Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Bagaimana Cara Memulihkan Stamina Tubuh Setelah Sembuh dari Covid-19?

Tentu hal yang menyenangkan ketika Sahabat akhirnya dinyatakan sembuh dari Covid-19. Namun setelah sembuh tersebut, mungkin Sahabat akan merasakan gejala sisa seperti nafas yang pendek, cepat lelah, penciuman belum normal, sakit kepala, perubahan metabolisme, kekebalan tubuh, hingga hilangnya stamina tubuh.

memulihkan stamina tubuh setelah sembuh dari covid-19

Baca Juga: Fenomena Long Covid, Gejala yang Menyerang Eks Pasien Covid-19

Hal tersebut terjadi karena tubuh tentu saja membutuhkan waktu untuk pemulihan. Masih adanya gejala sisa ini dapat menganggu ritme kehidupan sehari-hari yang akan berdampak pada kesehatan fisik dan mental. Karena itu, berikut ini adalah cara supaya Sahabat dapat memulihkan stamina tubuh setelah sembuh dari Covid-19.

Tetap Melakukan Aktivitas Fisik

Aktivitas fisik yang dimaksud adalah dengan berolahraga. Aktivitas ini sebenarnya bukanlah hal yang mudah dilakukan karena tubuh sendiri masih dalam kondisi lemah setelah sembuh dari Covid-19. Namun hal ini perlu dilakukan, karena virus tersebut ternyata dapat memicu dan mempercepat hilangnya kekuatan otot dan energi secara alami.

Untuk bisa berolahraga dan mengembalikan fungsi tubuh setelah dinyatakan negatif dari infeksi Covid-19, Sahabat bisa melakukan olahraga ringan selama maksimal 30 menit, dan lakukanlah secara bertahap.

Konsumsi Makanan Bergizi Tinggi

Mengonsumsi makanan-makanan yang memiliki kandungan gizi dan nutrisi tinggi sangat diperlukan agar stamina tubuh cepat pulih. Sahabat disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung protein supaya fungsi otot yang hilang saat terkena infeksi virus Corona dapat segera kembali kuat.

Produk Terkait: Jual Suplemen

Protein ini juga nantinya akan membantu memproduksi antibodi dan sel sistem kekebalan, selain mengembalikan energi dalam tubuh. Tentu saja ini tak hanya akan meremajakan organ-organ tubuh, tetapi juga memberikan kekuatan untuk dapat menjalankan fungsi sehari-hari. Selain konsumsi makanan bergizi tinggi, sebaiknya juga mengonsumsi suplemen tambahan jika perlu.

Latih Kekuatan Otak

Tidak hanya pada otot yang menjadi lemah setelah sembuh dari Covid-19, tetapi otak juga. Karena kenyataannya, infeksi virus Corona dapat memberikan dampak negatif pada kemampuan kognisi otak sehingga mempengaruhi proses berpikir.

Baca Juga: Long-Hauler, Paparan Virus Covid Berkepanjangan

Hal ini tentu saja akan dapat menurunkan kinerja Sahabat dalam kehidupan sehari-hari, misalnya kehilangan fokus dan konsentrasi saat beraktivitas. Untuk bisa mengembalikan fungsi otak seperti semula, mulailah latih otak kembali dengan melakukan beberapa permainan, seperti puzzle dan teka-teki silang. 

Istirahat yang Cukup

Istirahat merupakan hal yang sangat penting bagi manusia, bahkan saat dalam masa pemulihan diri setelah sembuh dari Covid-19. Sahabat perlu beristirahat secara maksimal agar tubuh dapat juga dengan maksimal pulih kembali. Jangan memaksakan dahulu melakukan kegiatan seperti sebelum terserang virus.

Baca Juga: 5 Makanan Penambah Stamina Tubuh Pria yang Perlu Dicoba

Itulah beberapa cara yang bisa Sahabat lakukan untuk dapat memulihkan stamina tubuh setelah sembuh dari Covid-19. Selain cara-cara di atas, Sahabat juga hendaknya jangan takabur atau merasa yakin aman bakal tidak terserang Covid kembali karena bagaimanapun reinfeksi orang yang pernah terkena virus cukup besar.

Untuk itu, Sahabat hendaknya tetap menerapkan protokol-protokol kesehatan saat kembali beraktivitas, dan lakukanlah semua aktivitas yang biasa dilakukan secara perlahan, dan jangan dipaksakan. Apabila Sahabat merasakan sinyal yang kurang enak dari tubuh segera beristirahat, dan konsultasikanlah ke dokter.

Untuk info selanjutnya mengenai stamina tubuh dan produk-produk kesehatan yang berkaitan, silakan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

 

Referensi:

  1. Lahitani S. Baru Sembuh dari Covid-19, Ini 4 Cara Membangun Kembali Stamina Anda [Internet]. liputan6.com. 2021 [cited 25 February 2021]. Available from: https://www.liputan6.com/citizen6/read/4400623/baru-sembuh-dari-covid-19-ini-4-cara-membangun-kembali-stamina-anda
  2. developer m. Ini yang Harus Dilakukan Setelah Sembuh dari Covid-19 [Internet]. Mediaindonesia.com. 2021 [cited 25 February 2021]. Available from: https://mediaindonesia.com/weekend/349070/ini-yang-harus-dilakukan-setelah-sembuh-dari-covid-19
  3. 2021 L. Cara Memulihkan Diri Pasca Sembuh dari COVID-19 [Internet]. rri.co.id. 2021 [cited 25 February 2021]. Available from: https://rri.co.id/makassar/sosial-budaya/932761/cara-memulihkan-diri-pasca-sembuh-dari-covid-19
  4. Mediatama G. Setelah sembuh dari corona, ini yang harus kamu lakukan [Internet]. PT. Kontan Grahanusa Mediatama. 2021 [cited 25 February 2021]. Available from: https://kesehatan.kontan.co.id/news/setelah-sembuh-dari-corona-ini-yang-harus-kamu-lakukan?page=all

Chat Asisten ProSehat aja