Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

Lakukan 8 Diet Ini Bisa Bantu Temukan Jodohmu

Terdapat berbagai jenis diet di dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa diet digunakan untuk menurunkan berat badan, beberapa digunakan untuk meningkatkan berat badan, menurunkan kolesterol, hidup lebih sehat dan panjang, dan banyak alasan lainnya.  Diet merupakan cara terbaik sebagai rencana pasti terkait makan dan minum dimana jenis dan jumlah makanan telah direncanakan untuk memperoleh penurunan berat badan atau mengikuti gaya hidup tertentu.

Berikut ini adalah beberapa diet yang dapat membantu Anda menemukan jodoh Anda.

Diet Atkin

Diet Atkin atau  pendekatan nutrisi Atkin, berfokus pada kontrol kadar insulin di dalam tubuh melalui diet rendah karbohidrat. Apabila orang mengonsumsi sejumlah karbohidrat yang telah diolah, kadar insulin akan meningkat dan menurun dengan cepat. Peningkatan kadar insulin akan  memicu tubuh untuk menyimpan energi dari makanan yang dikonsumsi, menyebabkan tubuh menggunakan deposit lemak sebagai sumber energi. Oleh karena itu, orang yang melakukan diet Atkin akan menghindari karbohidrat, namun mengonsumsi protein dan lemak sebanyak-banyaknya. Diet Atkin ini bersifat popular, tapi memiliki risiko khusus.

Baca Juga: 10 Buah Membantu Proses Diet

Diet The Zone

Diet The Zone bertujuan untuk keseimbangan nutrisi yaitu 40 persen karbohidrat, 30 persen lemak, dan 30 persen  protein pada setiap kali makan. Fokus ini juga terletak pada kontrol kadar insulin, yang menyebabkan penurunan berat badan, dan  pengontrolan berat tubuh dibandingkan pendekatan yang lain. Diet ini akan mendorong konsumsi karbohidrat dengan kualitas tinggi – karbohidrat yang belum diolah dan lemak, seperti minyak zaitun, alpukat, dan kacang-kacangan.

Diet Ketogenik

Diet ketogenik telah digunakan bertahun-tahun sebagai pengobatan epilepsi dan sedang dieksplorasi untuk penggunaan lain. Diet ketogenik melibatkan penurunan asupan karbohidrat dan peningkatan asupan lemak. Hal ini akan mengakibatkan tubuh membakar lemak sebagai bahan bakar, dibandingkan dengan karbohidrat.

Lemak baik, seperti yang terkandung dalam alpukat, kelapa, kacang Brazil, biji-bijian, minyak ikan, dan minyak zaitun ditambahkan ke dalam makanan untuk mempertahankan lemak di dalam tubuh. Diet akan mengakibatkan pemecahan deposit lemak sebagai energi dan menciptakan zat yang dikenal sebagai keton melalui proses ketosis. Diet memiliki risiko ketoasidosis untuk penderita diabetes 1, dan menyebabkan koma diabetes dan kematian.

Diet vegetarian

Terdapat berbagai jenis diet vegetarian, yaitu lacto-vegetarian, fruitarian vegetarian, lacto-ovo vegetarian, living food diet vegetarian, ovo-vegetarian, pesco-vegetarian, dan semi-vegetarian. Umumnya vegetarian yang dilakukan adalah lacto-ovo vegetarian, yang artinya, mereka tidak mengonsumsi makanan basis binatang, kecuali telur, produk susu, dan madu. Beberapa studi terakhir menunjukkan bahwa sayuran memiliki berat badan yang lebih rendah, mengalami lebih sedikit penyakit, dan memiliki ekspektasi hidup yang lebih baik dibandingkan yang mengonsumsi daging.

Diet vegan

Veganisme adalah cara hidup dan filosofi, dibandingkan dengan diet. Vegan tidak mengonsumsi segala sesuatu yang berasal dari binatang, termasuk susu, telur, dan madu. Vegan biasanya tidak mengadopsi veganisme hanya uintuk masalah kesehatan, namun juga terkait dengan masalah lingkungan dan etikal. Vegan percaya bahwa metode peternakan  yang intesif tidak baik untuk lingkungan dan tidak dapat bertahan dalam jangka waktu panjang. Apabila setiap orang mengonsumsi makanan yang berasal dari tumbuhan, lingkungan akan menguntungkan, sedangkan binatang tidak akan menderita, lebih banyak makanan yang diproduksi, dan orang akan menikmati kesehatan fisik dan mental yang lebih baik.

Weight Watchers Diet

Weight Watchers berfokus pada penurunan berat badan melalui diet dan latihan. Orang yang ingin melakukan diet dapat bergabung secara fisik dan menghadiri pertemuan rutin atau online. Akan ada banyak dukungan dan edukasi yang tersedia bagi dieter. Diet ini dapat menguatkan motivasi karena dilakukan bersama-sama dalam grup, sehingga penurunan berat badan pun dapat segera tercapai lebih cepat.

Diet makanan mentah

Diet makanan mentah mencakup konsumsi makanan dan minuman yang tidak diproses hingga sempurna, dan  umumnya bersifat organik dan berasal dari tumbuhan. Pengonsumsi makanan mentah percaya bahwa ¾ dari asupan makanan terdiri dari makanan yang belum dimasak secara utuh. Sejumlah pemakan makanan mentah juga merupakan vegan dan tidak mengonsumsi makanan atau minuman dengan basis binatang.

Baca Juga: 6 Cara Sehat Menurunkan Berat Badan dalam Sebulan

Diet Mediterranean

Diet Meditteranean adalah diet Eropa Selatan, dan lebih spesifiknya berfokus pada kebiasaan mengonsumsi nutrisi pada orang Crete, Yunani, dan Italia Selatan. Sekarang ini, Spanyol, Perancis Selatan, dan Portugal juga kerapkali melakukan diet Mediterranean. Penekanannya adalah mengonsumsi makanan yang berasal dari tumbuhan, buah segar sebagai makanan penutup, kacang-kacangan, biji-bijian, minyak zaitun sebagai sumber utama makanan berlemak. Keju dan yoghurt merupakan produk susu utama.

Diet juga mencakup konsumsi ikan dan unggas dengan tingkat sedang, hingga sekitar 4 telur per minggu, sejumlah kecil daging, dan konsumsi anggur dalam jumlah rendah hingga sedang. Hingga sepertiga diet Mediterranean mengandung lemak, dengan lemak yang jenuh tidak melebihi 8 persen dari asupan kalori.

instal aplikasi prosehat

Daftar Pustaka

Nordqvist C. Nine most popular diets rated  by experts 2017. 2017. [Internet]. Available at: medicalnewstoday.com/articles/5847.php (11.12.18)

WhatsApp Asisten Maya saja