Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

5 Cara Sehat Mengisi Waktu Istirahat

“Banyak dari kita begitu sibuk, sehingga istirahat hanya dianggap membuang waktu. Tapi sebenarnya, istirahat merupakan kebutuhan biologis. Semua ilmu pengetahuan menunjukkan bahwa untuk terus hidup kita butuh istirahat, sama seperti kita membutuhkan makanan, ” kata Dr Matius Edlund, pakar kesehatan tidur dari AS. Dr. Edlund menambahkan, jika Anda tidak bisa tidur, istirahat bisa sama efektifnya dengan tidur. Selain itu, waktu istirahat dapat digunakan untuk olahraga dan meningkatkan metabolisme setelah makan siang.

Berikut ini kami sajikan cara sehat mengisi waktu istirahat Anda di tempat kerja. Apa saja itu? Yuk, mari simak!

1. Power Nap

Sebuah publikasi pada jurnal SLEEP di tahun 2008 bahkan membuktikan bahwa tidur siang sejenak akan meningkatkan kemampuan mengingat Anda. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Pew Research Center menyatakan bahwa sepertiga orang di Amerika terbiasa tidur siang untuk meningkatkan produktivitasnya. Periode tidur siang ini dikenal dengan istilah Power Nap, karena setelah tidur siang sekitar 10-20 menit seseorang akan segar bugar seolah baru di-recharge.

2. Naik Turun Tangga

Jika Anda sedang makan siang di mall atau di kantor, upayakan untuk selalu menghindari eskalator atau elevator. Cari tangga, naik turun tangga lebih baik ketimbang memakai eskalator. Naik turun tangga selama kurang lebih 5 menit sehari dapat membakar 33 kalori dalam tubuh Anda.

3. Berjalan Kaki

Biasakan diri Anda untuk berjalan ke mana saja selama kurang lebih 15 menit sebelum masuk ruangan kantor. Tahukah Anda, bahwa dengan berjalan kaki, otomatis mampu membakar 250-500 kalori dalam tubuh. Mungkin Anda bisa memulai untuk berjalan di taman sekitar kantor atau mall. Selain membakar kalori, Anda juga bisa mendapat pasokan oksigen langsung dari alam terbuka.

4. Bersosialisasi

Manfaatkan waktu istirahat makan siang Anda dengan berbincang bersama rekan kerja Anda. Kurangi makan siang sembari bekerja di depan laptop. Mengobrol dengan rekan kerja saat jam istirahat terbukti mengurangi tingkat hormon stress akibat pekerjaan yang menumpuk.

5. Istirahat Total

Mungkin Anda sering mengabaikan hal ini, namun ternyata cara terbaik untuk istirahat total adalah menghirup nafas yang dalam. Bernapaslah perlahan-lahan sampai hitungan delapan. Dengar dan bayangkan udara bergerak saat Anda bernapas. Fokuslah pada kesejajaran tubuh Anda dan tarik nafas yang dalam. Cara lain yang juga sangat baik istirahat adalah untuk tidur (selama 15 sampai 30 menit) jika Anda merasa sangat lelah.

Selamat mempraktekan cara-cara sehat mengisi waktu istirahat di atas dan kembali beraktivitas dengan semangat penuh! Nah, bagi Sobat yang memerlukan info lebih lanjut mengenai cara sehat mengisi waktu istirahat silakan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa

Chat Asisten ProSehat aja