Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Liburan ke Afrika Selatan: Jangan Lupa Vaksin Yellow Fever

Rencana liburan Anda ke Afrika Selatan akan menjadi perjalanan yang mengesankan terutama bagi anak-anak Anda. Keeksotisannya menjadi alasan tersendiri mengapa saat musim dingin banyak masyarakat Eropa memburu negara ini: cuaca yang cerah bersinar sepanjang Oktober hingga Maret sedangkan di Eropa sendiri cuaca dinginnya menembus kulit. Belum lagi Negara demokrasi itu mempunyai panorama alam yang fantastis. Pemandangan luar biasa, seperti perkebunan anggur, keindahan Table Mountain di Cape, Kruger National Park, ikan paus di pantai timur, serta pemandangan kering di Karoo tidak dapat anda temukan di tempat lain. Keindahan alamnya pasti akan mewarnai perjalanan Anda.

prosehat yellow fever

Liburan Sehat ke Afrika Selatan

Banyaknya objek wisata di negara eksotis ini pastinya menjadi tantangan tersendiri. Persiapan yang matang sangat diperlukan, terutama pemberian vaksin yellow fever. Yup! Jika Anda belum tahu banyak tentang vaksin ini, berikut ini informasi lengkap seputar vaksin yellow fever dan mengapa sebelum Anda berlibur ke Afrika Selatan, vaksin ini wajib untuk diberikan.

Baca juga: Tetap Fit Saat Liburan ke Swiss

Apa Itu Yellow Fever?

Demam kuning atau yellow fever adalah penyakit yang disebabkan oleh virus yang ditularkan melalui gigitan nyamuk. Gejalanya berlangsung 3-6 hari untuk berkembang dan gejalanya termasuk demam, menggigil, sakit kepala, sakit punggung, dan nyeri otot. Sekitar 15% dari orang yang terkena demam kuning mengembangkan penyakit serius yang dapat menyebabkan perdarahan, syok, kegagalan organ, dan kadang-kadang kematian. Infeksi virus ini juga menyebabkan kerusakan pada saluran hati, ginjal, jantung dan gastrointestinal.

Gejala utama mencakup demam mendadak, kulit menguning (jaundice) dan perdarahan. Banyak kasus penyakit ini terjadi di Amerika Selatan, Kepulauan Karibia, dan Afrika. Penyakit yang menyebar melalui gigitan nyamuk yang terinfeksi ini cenderung meningkat pada musim panas dengan meningkatnya populasi nyamuk, dan hal tersebut terjadi sepanjang tahun di iklim tropis.

Baca Juga: 6 Mitos dan Fakta Seputar Imunisasi

Pencegahan

Tidak perlu takut untuk liburan ke daerah dengan iklim tropis karena demam kuning ini dapat dicegah dengan Demam kuning dapat dicegah dengan vaksinasi dan beberapa hal berikut ini. Vaksin itu sendiri adalah adalah strain virus yang hidup tapi dilemahkan (kurang kuat).

klik di sini beli vaksin di prosehat

  • Para wisatawan termasuk Anda juga harus mengambil tindakan untuk mencegah gigitan nyamuk ketika di daerah Afrika atau Amerika Selatan dengan transmisi atau vaksin demam kuning.
    Ketika di luar ruangan, gunakan obat nyamuk yang efektif pada kulit yang terbuka. CDC merekomendasikan obat EPA terdaftar yang mengandung DEET, picaridin, IR3535 atau minyak lemon eucalyptus.
    Ketika cuaca memungkinkan, gunakan baju lengan panjang, celana panjang dan kaus kaki saat di luar ruangan.

Baca Juga: Vaksinasi Flu Untuk Keluarga

  • Nyamuk dapat menggigit melalui pakaian tipis, sehingga menyemprot pakaian dengan penolak nyamuk mengandung permethrin atau penolak lain yang terdaftar di EPA dapat memberikan perlindungan ekstra.
  • Pakaian yang sebelumnya diberi perawatan permethrin juga dapat Anda lakukan sebelum menjelajahi objek wisata indah nan eksotis di Afrika Selatan.
  • Cek penginapan Anda saat berlibur di Afrika Selatan apakah terdapat perlindungan dari gigitan nyamuk seperti penyaring nyamuk untuk mengurangi risiko gigitan nyamuk.

Vaksin demam kuning dianjurkan untuk usia siapapun berusia 9 bulan ke atas atau orang tua yang bepergian ke atau tinggal di daerah berisiko penularan virus demam kuning di Amerika Selatan dan Afrika. Demam kuning menyebabkan gejala mirip flu, menguning baik dari kulit dan bagian putih mata, dan dapat menyebabkan kematian. Penyakit ini langka ditemukan di wisatawan karena sebelumnya mereka sudah diberikan vaksin, tetapi penyakit ini berkembang dan menjadi endemik di daerah miskin karena orang-orang di daerah tersebut tidak mampu untuk mendapatkan vaksinasi.

Baca Juga: Jaga Daya Tahan Tubuh Saat Ke Bali

Bukti Sahabat sudah divaksin demam kuning juga diperlukan untuk masuk ke negara tertentu, termasuk Afrika Selatan. Oleh karena itu persiapkan hal tersebut sebelum melancong ke Afrika. Ketahui lebih lanjut tentang informasi seputar demam kuning di Afrika Selatan untuk mengurangi risiko terkena gigitan nyamuk yang menyebabkan demam kuning ini.

Apabila Sahabat membutuhkan vaksin demam kuning beserta buku sebagai bukti pemberian vaksin, Sahabat bisa melakukannya di Prosehat yang menyediakan layanan vaksinasi ke rumah. Layanan ini mempunyai banyak keunggulan, yaitu:

  • Produk dijamin asli
  • Ditangani oleh dokter yang profesional dan berizin resmi
  • Ada tanya jawab dengan Asisten Kesehatan Maya
  • Proses pembayaran yang mudah dan dapat dicicil
  • Jadwal vaksinasi yang fleksibel
  • Dokter akan mengunjungi lokasi sesuai perjanjian

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

 

Referensi:

  • Yellow Fever
  • CDC: Yellow Fever
  • FAQ: Yellow Fever
  • Yellow Fever Vaccination
  • Yellow fever – Vaccination
  • Government of Canada: Yellow Fever
  • International Travel and Health: Yellow Fever
  • Yellow fever – General Fact Sheet
  • Yellow Fever Immunisation
  • Yellow fever vaccine:¬†What is it for?
  • Infectious Diseases Related to Travel: Yellow Fever
  • Vaccines.gov

Chat Dokter 24 Jam