Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

Melahirkan Tidak Harus Nyeri, Ini Caranya!

Pada zaman sekarang, Anda pasti sudah sering mendengar tentang obat anestesi untuk operasi dan tidak menimbulkan nyeri saat melahirkan. Namun apakah melahirkan tanpa rasa nyeri bahkan mungkin? Laku apakah mungkin untuk menikmati melahirkan?

  • Apakah yang menyebabkan nyeri pada saat melahirkan?

Nyeri saat persalinan disebabkan oleh kontraksi otot–otot rahim dan tekanan pada serviks. Rasa sakit ini bisa dirasakan sebagai kram yang kuat pada perut, selangkangan dan punggung sehingga menimbulkan nyeri. Beberapa wanita juga mengalami nyeri pada bagian paha. Penyebab nyeri lainnya termasuk akibat tekanan kandung kemih dan usus oleh kepala bayi dan peregangan jalan lahir dan vagina.

Nyeri pada persalinan tentu berbeda untuk setiap wanita. Bahkan rasa nyeri pun dapat bervariasi dari wanita ke wanita bahkan dari kehamilan ke kehamilan.1,2

  • Apa yang dapat dipersiapkan sebelum melahirkan?

Untuk membantu mengurangi rasa sakit selama melahirkan, berikut beberapa hal yang dapat dilakukan sebelum atau selama kehamilan:

  • Olahraga secara teratur dan sesuai dengan keadaan tubuh dapat membantu memperkuat otot– otot Bunda dan mempersiapkan tubuh selama stres persalinan. Olahraga juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh, yang nantinya akan berguna jika waktu persalinan lebih lama. Hal yang penting diingat adalah jangan berlebihan saat berolahraga. Bicarakan dengan dokter Anda tentang apa yang dapat digunakan sebagai rencana olahraga Bunda.
  • Jika mengikuti kelas persalinan, Bunda akan diajarkan tentang teknik–teknik yang dapat digunakan untuk menangani nyeri. Teknik yang paling umum yaitu teknik Lamaze dan metode Bradley.
    • Teknik Lamaze adalah teknik yang berpedoman pada filosofi bahwa melahirkan adalah proses yang normal, alami dan sehat, dan perempuan harus mengetahui hal tersebut. Kelas Yamaze mendidik wanita tentang cara mengurangi persepsi mereka tentang rasa sakit, melalui teknik relaksasi, latihan pernapasan, pengalih perhatian dan juga melalui teknik pijatan oleh trainer yang terlatih. Lamaze mengambil posisi netral terhadap obat nyeri, dan mendorong para wanita untuk membuat keputusan tentang apakah hal tersebut tepat untuk mereka.
    • Metode Bradley (atau disebut juga kelahiran dengan suami terlatih) menekankan pada pendekatan alami untuk kelahiran dan partisipasi aktif dari ayah bayi sebagai pelatih kelahiran. Tujuan utama dari metode ini adalah menghindari obat-obatan kecuali sangat diperlukan. Metode Bradley juga berfokus pada nutrisi yang baik dan olahraga selama kehamilan, relaksasi dan teknik pernapasan dalam mengatasi persalinan. Meskipun kelas metode Bradley mendukung pengalaman kelahiran yang bebas dari obat-obatan, para trainer juga tetap mendiskusikan komplikasi maupun situasi yang tidak diharapkan, seperti bedah sesar darurat.1,3
  • Apa saja cara mengurangi nyeri saat bersalin tanpa menggunakan obat–obatan anestesi?

Hal yang dapat Bunda lakukan adalah termasuk:

  • Hipnotis
  • Yoga
  • Meditasi
  • Berjalan
  • Pijat
  • Mengubah posisi
  • Mandi atau shower
  • Mendengarkan musik
  • Mengalihkan perhatian dengan menghitung atau melakukan aktivitas yang dapat membuat Bunda sibuk. 1

 

  • Jika ingin menggunakan obat–obatan, pilihan apa saja yang tersedia?

Berbagai obat nyeri dapat digunakan selama persalinan, tergantung pada situasi. Banyak wanita bergantung pada obat–obatan tersebut, dan hal tersebut sangat melegakan ketika rasa sakit cepat berkurang dan energi dapat difokuskan untuk melewati kontraksi. Diskusikan dengan dokter Bunda perihal risiko dan manfaat dari setiap jenis obat. Berikut pilihan obat yang dapat dipertimbangkan:

  • Obat ini meredakan rasa nyeri namun tidak sepenuhnya mati rasa. Obat ini tidak memengaruhi sensasi atau gerakan otot. Obat–obatan jenis ini dapat menyebabkan efek samping pada ibu, termasuk mengantuk dan mual. Obat jenis tersebut memiliki efek pada bayi.
  • Anestesi regional. Obat jenis ini termasuk jenis yang umumnya terpikirkan saat berbicara tentang obat nyeri selama persalinan. Dengan menghalangi rasa nyeri dari bagian tubuh yang spesifik, metode ini dapat digunakan untuk menghilangkan rasa nyeri, baik pada persalinan normal maupun operasi.

Epidural adalah suatu bentuk anestesi lokal yang digunakan untuk menghilangkan sebagian besar rasa nyeri dari seluruh tubuh di bawah pusar, termasuk vagina selama persalinan dan melahirkan. Cara pemberian anestesi jenis ini melibatkan dokter ahli anestesi melalui jarum tipis yang dimasukkan ke punggung bawah wanita. Obat ini sangat sedikit mencapai bayi, jadi biasanya tidak ada efek pada bayi dari metode obat tersebut. Namun bukan berarti tidak ada efek sampingnya. Epidural dapat menyebabkan tekanan darah menurun dan sulit buang air kecil setelahnya. Dapat juga menimbulkan gatal, mual dan sakit kepala pada ibu.1,4,5

Setelah kita membahas mengenai pilihan obat–obatan anestesi yang dapat digunakan, sekarang Bunda sudah tahu pilihan apa saja yang tersedia. Diskusikan lebih lanjut pada dokter anestesi di Pondok Indah jika Anda ingin memahaminya lebih lanjut. 

instal aplikasi prosehat

Referensi:

  1. Dealing With Pain During Childbirth – kidshealth.org/en/parents/childbirth-pain.html, diakses pada tanggal 6-12-2018.
  2. 10 Ways to Make Labor Less Painful – cosmopolitan.com/health-fitness/a49152/how-to-make-labor-less-painful/, diakses pada tanggal 6-12-2018.
  3. Is Painless Birth Possible? – naturalbirthandbabycare.com/painless-birth-possible/, diakses pada tanggal 6-12-2018
  4. Natural Childbirth Doesn’t have To Be A Painful Delivery – health4mom.org/natural-childbirth-doesnt-have-to-be-painful, diakses pada tanggal 6-12-2018
  5. Six ways to manage pain in labour – theguardian.com/lifeandstyle/2012/apr/30/six-ways-to-manage-pain-in-labour, diakses pada tanggal 6-12-2018

WhatsApp Asisten Maya saja