.com/nutrition-for-all/english/coffee-a-cup-that-makes-studying-easier_783074.aspx

WhatsApp Asisten Maya saja