Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Lakukan 4 Hal Ini Sebelum Donor Darah

Apakah Anda belum pernah donor darah? Sebenarnya Anda ingin sekali donor darah namun takut dengan mitos-mitos yang beredar? Lakukan hal ini sebelum Anda memutuskan untuk mendonorkan darah:

lakukan hal ini sebelum donor darah

1. Datangi Tempat Penyelenggara Donor Darah Resmi

Anda takut mendonorkan darah karena takut terjangkit penyakit menular. Tenang, ini tidak akan terjadi karena kegiatan donor darah dikerjakan oleh petugas Palang Merah Indonesia (PMI). Para petugas PMI selalu mengikuti standar dan operasional prosedur (SOP) dari Palang Merah Amerika (American Red Cross Blood Services). Petugas PMI sudah terlatih untuk menggunakan jarum suntik. Anda tak perlu risau karena jarum yang digunakan untuk donor darah adalah jarum yang steril dan sekali pakai.

Baca Juga: Manfaat Donor Darah yang Belum Sahabat Ketahui

2. Makan dan Minumlah Sebelum Anda Donor Darah

Sebelum Anda donor darah, sebaiknya makan dan minum terlebih dahulu. Mengapa harus makan dan minum? Ini untuk menghindari rasa mual dan pusing. Waktu yang tepat untuk anda makan adalah 3 jam sebelum anda akan mendonorkan darah. Disarankan juga untuk Anda minum 3 gelas air sebelum mendonorkan darah. Hindari alkohol!

Produk Terkait: Jual Makanan Sehat

3. Check-up Sebelum Donor Darah

“Jangan-jangan saya ada penyakit khusus yang belum saya ketahui!” Perasaan ini sering muncul pada orang yang akan mendonorkan darahnya pertama kali. Ini hal yang wajar. Namun, Anda tak perlu khawatir, karena sebelum mendonorkan darah, setiap calon pendonor akan mendapatkan pemeriksaan kesehatan secara gratis. Pengecekan kesehatan sebelum donor darah berupa pengecekan nadi, tekanan darah, suhu tubuh, kadar haemoglobin (hb).

Produk Terkait: Cek Lab

4. Barang-barang Pengalih Perhatian

Gugup dan Takut, adalah dua perasaan yang pertama kali sering dialami calon pendonor darah. Hal ini adalah hal yang normal. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa melakukan hal-hal di bawah ini :

– Bawa buku atau mp3 player untuk mengusir rasa gugup

– Minta orang terdekat Anda menemani selama proses pendonoran darah

– Pakai pakaian yang nyaman dan longgar, disarankan tidak memakai pakaian yang sempit dan ketat

– Bertanya kepada sesama calon pendonor tentang pengalaman pertama mereka mendonorkan darah sembari menunggu giliran Anda

Baca Juga: 5 Mitos dan Fakta Donor Darah yang Sahabat Harus Tahu

Setelah membaca artikel di atas, sudah mantapkah Anda untuk mendonorkan darah? Apabila Sahabat menginginkan informasi lanjutan dan produk-produk kesehatan yang terkait, silakan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Chat Asisten ProSehat aja