Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Yuk, Mari Kita Mulai Rutin Berlari Pagi! Mudah Kok Caranya!

Lari pagi merupakan salah satu olahraga yang sangat mudah dilakukan dan tanpa biaya apapun, kecuali Anda belum punya sepatu lari, ya. Jika sudah terbiasa olahraga, sih, tidak ada masalah. Problem utama adalah bagaimana cara memulai kebiasaan sehat ini?

Baca Juga: 5 Jenis Olahraga yang Cocok untuk Generasi Milenial

 

Lari Pagi

Cara Memulai Lari Pagi Secara Rutin

Buat rencana!

Menurut Charles Duhigg, penulis buku The Power of Habit, membuat rencana adalah awal dari kebiasaan baik. Rencana ini harus bersifat menyeluruh, jika untuk rencana lari pagi, maka Anda bisa merancang mulai dari tempat, waktu, lagu pengiring, dan teman lari. Misalnya Anda memilih pagi hari untuk waktu, lalu menyusun playlist untuk teman lari, mengajak dua atau tiga orang teman atau mungkin mengajukan diri  untuk bergabung dengan teman yang memang sudah rutin berlari. Dan akhiri rencana lari ini dengan reward seperti mandi air hangat atau sebatang coklat pahit jika Anda berhasil melaksanakan rencana tersebut dengan baik.

Baca Juga: Manfaat Seks Ruti Bagi Kesehatan

Mulailah dengan berjalan

Lakukan jalan pagi dengan rutin selama kurang lebih dua minggu dengan durasi 30 menit per hari sebanyak 4 sampai 5 kali seminggu. Jika sudah rutin dilakukan, Sobat bisa mulai menaikkan pace dengan berjalan cepat. Jika kaki mulai terasa ringan, larilah perlahan dan secara bertahap tambah durasi serta kecepatan lari. Jangan lupa, untuk terus melakukannya secara rutin karena inilah kuncinya. Jika tiba-tiba absen dari kebiasaan, Sobat harus mulai lagi dari awal.

Dengarkan sinyal tubuh

Jika tubuh memberikan alarm seperti rasa sakit di kaki atau nafas mulai tersengal, turunkan pace Anda. Memang alaminya, di minggu pertama melakukan lari, ada rasa sakit pada kaki karena selama ini kaki Anda tidak terbiasa lari. Tapi ada beberapa rasa sakit yang tidak boleh diabaikan seperti rasa sakit yang menusuk di bagian tertentu bahkan saat Anda sedang beraktivitas biasa. Temui dokter agar mendapat diagnosis yang tepat dan pengobatan serta cara perawatannya.

Baca Juga: 5 Olahraga Terbaik Untuk Kesehatan Jantung

Beli perlengkapannya

Seperti yang Anda ketahui, belakangan ini lari menjadi gaya hidup banyak orang. Seiring dengan itu, maka banyak produk olahraga yang keluar untuk menemani Anda berlari. Belilah sepasang sepatu yang memang khusus digunakan untuk berlari agar  rutinitas sehat ini terasa nyaman dan menyenangkan. Pakaian khusus olahraga juga penting demi kenyamanan tubuh. Jangan lupa untuk mengganti sepatu Anda setelah dipakai lari sepanjang 500 km, ya. Ini untuk menjaga performa sepatu agar tetap maksimal.

Take a break

Setelah terbiasa berlari pagi, biasanya Anda akan malas berjalan. Hal ini baik, tapi ada kalanya Anda harus mengambil walk breaks sebelum Anda merasa butuh agar tubuh tidak kelelahan. Dengan melakukan walk breaks, tubuh bisa terkondisi prima dan akhirnya menambah kekuatan untuk diri Anda sendiri.

Produk Terkait: Jual Suplemen, Vitamin, dan Multivitamin Lengkap

Mulailah kebiasaan sehat yang yang sangat mudah ini untuk tubuh yang bugar. Jangan lupa untuk selalu bersabar saat menunggu hasil yang ditunggu. Nikmati olahraganya, dan jadikan perasaan sehat seperti berat badan yang ideal misalnya, menjadi bonusnya.

Baca Juga: Makanan Sehat Untuk Jantung Si Kecil

Sudah mulai berlari pagi dengan rutin? Apabila Sobat memerlukan informasi lebih lanjut mengenai lari pagi dan produk-produk kesehatan penunjang yang berkaitan silakan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa

 

 

Chat Asisten ProSehat aja