Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

Lakukan Vaksinasi Campak Sekarang, Agar Si Kecil Tak Dicampakkan

Hal tersebut mungkin terdengar lucu, tetapi campak menjadi salah satu penyakit dengan komplikasi yang cukup serius, terutama pada anak-anak.. Komplikasi campak dapat menyebabkan radang pada paru (pneumonia), radang pada otak (encephalitis),dsb. Campak  menjadi sangat berbahaya jika menyerang anakdengan gizi buruk atau menderita penyakit lainnya.

Penularan campak terjadi  melalui udara dan percikan cairan penderita ketika batuk atau bersin. Orang yang tertular akan merasakan gejala antara lain:

  • Penderita akan  merasakan demam, tubuh terasa lemas, mata merah, batuk, dan hidung beringus
  • 2-4 hari kemudian akan muncul bintik putih kecil pada mulut bagian dalam yang terasa sedikit gatal. Ruam tersebut dapat berbentuk merah mendatar dan menonjol.
  • Ruam tersebut awalnya berada di sekitar wajah, bawah telinga dan leher sebelah samping. Namun, ruam akan menyebar ke batang tubuh, lengan serta tungkai 1- 2 hari kemudian.
  • Puncaknya, ruam  meluas dan suhu tubuh dapat mencapai 400Celcius. 35 hari kemudian suhu tubuh akan menurun, ruam yang tersisa menghilang secara perlahan dan penderita mulai baik.

Lalu,  bagaimanakah cara mengatasi penyakit campak? Sebenarnya, sistem kekebalan tubuh yang dimiliki manusia secara alami dapat melawan infeksi-infeksi virus. Namun, pada kondisi yang cukup berat,campak menjadi suatu penyakit yang berbahaya. Beberapa hal dapat dilakukan saat si Kecil terkena campak:

  • Memperbanyak istirahat agar tenaga kembali pulih

Si Kecil juga butuh istirahat yang cukup saat sakit. Aktivitas fisik yang sering dilakukan di luar seperti bermain, berlarian, hendaknya dihindari dulu. Anda dapat menemaninya dengan membiarkan si Kecil tidur agar kekebalan tubuhnya dapat pulih kembali.

  • Menjaga Kebersihan Tubuh

Mitos mengatakan bahwa penderita campak tidak boleh mandi. Hal ini tentu salah karena  mandi merupakan salah satu cara untuk menjaga kebersihan si Kecil ketika sakit. Bila Anda ingin memandikan si kecil, Gunakanlah air hangat bukan air panas untuk mengurangi rasa gatal dan membuat si Kecil menjadi bertambah nyaman.

  • Mengkonsumsi banyak air untuk mencegah dari dehidrasi

Demam yang tinggi membuat tubuh kekurangan cairan. Konsumsi banyak air  yang cukup dapat menjaga dan mengganti cairan yang hilang . Pada campak si Kecil sering mengalami mual muntah yang menyebabkannya menjadi kekurangan cairan. Berilah asupan cairan cukup agar si kecil terhindar dari dehidrasi.

  • Mengkonsumsi Makanan yang tepat

Kita pasti akan khawatir terhadap asupan makanan si Kecil saat ia sakit. Anak akan cenderung sulit makan karena kerongkongannya yang terasa tidak nyaman. Anda bisa memberikan makanan sehat berupa  sayuran dan buah yang mengandung banyak vitamin. Selain itu, si Kecil dapat diberikan makanan berkuah atau bubur. Hindari makanan yang digoreng dan dingin hingga campak berakhir.

  • Batasi Kontak Langsung

Campak merupakan penyakit yang menular melalui udara, sehingga batasi interaksi si Kecil dari lingkungan sekitar agar tidak menularkan dari satu ke lainnya. Siapkan juga peralatan makan khusus untuknya untuk menghindari penularan lewat kontak secara tidak langsung.

Baca Juga:

10 Test Kesehatan Pranikah

10 Jenis Vaksinasi Ibu Hamil

5 Gejala Kanker Serviks

Alangkah baiknya jika si kecil mendapatkan vaksinasi campak sebelum terlambat. Di Indonesia, anak-anak wajib melakukan vaksinasi campak saat berusia 9 bulan sampai usia kurang dari 15 tahun. Vaksinasi MR merupakan  pengganti vaksinasi campak kombinasi antara vaksin campak (Measles) dan Rubella. Vaksin ini  menjadi vaksinasi rutin yang diberikan pada usia 9 bulan, 18 bulan dan kelas 1 SD.

Anda tidak perlu khawatir karena vaksinasi MR tidak menimbulkan efek samping yang membahayakan. Reaksi  ringan seperti demam ringan, ruam merah, bengkak ringan serta rasa nyeri dapat terjadi disekitar tempat suntikan. Reaksi ini akan menghilang dalam waktu 2-3 hari Selain itu, Vaksinasi MR tidak terbukti dapat menyebabkan autisme. Jadi, vaksinasi  MR sangat aman untuk si Kecil.

Segera lindungi buah hati Anda dari bahaya penyakit campak dengan melakukan vaksinasi campak yang bisa Anda dapatkan di ProSehat. Di ProSehat Anda dapat bertanya seputar vaksinasi baik campak maupun vaksinasi lainnya melalui Maya Asisten Kesehatan di ProSehat Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800 atau klik www.prosehat.com

Sumber:

IDAI.“Campak: Masalah Kesehatan Anak-World Immunization Weeks 2013”. Diakses pada 6 Maret 2018

IDAI. “Pertanyaan Seputar Imunisasi MR”. Diakses pada 6 Maret 2018

Tanyadok. Lestari, Cindy. “Campak”. Diakses pada 6 Maret 2018

Tanyadok. Suci,Hygiena Kumala. “Dari A-Z Tentang Sakit Campak”. Diakses pada 6 Maret 2018

 

Produk Terkait

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked