Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

Konsumsi Satu Jenis Makanan Ini Setiap Hari untuk Diet, Amankah?

Bagi sobat yang ingin menurunkan berat badan, pasti sering mencari tahu jenis diet yang cocok untuk program tersebut. Beberapa jenis diet sedang ngetrend saat ini seperti diet keto, OCD, diet mayo, diet golongan darah, dsb. Semua diet tersebut rata-rata memangkas kalori yang dibutuhkan tiap hari. Kemudian, ada juga jenis diet yang mengonsumsi terus satu jenis makanan ini setiap hari, yaitu diet anggur, diet kol dan diet telur. Yuk, kita kenal lebih jauh mengenai diet-diet ini.

Diet Anggur

Diet anggur merupakan diet tinggi protein yang mengharuskan adanya konsumsi anggur atau jus anggur dalam setiap jam makan. Diet ini dilakukan selama 12 hari dan menjanjikan penurunan berat badan yang cepat sekitar 5-6 kg dalam 12 hari. Contoh dari menu makanan diet ini:

Sarapan : 2 buah telur rebus + 2 irisan daging + ½ porsi anggur atau 200 ml jus anggur

Makan siang : salad sayur + ikan/daging/ayam + ½ porsi anggur atau 200 ml jus anggur

Makan malam: ikan/daging/ayam + salad atau sayuran hijau + kopi/teh + ½ porsi anggur atau 200 ml jus anggur

Cemilan sebelum tidur: 200 ml susu skim

Diet Kol

Diet kol merupakan diet dengan mengonsumsi sup kubis/kol setiap hari. Diet ini menjanjikan penurunan berat badan sekitar 4-5 kg selama 7 hari. Pada diet ini, selain sup kubis, dapat dipadukan dengan satu hingga 2 jenis makanan rendah kalori. Kemudian, konsumsi air putih sangat dianjurkan dan konsumsi minuman lain tidak diperbolehkan. Bagaimana menu diet ini selama 7 hari?Yuk, kita cek.

Hari I : konsumsi sup kubis dan buah tanpa batas, tidak boleh konsumsi pisang.

Hari II : konsumsi hanya sup kubis dan sayuran. Hindari kacang-kacangan dan jagung.        Kamu boleh konsumsi satu buah kentang rebus.

Hari III : konsumsi sayur dan buah sebanyak mungkin ditambah dengan sup kubis. Tidak boleh konsumsi kentang dan pisang.

Hari IV : konsumsi pisang, susu skim dan sup kubis tanpa batas.

Hari V : konsumsi sup kubis tanpa batas + 280- 567 gr daging sapi/ayam/ikan + lebih dari 6 tomat segar.

Hari VI : konsumsi sup kubis, daging, dan sayuran hijau

Hari VII : konsumsi sup kubis tanpa batas, nasi merah, sayuran dan jus tanpa gula terbatas.

Diet telur

Diet telur merupakan diet tinggi protein yang mengutamakan telur rebus sebagai menu utamanya. Diet telur ini ada beberapa jenis. Ada diet telur disertai dengan konsumsi jenis protein lain dan beberapa sayur/buah, ada yang disertai dengan konsumsi anggur dan yang paling ekstrim adalah diet telur yang hanya konsumsi telur rebus dan air putih saja. Contoh dari menu makanan diet ini adalah

Sarapan : 2 buah telur rebus + 1 buah anggur  atau 2 omelet telur dengan sayur bayam dan jamur.

Makan siang    : dada ayam dan brokoli

Makan malam: ikan dan sayuran hijau

Nah, itulah beberapa jenis diet yang melibatkan satu jenis makanan saja. Apakah diet ini sehat?Program diet untuk penurunan berat badan yang sehat melibatkan semua komponen makanan seperti karbohidrat, protein, lemak dan serat. Hal ini agar semua zat makronutrien dan mikronutrien yang penting dapat terpenuhi. Apabila kita menghilangkan satu jenis komponen makanan, akan berpengaruh terhadap tubuh kita. Kita akan sering merasa pusing, sulit untuk berkonsentrasi dan dapat mempengaruhi hormon kita. Jadi, ingin pilih diet yang lengkap atau tidak?

instal aplikasi prosehat

Referensi:

  1. Butler N. 2016. The Grapefruit diet. [Internet]. Available at: healthline.com/health/grapefruit-diet#1 (07.11.18)
  2. Jones T. 2016. The cabbage soup diet. [internet]. Available at: healthline.com/nutrition/the-cabbage-soup-diet (7.11.18)
  3. Butler N. 2017. [Internet]. Available at: healthline.com/health/egg-diet (7.11.18)

WhatsApp Asisten Maya saja