Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Makanan yang Tepat Untuk Jantung Si Kecil

Ada sudah mencoba diet jantung? Atau masih belum mengetahui apa sih diet jantung itu. Diet jantung yaitu sebuah susunan pola makanan (diet) yang diperuntukan untuk mencegah dan mengobati penyakit jantung. Diet Jantung tersebut harus dimulai sejak kanak-kanak loh Sahabat, menurut situs American Heart Association (AHA) dilansir dari TanyaDok.com, penyakit jantung menjadi kematian nomor satu di Amerika Serikat.

Terdapat 7 kebiasaan hidup sehat yang dapat meningkatkan kesehatan jantung serta pembuluh darah serta mengurangi risiko atau memperlambat timbulnya penyakit jantung dan pembuluh darah, seperti berikut:

  1.       Menghindari merokok

Karena rokok dapat mempengaruhi kesehatan Sahabat. Seperti kanker, impotensi dan gangguan kehamilan dan janin.

  1.       Berat badan dalam batas normal
  2.       Rutin melakukan aktifitas fisik secara teratur
  3.       Makan makanan sehat
  4.       Mengatur tekanan darah
  5.       Mengurangi kolesterol
  6.       Menjaga gula darah dalam batas normal

Lalu apa hubungannya antara penyakit jantung dengan anak-anak? Ya, walaupun penyakit jantung jarang ditemukan pada usia anak-anak, namun kita harus tetap memperhatikan resiko dan kebiasaan sejak kecil dapat mempercepat timbulnya penyakit jantung dan pembuluh darah. Hal ini dimulai dengan proses atherosklerotik adanya penumpukan materi lemak di dalam penumpukan darah.

Penumpukan darah atau plak ini akan memperlambat aliran darah, khususnya aliran darah yang mengalir ke jantung sehingga menyebabkan nyeri pada dada, serangan jantung hingga stroke. Proses atherosklerotik dimulai dari usia muda dari faktor resiko yang ada sehingga berlanjut menjadi sebuah penumpukan plak di pembuluh darah di usia dewasa.

Faktor-faktor resiko yang dapat memperbesar resiko penyakit jantung dan pembuluh darah, antara lain memiliki riwayat keluarga yang menderita penyakit jantung dan pembuluh darah, terpapar rokok, nutrisi yang kurang, memiliki riwayat keluarga dengan kolesterol tinggi, obesitas, kurangnya aktifitas fisik dan diabetes.

Anak-anak sangat membutuhkan makanan dan minuman dengan kadar nutrisi yang baik dan seimbang demi pertumbuhan dan perkembangan mereka. Pola diet jantung sehat untuk anak lebih dari 2 tahun yang direkomendasi oleh AHA, secara umum lebih mengutamakan buah-buahan, sayur-sayuran, gandum, makanan tanpa lemak atau rendah lemak, kacang-kacangan, ikan  dan daging dengan kadar yang lebih rendah.

Selain itu kita harus menyesuaikan porsi ukuran dan pemilihan makanan yang tepat untuk si kecil, dengan menyeimbangkan kalori makanan dengan aktifitas fisik merupakan pertumbuhan yang normal. Sebaiknya lakukan 60menit aktifitas fisik atau bermain setiap harinya agar si kecil tetap bergerak. Jangan lupa untuk mengurangi kadar garam saat memproses makanan untuk si kecil.

Makanan sehat dan bergizi bisa Sahabat dapatkan di ProSehat.com. Selain itu produk-produknya aman dan berkualitas. Sahabat juga bebas bertanya dengan Maya sebagai Asisten Kesehatan ProSehat, klik d www.prosehat.com atau melalui Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800.

Sumber:

Corry, Vina. “Ini Dia Makanan Agar Jantung Anak Sehat”. https://www.tanyadok.com/anak/ini-dia-makanan-agar-jantung-anak-sehat. Diakses pada 22 Januari 2018

Kumala,Vinka. “Rokok Mengeroposi Badanmu Perlahan-lahan”. https://www.tanyadok.com/artikel-kesehatan/rokok-mengeroposi-badanmu-perlahan-lahan. Diakses pada 22 Januari 2018

Chat Asisten ProSehat aja