Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Tahukah Sahabat, 9 Manfaat Mendengarkan Musik Bagi Kesehatan?

Apakah Sahabat Sehat termasuk orang yang menikmati alunan musik? Kalau iya, berarti Sahabat termasuk orang yang beruntung karena ternyata musik memiliki segudang manfaat kesehatan bagi tubuh.

manfaat mendengarkan musik bagi kesehatan

Baca Juga: Terapi Pengobatan Air Putih untuk Mengatasi Penyakit-penyakit Kronis

Lalu apa saja manfaat mendengarkan musik bagi kesehatan? Sahabat Sehat, mari simak penjelasannya di bawah ini!

1. Meredakan Stres

Musik ternyata mampu membantu meredakan stres, sehingga berangsur-angsur stress menghilang dan pikiran kembali tenang. Mendengarkan musik disebut dapat menurunkan kadar kortisol atau hormon yang bertanggung jawab terhadap stres. Musik dengan tempo yang lambat dinilai dapat menurunkan detak jantung, laju pernapasan, dan tekanan darah.

2. Meringankan Gangguan Cemas

Apabila Sahabat memiliki gangguan cemas, Sahabat dapat mendengarkan musik sebagai  salah satu cara terapi cemas. Musik dinilai dapat mengalihkan dari rasa cemas, membuat lebih tenang dan nyaman.

3. Menjaga Kemampuan Pendengaran

Dari sebuah penelitian mengungkapkan bahwa orang yang sering mendengarkan musik ternyata memiliki kemampuan mendengar yang lebih baik. Meski begitu, disarankan untuk tidak mendengarkan musik dengan volume keras terutama saat menggunakan headphone.

Baca Juga: Terapi Donor Plasma Konvalesen, dari Pengertian hingga Manfaat

4. Memperkuat Daya Ingat

Musik ternyata turut memperkuat daya ingat, hal ini diketahui dari sebuah studi yang menunjukan peserta yang mengingat suatu kata sambil mendengarkan musik ternyata jauh lebih unggul daripada peserta yang mengingat kata dalam keheningan.

5. Meredakan Gejala Depresi

Musik disebut dapat meredakan gejala depresi terutama musik klasik yang dikombinasikan dengan musik jazz, hal ini berdasarkan sebuah penelitian pada tahun 2017. Selain musik jazz dan klasik, musik yang disarankan adalah musik perkusi yang ternyata turut bermanfaat dalam meredakan gejala depresi.

6. Mengatasi Lelah

Berdasarkan sebuah penelitian, irama musik yang menenangkan ternyata dapat membantu mengurangi kelelahan dan membuat rileks.

7. Meningkatkan Semangat Berolahraga

Sebuah penelitian pada tahun 2020 mengungkapkan bahwa berolahraga sambil mendengarkan musik dapat meningkatkan suasana hati, dan meningkatkan gerakan tubuh saat berolahraga.

Berolahraga dengan mendengarkan musik juga turut mempengaruhi intensitas dan waktu latihan yang lebih lama. Atlet yang mendengarkan musik dengan tempo cepat selama pemanasan, diketahui menjadi lebih termotivasi dalam persaingan.

8.Membantu Proses Diet

Sahabat sedang menjalani diet? Agar diet berhasil, tidak ada salahnya Sahabat mendengarkan musik ketika makan. Musik ternyata dapat membuat rileks sehingga Sahabat akan makan secara perlahan dan cepat merasa kenyang.

9. Mengatasi Gangguan Tidur

Banyak orang yang sering mengalami gangguan tidur atau insomnia. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan mendengarkan musik terutama musik klasik dengan alunan yang rileks sehingga tidur menjadi lebih nyenyak.

Baca Juga: Duh, Sering Susah Tidur Malam Hari Nih!

Musik ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan, Sahabat Sehat mulai sekarang mari mendengarkan musik dan pilihlah jenis musik sesuai aktivitas yang Sahabat lakukan.

Apabila Sahabat membutuhkan informasi lebih lanjut soal terapi dan konsultasi kesehatan, silakan hubungi hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Referensi:

  1. Media K. Kenali Manfaat Mendengarkan Musik untuk Kesehatan Halaman all – Kompas.com [Internet]. KOMPAS.com. 2021 [cited 30 March 2021]. Available from: https://lifestyle.kompas.com/read/2019/11/02/112016820/kenali-manfaat-mendengarkan-musik-untuk-kesehatan?page=all
  2. Abdi H. Jarang Diketahui, Ini 7 Manfaat Mendengarkan Musik Bagi Kesehatan [Internet]. liputan6.com. 2021 [cited 30 March 2021]. Available from: https://hot.liputan6.com/read/4003992/jarang-diketahui-ini-7-manfaat-mendengarkan-musik-bagi-kesehatan
  3. 8 Manfaat Mendengarkan Musik bagi Kesehatan, Bantu Perbaiki Ingatan dan Atasi Lelah | merdeka.com [Internet]. merdeka.com. 2021 [cited 30 March 2021]. Available from: https://www.merdeka.com/jatim/8-manfaat-mendengarkan-musik-bagi-kesehatan-bantu-perbaiki-ingatan-dan-atasi-lelah-kln.html

Chat Dokter 24 Jam