Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

Kurangi 8 Jenis Makanan Ini Jika Tak Ingin Asam Lambung Tinggi

Hidup sehat adalah hal yang diinginkan siapa saja, mulai dari yang muda hingga tua baik oleh kaum hawa maupun adam. Hidup sehat sendiri berarti kita jauh dari berbagai penyakit dan seperti yang kita tahu ketika terserang penyakit akan mengakibatkan kita tidak mampu beraktivitas dengan optimal. Bukan hanya itu saja, penyakit tertentu juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit dalam penyembuhannya. Pastinya tidak ada yang mau terserang penyakit bukan?

Penyakit yang dimaksud di sini pun jenisnya bermacam-macam, mulai dari penyakit ringan seperti flu hingga penyakit membahayakan yang dapat mengancam keselamatan kita seperti penyakit jantung ataupun penyakit stroke. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas salah satu jenis penyakit yang menyerang saluran pencernaan – lebih tepatnya penyakit asam lambung.

Penyakit asam lambung sendiri lebih dikenal dengan istilah gaestroesophageal reflux disease (GERD). Penyakit yang satu ini biasanya ditandai dengan mengalami kesulitan dalam menelan makanan dan juga timbul sensasi terbakar pada bagian dada. Sebenarnya apa sih penyebab dari timbulnya penyakit asam lambung ini?

Meskipun penyakit asam lambung tidak berbahaya, ada baiknya kita mengetahui pemicu dari penyakit ini sehingga penyakit ini tidak mudah kambuh di kemudian hari. Beberapa penyebab penyakit asam lambung antara lain adalah obesitas, kebiasaan merokok, ataupun karena penggunaaan obat-obatan tertentu. Bukan hanya itu saja, penyakit asam lambung tinggi ini juga bisa disebabkan oleh pola makan kita alias terdapat beberapa jenis makanan yang sebaiknya kita hindari agar penyakit ini tidak sering kumat. Kira-kira apa saja ya makanan yang sebaiknya kita kurangi atau hindari untuk kita penderita asam lambung tinggi?

Dari pada semakin penasaran, yuk kita simak penjelasan berikut ini!

1. Cokelat

Siapa di antara kita yang pecinta cokelat? Namun, tahukah kalian jika cokelat dapat memicu asam lambung kita menjadi tinggi? Tingginya kandungan kafein, lemak, serta cocoa sayangnya dapat menyebabkan asam lambung kita menjadi tinggi dan hal yang satu ini pastinya tidak diharapkan untuk terjadi.

2. Alkohol

Seperti yang kita ketahui, alkohol adalah salah satu jenis minuman yang tidak disarankan untuk dikonsumsi terlalu sering karena dampaknya yang dapat membahayakan kinerja organ kita. Mengonsumsi alkohol bukanlah suatu hal yang disarankan untuk penderita asam lambung karena alkohol memiliki kandungan asam yang tinggi.

3. Kafein

Siapa yang suka mengonsumsi kopi? Sayangnya, kita penderita asam lambung tidaklah disarankan untuk mengonsumsi kopi atau minuman yang mengandung kafein karena kandungan yang satu ini dapat memicu kambuhnya asam lambung sewaktu-waktu. Kabar baiknya, kita masih bisa mengonsumsi setidaknya satu cangkir kopi dalam sehari karena hal ini masih dalam batas aman. Kafein bukan saja hanya dtemukan pada kopi tapi juga pada teh, sehingga ada baiknya kita mengonsumsi teh herbal agar lebih aman untuk kesehatan lambung kita.

4. Makanan yang mengandung banyak gas

Jenis makanan yang satu ini sebaiknya dihindari oleh penderita asam lambung karena gas yang terkandung dalam makanan akan memicu perut kembung dan pastinya menimbulkan rasa tidak nyaman pada penderitanya. Beberapa makanan yang mengandung banyak gas antara lain adalah kacang-kacangan, kecambah, kubis, brokoli, serta berbagai produk olahan susu.

5. Makanan berlemak

Makanan berlemak bukanlah jenis makanan yang disarankan untuk terlalu sering dikonsumsi secara umum karena dapat membahayakan organ kita, terlebih lagi pada penderita asam lambung tinggi. Tingginya kandungan lemak pada suatu makanan akan memperlambat proses pencernaan yang kemudian akan membuat perut terasa mulas juga. Terdapat beberapa jenis makanan yang mengandung lemak tinggi, contohnya saja adalah keripik kentang, berbagai cookies ataupun kue yang menggunakan banyak mentega, alpukat, keju, ataupun daging beriga.

6. Buah dengan kadar asam yang tinggi

Buah adalah salah satu jenis makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi dengan rutin bahkan leboh baik lagi jika kita bisa mengonsumsinya tiap hari karena buah mengandung banyak vitamin yang dapat membuat tubuh kita tetap fit sepanjang hari. Namun, tahukah kalian jika terdapat beberapa buah yang tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita asam lambung? Beberapa buah-buahan yang tinggi akan kandungan asam sebaiknya tidak dikonsumsi penderita asam lambung karena dapat menyebabkan asam lambung kambuh sewaktu-waktu. Beberapa pantangan buah bagi penderita asam lambung antara lain adalah belimbing, kedondong, nanas, ataupun mangga.

7. Makanan pedas

Siapa di antara kita yang suka mengonsumsi makanan bercita rasa pedas? Sayangnya, penderita asam lambung dianjurkan untuk tidak mengonsumsi banyak makanan pedas karena hal ini dapat membuat iritasi pada lambung. Bila perlu tambahkan saos tomat, saos sambal, ataupun bubuk cabe pada makanan yang kita konsumsi.

8. Minuman bersoda

Siapa di antara kita yang masih sering mengonsumsi minuman bersoda? Apakah kalian tahu bahaya yang akan timbul karena kita mengonsumsi minuman bersoda dalam jumlah banyak? Layaknya alkohol kita tidaklah disarankan untuk mengonsumsi minuman bersoda terlalu sering karena dapat mengganggu kinerja organ kita. Bukan hanya itu saja, gelombang soda juga akan menyebar ke seluruh perut dan tentu saja membuat kondisi asam lambung semakin memburuk. Minuman bersoda biasanya akan menimbulkan efek panas, mual, serta mulas yang tidak kunjung sembuh.

Itu tadi adalah beberapa jenis makanan yang sebaiknya kita hindari agar penyakit asam lambung tinggi tidak mudah kumat. Sebaiknya kita juga memulai pola hidup yang lebih sehat seperti dengan memperbanyak mengonsumsi sayuran serta buah-buahan agar kebutuhan nutrisi dapat terpenuhi dengan baik. So, tunggu apalagi untuk hidup lebih sehat daripada sebelumnya?

instal aplikasi prosehat

WhatsApp Asisten Maya saja