Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Kenali Gejala Demam Berdarah Sebelum Jelajah Nusantara

Siapa yang tidak kenal demam berdarah atau DBD? Penyakit ini bukanlah hal baru di negeri sendiri baik di kota dan di desa. Sepertinya sudah menjadi hal lumrah bila ada tetangga kita yang mengeluhkan anggota keluarganya dirawat di rumah sakit karena demam berdarah. Begitu sudah musim hujan seperti sekarang ini, penyakit ini menjadi endemis di seluruh Indonesia. Jika Anda berencana liburan ke daerah di Indonesia, ada baiknya kenali gejala demam berdarah atau dbd untuk dapat diatasi dengan segera. Berikut cara mengenali gejalanya:

prosehat demam berdarah

Demam berdarah adalah infeksi virus yang disebarkan melalui perantara nyamuk Aedes aegypti betina. Gejala umumnya timbul dalam 4-10 hari sejak terinfeksi dan akan dialami oleh penderita selama 2-7 hari. 4-7 hari pertama merupakan masa inkubasi virus dengue. Inkubasi di sini adalah jarak antara waktu virus pertama masuk ke dalam tubuh hingga gejala pertama muncul.

Baca juga: Cegah Keluarga Terkena Malaria Saat Liburan ke Papua dan Nusa Tenggara

Gejala demam dengue menyerupai gejala flu berat, ditandai dengan demam tinggi (dapat mencapai 40 derajat C), disertai minimal 2 dari gejala penyerta seperti:

  • Sakit kepala hebat
  • Nyeri di bagian belakang mata
  • Nyeri pada otot-otot punggung bawah, lengan, hingga kaki
  • Wajah yang berwarna kemerahan
  • Pembengkakan kelenjar getah bening
  • Kemerahan pada kulit.
  • Tubuh menggigil
  • Munculnya bintik-bintik merah pada kulit
  • Sakit tenggorokan
  • Hilang nafsu makan
  • Nyeri pada perut dan mual-mual
  • Pendarahan yang tidak wajar, seperti gusi berdarah, mimisan, atau darah pada air seni

Anda yang sedang liburan harus selalu usahakan kondisi kesehatan Anda dan keluarga yang prima. Karena jika demam berdarah tidak segera ditangani, bisa berakibat fatal. Masih ingat kan kejadian heboh rumah sakit di Singapura yang pasien dari Indonesia meninggal ternyata karena demam berdarah? Jangan sepelekan demam yang disertai badan pegal dengan nyeri di belakang mata. Segera bawa si penderita ke rumah sakit terdekat jika ia sudah mengalami demam. Dokter dapat melakukan rapid test untuk melihat apakah ia terjangkit DBD.

prosehat demam berdarah 1

Kabar gembira bagi warga Indonesia karena setelah penantian yang panjang, vaksin Dengue pertama di dunia telah mendapat izin edar pada 9 Desember 2015. Vaksin DENGVAXIA digunakan pertama kali oleh negara Meksiko. Ternyata vaksin Dengue yang diproduksi oleh Sanofi (Perancis) ini telah dikembangkan selama lebih dari 20 tahun. Maka dari itu penemuan vaksin ini dianggap sebagai salah satu pencapaian historis terutama dalam dunia kesehatan Indonesia. Sedangkan di Indonesia, sedang berlangsung proses registrasi di BPOM untuk mendapatkan izin edar selesai dan semoga tahun 2016 vaksin ini bisa tersedia untuk warga Indonesia.

prosehat demam berdarah 2

Tapi tetap ya, lakukan pencegahan ketika Anda dan keluarga sedang liburan ke daerah tropis dengan cara:

1. Pastikan Anda menginap di penginapan yang bersih dan jika harus menginap di bungalow, pastikan lingkungan sekitar penginapan tidak ada genangan air.

2. Jika perlu Anda dapat membawa serbuk abate untuk disebar ke dalam bak mandi tempat penginapan Anda dan keluarga.

3. Membawa kelambu anti nyamuk.

4. Menggunakan losion anti nyamuk sepanjang hari, terutama jika Anda akan berjalan-jalan di destinasi liburan kali ini.

5. Gunakan losion yang mengandung N-diethylmetatoluamide (DEET).

6. Gunakan pakaian panjang untuk melindungi Anda dan keluarga dari gigitan nyamuk.

klik di sini beli p3k keluarga

Beli di sini: Paket P3K Liburan Keluarga

klik di sini ebook p3k keluarga

Free Download E-book P3K Keluarga: Tips dan Checklist Jaga Daya Tahan Tubuh Saat Liburan

Referensi:

Chat Asisten ProSehat aja