Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

Menu Harian untuk Keluarga Bantu Diabetesi

Bingung memilih menu harian untuk saudara atau orang tua kita yang menyandang diabetes? Atau Anda ingin turunkan berat badan tanpa menahan lapar? Menu harian ini bisa membantu menurunkan berat badan dan membantu diabetesi kontrol gula darah serta menjaga asupan gizi yang seimbang dengan memperhatikan 3J (Jenis, Jumlah, dan Jam) yang sudah dibahas di sini.

Sarapan

Kita selalu bisa memilih sarapan yang baik. Menurut American Diabetes Association, sarapan yang baik bagi diabetesi adalah buah-buahan segar, telur, oatmeal (½ cangkir) dan satu potong roti gandum. Anda bisa juga menyiapkan 1 daging, 2 jenis buah, 2 roti gandum, dan susu rendah lemak.

https://www.prosehat.com/cegahdiabetes/

Cemilan Pagi

Sebelum makan siang, ada baiknya diselingi dengan cemilan ringan untuk Anda yang sedang menjaga berat badan, maupun diabetesi yang sedang mengontrol kadar gula dalam darah. Cemilan yang dapat membuat kenyang namun sehat adalah kacang-kacangan seperti almond dan walnut. Sebagai variasi, satu buah apel dengan selai kacang juga mengenyangkan dan menjadi menu cemilan paling disukai oleh banyak kalangan usia.

https://www.prosehat.com/cegahdiabetes/

Makan Siang

Rencanakan makan siang Anda dengan mempertimbangkan hal berikut ini:

  • 2 jenis sumber protein (ikan, susu, daging merah, dsb)
  • 2 buah roti gandum,
  • 2 jenis buah (apel, pisang, dsb)
  • 1 jenis sayuran (brokoli, bayam, buncis, dsb), dan
  • 2 sumber lemak nabati (alpukat, kacang kedelai, kacang kenari, dsb)

Dengan bahan-bahan tersebut, Anda dapat membuat satu buah sandwich tuna lezat. Persiapkan bahan-bahan dengan dua jenis buah yang bisa dimakan langsung atau dibuat jus. Tambahkan pemanis buatan berbahan dasar alami seperti stevia untuk menambah rasa manis pada jus Anda. Untuk dressing, gunakan sedikit saja mayones rendah lemak sebagai penambah rasa.

https://www.prosehat.com/cegahdiabetes/

Cemilan Sore

Menunggu jam makan malam memang terasa sangat lama, dan untuk mengatasi rasa lapar tersebut, 5 crackers tanpa garam dan bebas gula dengan keju cheddar yang dilelehkan dapat ditambahkan sebagai cemilan menjelang makan malam. Pilihan minuman seperti jus apel tanpa gula sebelum makan malam akan menolong porsi makan malam Anda yang pastinya akan berkurang.

https://www.prosehat.com/cegahdiabetes/

Makan Malam

Untuk makan malam, Anda dapat menyiapkan: tiga jenis daging (ikan, ayam, dsb), 1 sumber karbohidrat, dan satu jenis sayuran mentah. Anda bisa membuat menu ini:

  • Tumis dada ayam dengan irisan brokoli. Bumbui dengan garam dan lada.
  • Pengganti nasi: rebus 1 buah kentang
  • Sajikan dengan dressing mayones (1 sendok kecil).
  • Jangan lupa susu rendah lemak dengan fitosterol yang akan mengontrol kadar gula darah Anda.

menu diabetes

Itu tadi adalah menu harian sederhana bagi diabetesi yang bisa dicoba. Tetap ingat untuk membatasi penggunaan gula meja. Anda bisa beralih ke pemanis buatan berbahan dasar alami seperti Stevia untuk tetap mendapatkan rasa manis namun tidak menaikkan kadar gula darah Anda. Kadar gula dalam darah normal, tubuh pun tetap ideal. Selamat mencoba!

Referensi:

WhatsApp Asisten Maya saja