Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

Mengenal Cara Diet OCD (Obsessive Corbuzier’s Diet)

Diet OCD (intermittent fasting) menjadi salah satu metode diet yang cukup digandrungi saat ini. Hal ini karena klaim diet OCD yang bisa menurunkan berat badan dengan cepat. Tak heran banyak orang yang mencoba metode diet ini, sayangnya hanya sedikit yang memahami tentang cara diet OCD. Diet yang mirip seperti metode puasa ini sebenarnya dapat dilakukan jika aturan yang digunakan tepat. Banyak orang yang mencoba metode OCD malah berakhir dengan timbangan berat badan yang selalu naik karena tak memahami tentang aturan dalam metode diet OCD. Nah, bagi anda yang ingin mencoba menurunkan berat badan dengan menggunakan diet OCD, cobalah perhatikan penjelasan di bawah ini.

Pengertian Diet OCD

Pada dasarnya, diet OCD adalah variasi metode diet puasa atau intermittent fasting dimana menekankan pada sistem pengaturan makan. Kapan diperbolehkan untuk makan dan kapan harus berhenti untuk makan atau puasa. Biasanya dalam metode OCD ini menganjurkan untuk tidak makan sekitar 16 jam, tapi untuk waktu sebenarnya bisa ditentukan sendiri.

Baca Juga: Diet Usia 30-an yang Bisa Kamu Coba

Misalnya saja, anda dapat membagi waktu dengan 8 jam untuk mengonsumsi makan dan 16 jam digunakan untuk berbuka puasa. Maka anda bisa mengonsumsi makanan apapun mulai pukul 13.00 hingga 19.00, dan kemudian berpuasa hingga 16 jam mendatang. Dalam jangka waktu “puasa” ini, anda tidak diperbolehkan untuk mengonsumsi makanan apapun kecuali air putih.

Empat Tahapan Diet OCD

Diet OCD menggunakan sistem jendela makan dalam penenerapannya. Jendela makan merupakan lamanya waktu yang diperbolehkan untuk makan. Jangla waktu makan ini berbeda dan bisa disesuaikan dengan pilihan anda. Ada beberapa orang yang memulai dari 8 jam, 6 jam, bahkan hingga 4 jam saja dalam satu hari. Nah berikut ini 4 tahapan jendela makan yang bisa anda terapkan dalam metode diet OCD yang anda lakukan.

Jendela Makan 16:8

Panduan pertama dalam menjalan metode diet OCD ini bisa anda lakukan dengan memulai tahapan yang paling awal, apalagi bagi anda yang masih pemula dalam menjalani diet. Awalnya anda dapat mencoba 8 jam untuk makan dalam sehari dan kemudian berpuasa selama 16 jam. Pada saat jendela makan selama 8 jam ini, anda diperbolehkan untuk mengonsumsi berbagai macam makanan dan minuman apapun.

Namun, setelah waktu jendela makan habis, anda tidak diperbolehlahkan lagi mengonsumsi makanan atau minuman terkecuali air putih. Dalam mengatur jadwal jendela makan dan puasa ini sebaiknya dilakukan pada jangka wktu yang teratur selama 2 minggu. Misalnya saat anda memulai diet OCD pada jam 8 pagi, maka mulai dari jam 08.00-16.00 anda diperbolehkan untuk mengonsumsi makanan apapun. Namun, saat jendela makan sudah habis, maka anda diwajibkan berpuasa hingga keesokan harinya pada pukul 8 pagi.

Jendela makan 18:6

Untuk tahapan kedua ini terdapat sedikit perbedaan serta penambahan waktu untuk berpuasa. Pada tahapan ini anda diperbolekan untuk mengonsumsi makanan apapun selama kurang lebih 6 jam, dan selanjutnya diwajibkan untuk berpuasa hingga 18 jam. Misalnya anda memulai jendela makan pada pukul 10 pagi, dan pada pukul 16.00 nantinya anda harus mulai berpuasa dan tidak diperbolehkan mengonsumsi makanan atau minuman apapun (kecuali air putih). Hal ini dilanjutkan hingga keesokan harinya jam 10 pagi.

Jendela Makan 20:4

Jika dirasa tubuh sudah mampu menyesuaikan diri, maka anda bisa memulai tahapan ketiga dengan menggunakan waktu makan hanya 4 jam setiap harinya. Metode ini tak jauh berbeda dari tahapan 1 dan 2, hanya berbeda pada jangka waktu jendela makan dan puasa. Tahapan ini terbilang cukup berat, dan jika memang anda merasa kesulitan akan lebih baik untuk bertahan di tahap kedua saja.

Makan 1 kali Dalam Sehari

Tahapan keempat yang merupakan tahapan terberat dalam diet OCD disini adalah anda diharuskan untuk berpuasa selama 1 hari penuh atau 24 jam. Namun, bukan berarti disini anda tidak diperbolehkan untuk makan, hanya saja anda diberikan waktu makan 1 kali dalam sehari. Misalnya anda memulai diet OCD pada pukul 5 sore maka anda hanya bisa makan saat jam 5 sore ini saja. Kemudian, setelah itu berpuasa penuh seharian dan hanya boleh mengonsumsi air putih hingga jam 5 sore keesokan harinya. Coba lakukan tahapan ini selama 2 minggu saja, sehingga tubuh tidak akan mengalami kekurangan nutrisi maupun masalah lainnya.

Baca Juga: Hindari 7 Faktor Ini Supaya Terhindar Penyakit Jantung

Makanan Yang Diharuskan Dalam Menu Diet OCD

Tak hanya memperhatikan jeda makan dan puasa saja, tapi dalam diet OCD juga diperhatikan makanan apa saja yang diperbolehkan dan diwajibkan dikonsumsi. Penting untuk memperhatikan asupan nutrisi apa saja yang harus dikonsmsi saat jendela makan diet. Paling terpenting adalah makanan harus mengandung karbohidrat, yang menjadi sumber energi yang dibutuhkan bagi proses metabolisme tubuh. Selain itu, pastikan jika makanan yang dikonsumsi juga mengandung protein sehingga baik untuk menjaga massa otot.

Anda bisa memperoleh protein dari bahan-bahan makanan seperti daging hewan, telur, tahu, maupun tempe. Sedangkan untuk kebutuhan vitamin dapat terpenuhi dengan mengonsumsi buah dan sayuran hijau. Anda juga dapat mengonsumsi suplemen vitamin sehingga kebutuhan nutrisi tubuh tercukupi. Kemudian, paling penting adalah air mineral, baik itu selama jam jendela makan maupun puasa.

Anda bisa mengonsumsi air putih sebanyak mungkin. Jangan sampai tubuh mengalami dehidrasi selama menjalani diet ini. sebagai tips, anda bisa mengonsumsi 1-2 gelas air putih setiap jamnya. Selain itu penting untuk tetap menjaga aktivitas anda. Sebisa mungkin hindari aktivitas-aktivitas berat yang bisa menyebabkan tubuh lemas saat menjalani program diet.

Baca Juga: 5 Cara Diet Alami Kekinian

Nah, itu tadi penjelasan mengenai cara diet OCD yang bisa anda coba untuk membantu menurunkan berat badan. Diet ini bisa dilakukan siapapun, akan tetapi jika anda memiliki penyakit diabetes, berat badan kurang, tekanan darah rendah, riwayat gangguan makan, sedang hamil atau menyusui,menjalani program hamil dan  amenorrhea akan lebih baik jika berkonsultasi kepada dokter maupun ahli gizi terlbih dahulu sebelum akan menjalani program diet OCD ini.

instal aplikasi prosehat

WhatsApp Asisten Maya saja