Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

Menu Makanan Sehat yang Pas untuk Sehari-hari

Konsumsi makanan sehat sangat diperlukan sehari-hari untuk tetap sehat. Selain itu, selalu mengonsumsi makanan sehat akan membantu menjaga keseimbangan tubuh. Menurut Stephen Bickston, profesor pengobatan internal dan direktur pada Inflammatory Bowel Disease Center di Virginia Commonwealth University Health Center di Richmond, Anda tidak dapat terlalu membatasi kelompok makanan tertentu atau makan terlalu banyak jenis makanan yang lain.

Menu Makanan Sehat: Makanan Pembangun Tubuh

Berdasarkan info US Department of Agriculture dan US Department of Health and Human Services Food Pyramid, 2005, menu makanan sehat yang sebaiknya diterima adalah.

6 – 8 sajian biji-bijian.

Biji-bijian yang dimaksud adalah roti, sereal, nasi, pasta, dan 3 sajian yang berasal dari biji-bijian. Sajian roti yang disiapkan adalah satu potong, sedangkan sajian sereal adalah ½ (yang dimasak) hingga 1 cangkir (siap untuk dimakan). Sajian nasi atau pasta adalah ½ cangkir yang telah dimasak (1 ons dalam bentuk kering). Terkadang, roti yang dipanggang enak, seperti croissant, muffin, dan donat dapat menjadi pilihan.

Baca Juga: Ternyata 5 Menu Korea Ini Menyehatkan

2 – 4 sajian buah dan 4 – 6 sajian sayuran.

Kebanyakan buah dan sayur bersifat rendah lemak,, sehingga dapat menjadi pilihan tepat untuk makanan sehat. Buah dan sayur juga mengandung serat, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan untuk sistem di dalam tubuh agar dapat berfungsi secara maksimal. Buah dan sayur juga akan menambahkan rasa pada makanan sehat Anda. Buah dan sayur akan baik apabila disajikan dalam kondisi segar, direbus, atau dipotong dalam salad. Pastikan untuk menghindari toping yang berkalori, mentega, dan mayonnaise, kecuali pada kondisi tertentu. Sajian sayuran mentah atau yang dimasak sebanding dengan ½ cangkir (1 cangkir untuk sayuran hijau); sajian buah adalah ½ cangkir atau buah segar dengan ukuran bola tenis.

2 – 3 sajian susu, yoghurt, dan keju

Pilihlah produk susu secara bijaksana, cobalah susu atau keju yang rendah lemak atau bebas kalori, Gunakan yoghurt pada krim pada berbagai menu makanan Anda dan dipastikan tidak ada perbedaan. Sajian produk susu setara dengan 1 cangkir susu atau yoghurt atau 1.5 – 2 ons keju.

2 – 3 sajian daging, unggas (ayam atau bebek), ikan, kacang kering, telur, dan kacang-kacangan

Cobalah cara terbaik untuk menyiapkan daging sapi, daging babi, kambing, unggas, dan ikan untuk dipanggang atau direbus. Pisahkan seluruh lemak atau kulit binatang sebelum memasaknya, dan tambahkan bumbu dengan rempah, dan saus rendah lemak. Sajian daging, ikan, atau unggas sekitar 2 – 3 ons. Beberapa sisa makanan seperti kacang kering, dan mentega kacang dapat menyediakan protein tanpa lemak dan kolesterol binatang. Sebanyak ¼ cangkir dari biji yang telah dimasak atau 1 sendok makan mentega kacang setara dengan 1 ons daging tanpa lemak.

Baca Juga: Tips Makanan Sehat Sesuai Jam Makanmu

Gunakan lemak, minyak, dan gula sekali-kali

Tidak ada diet yang mewajibkan eliminasi makanan berlemak, minyak atau gula secara seutuhnya. Apabila Anda ingin mengonsumsinya, tidak menjadi masalah, asalkan frekuensinya jarang.

Diet Sehat: Makan Benar dalam Jumlah yang Tepat

Berapa banyak kalori yang Anda butuhkan? Bergantung pada jenis kelamin, usia, bentuk tubuh, dan seberapa aktif Anda. Umumnya, anak aktif berumur 2 – 8 tahun membutuhkan 1.400 – 2.000 kalori per hari. Remaja wanita dan wanita aktif dapat mengonsumsi 2.200 kalori per hari tanpa penambahan berat badan. Remaja pria dan pria yang sangagt aktif sebaiknya mengonsumsi 3.000 kalori per hari untuk menjaga berat badan. Apabila Anda tidak aktif, kebutuhan kalori Anda menurun 400 – 600 kalori per hari. Cara terbaik untuk mengetahui berapa banyak yang Anda butuhkan adalah ikuti tubuh Anda. Jauhi meja saat Anda merasa nyaman, bukan saat Anda merasa kenyang. Tunggulah hingga 20 menit.

instal aplikasi prosehat

Daftar Pustaka

Orenstein BW. How to eat a healthy diet. [Internet]. Available at: everydayhealth.com/healthy-living/basics-of-healthy-living.aspx (11.12.18)

WhatsApp Asisten Maya saja