Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

Manfaat Donor Darah yang Belum Anda Ketahui

Ada beraneka ragam cara bagi Anda melakukan kebaikan untuk orang lain, salah satunya adalah donor darah. Mengapa Anda harus donor darah? Selain karena donor darah adalah kegiatan yang mulia, ada lagi manfaat donor darah lain yang perlu calon pendonor darah ketahui. Simak infonya berikut ini:

1. Menyelamatkan Nyawa Orang Lain

Tahukah Anda bahwa satu dari tiga orang membutuhkan darah pada waktu kehidupannya. Maka, dengan Anda bersedia mendonorkan darah, maka Anda menyelamatkan orang-orang di bawah ini:

– Bayi yang lahir prematur membutuhkan transfusi darah agar dapat bertahan hidup dan

– Ibu yang mengalami komplikasi kehamilan seperti pendarahan

– Anak-anak malnutrisi pengidap anemia membutuhkan transfusi darah

– Orang-orang yang akan menjalani operasi besar atau kanker membutuhkan transfusi

– Orang-orang dengan kelainan darah (thalassemia) butuh transfusi darah rutin untuk tumbuh sehat darah agar operasi berjalan sukses memperpanjang usia mereka

2. Menghindari Penyakit

Berbahagialah jika Anda adalah salah satu dari sekian banyak pendonor darah rutin. Mengapa? Karena jantung Anda sehat. American Journal of Epidemology telah membuktikan bahwa pendonor darah rutin beresiko rendah mengalami penyakit jantung. Pendonor darah rutin beresiko 88% lebih rendah terkena serangan atau penyakit jantung.

3. Burn Calories

Kabar gembira untuk para wanita yang ingin memiliki tubuh ideal, namun sulit melakukan diet. Marak berita tentang diet ekstrim selama ini di media massa yang malah berakibat fatal, mengapa Anda tidak mencoba untuk melakukan donor darah. Perlu Anda ketahui, setiap kali donor darah (500 ml), tubuh Anda akan membakar 650 kalori di dalam tubuh. University of California mengatakan bahwa seseorang yang rutin menyumbangkan darah akan kehilangan bobot tubuh sesuai yang diinginkan. Namun, jangan sesekali menjadikan donor darah sebagai ajang program penurunan berat badan.

4. Donor Darah = Pikiran Bahagia

Seperti telah disebutkan pada manfaat pertama donor darah di atas, donor darah menyelamatkan nyawa orang lain. Perbuatan baik akan berdampak positif pada diri Anda karena jiwa Anda merasa damai dan tenteram. Bahagia karena bisa berbuat sesuatu untuk orang lain dengan cara sederhana namun berefek pada kelangsungan hidup mereka.

5. Mencegah Penuaan Dini

Stress menjadi salah satu pemicu terbesar penuaan dini pada seorang wanita. Tak satupun wanita yang ingin terlihat tua dan keriput di wajah. Kabar baiknya, donor darah secara rutin mampu membantu kulit Anda selalu mengencang sehingga keriput pun tidak mudah timbul. Tak perlu mahal-mahal melakukan treatment kecantikan di pusat kecantikan, Anda pun bisa mendapatkannya dengan cara donor darah.

Setelah membaca manfaat donor darah di atas, apakah Anda sudah tergerak untuk mendonorkan darah? Selamat berbuat kebaikan untuk sesama!

WhatsApp Asisten Maya saja