Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

Kegemukan? Berikut 7 Cara Mengurangi Kegemukan

Mempunyai badan yang ideal bukan hanya impian para kaum wanita, kaum pria pun mengidam-idam kan tubuh yang ideal. Tubuh yang ideal cukup menunjang penampilan Anda, sehingga membuat Anda menjadi lebih percaya diri. Tidak hanya itu, yang paling penting nya lagi adalah, bahwa dengan tubuh dan berat badan yang ideal, membuat kita terhindar dari resiko terkena penyakit tertentu, seperti , diabetes bahkan jantung. Sehingga tidak hanya untuk penampilan saja, tapi berat badan atau tubuh yang ideal ini juga sangat penting untuk kesehatan.

Banyak sekali para pria di jaman sekarang ini yang sering mengeluhkan tentang kegemukan atau obesitas. Jika kita melihat pada gaya hidup di jaman sekarang ini, tidak heran jika obesitas merajalela dimana-mana. Bagaimana tidak? Jajanan junk food di jaman sekarang ini sudah banyak tersebar dimana-mana bahkan menjadi hits dan tren. Ditambah lagi di era millennial ini yang sedang ngetren istilah kulineran, yang membuat semua orang bangga untuk banyak jajan, tanpa melihat jajanan tersebut sehat atau tidak nya. Miris memang . Oleh karena itu, bagi Anda yang sudah terlanjur gemuk dan menginginkan gemuk Anda berkurang atau mengalami penurunan berat badan, cobalah untuk melakukan beberapa cara berikut :  

Niat !

Coba sebelum Anda menerapkan berbagai rencana dan langkah untuk menurunkan berat badan, niatkan terlebih dahulu pada diri Anda bahwa Anda memang benar-benar bertekad kuat ingin menurunkan berat badan, mengurangi kegemukan Anda. Guna membuat tubuh menjadi lebih sehat dan agar terhindar dari penyakit-penyakit berbahaya penyebab kegemukan. Karena jika tidak adanya niat dan tekad yang kuat, semua rencana akan sia-sia. Di luar sana akan banyak sekali godaan yang datang, oleh karena itu diperlukan sekali niat dan juga tekad yang kuat.

Baca Juga: 6 Makanan Sehat Mencerahkan Wajahmu

Berolahraga rutin setiap harinya

Mulai sekarang, cobalah untuk olahraga rutin setiap harinya, 30 menit saja sudah cukup. Para pakar diet, selalu menganjurkan bagi para pelaku diet yang ingin menurunkan berat badan untuk berolahraga, karena dengan berolahraga, mampu membakar kalori dan juga lemak-lemak di tubuh yang sudah tidak terpakai lagi yang dapat menyebabkan kegemukan. Olahraga yang dianjurkan bagi yang ingin menurunkan berat badan adalah olahraga dengan jenis kardio, seperti jogging, treadmill, renang dan yang lainnya. Dengan berolahraga juga membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar serta dapat meningkatkan stamina.

Mengganti karbohidrat biasa dengan karbohidrat kompleks

Karbohidrat biasa seperti pada nasi putih, mengandung glukosa yang tinggi, kandungan glukosa yang tinggi dapat membuat berat badan naik. Oleh karena itu, akan lebih baik jika menggantinya dengan karbohidrat kompleks, seperti yang terdapat pada nasi merah. Karbohidrat kompleks kandungan glukosa nya rendah dan serat nya tinggi, sehingga sangat baik untuk yang ingin menurunkan berat badan, dan tidak hanya bagi yang ingin menurunkan berat badan saja, namun bagi kesehatan, karbohidrat kompleks inilah yang dianjurkan. Kandungan serat nya yang tinggi mampu memberikan rasa kenyang lebih lama serta tidak membuat berat badan naik.

Aktif dan banyak bergerak

Selain berolahraga, jangan lupa pula untuk selalu aktif bergerak, baik bagi Anda yang bekerja di tempat kantoran ataupun lainnya, usahakan untuk selalu aktif bergerak. Saat di kantor, Anda dapat mencoba dengan menggunakan tangga dan tidak menggunakan lift saat naik. Bila Anda selalu aktif bergerak membantu tubuh dalam membakar kalori. Selain itu juga mengurangi resiko Anda terkena penyakit – penyakit berbahaya.

Baca Juga: 5 Tips Makanan Sehat Untuk Balita

Perbanyak konsumsi makanan yang berserat

Konsumsi makanan yang kaya akan kandungan serat, seperti yang terdapat pada sayuran dan juga buah-buahan, mampu membuat tubuh Anda menjadi lebih sehat dan membantu dalam program penurunan berat badan Anda. Selain itu, makanan yang kaya akan kandungan serat, mampu memberikan rasa kenyang lebih lama, sehingga menghindari kita dari mengkonsumsi cemilan yang tidak sehat. Makanan yang kaya akan serat juga mampu meluruhkan lemak – lemak yang tertimbun dalam tubuh Anda, meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh serta melancarkan proses pembuangan lemak dan kalori berlebih.

Konsisten menerapkan pola makan sehat

Salah satu persoalan utama bagi seseorang yang alami kegemukan adalah mengonsumsi beraneka macam makanan, tanpa melihat apakah makanan tersebut sehat atau tidaknya. Makanan yang tidak sehat seperti junk food, memiliki kandungan lemak jahat yang tinggi sedangkan kandungan gizi nya rendah. Tentunya hal tersebut sangat berpengaruh pada naiknya berat badan dan juga masalah pada kesehatan kita. Bila Anada menerapkan pola makan yang sehat, Anda dapat mengatur makanan apa saja yang baik untuk dikonsumsi, apalagi bagi Anda yang ingin mengurangi kegemukan, sangat penting untuk memilih makanan sehat dan memperhatikan jumlah kalori serta lemak yang masuk.

Baca Juga: 10 Makanan Sehat Untuk Jantung

Perbanyak minum air putih

Bila Anda memperbanyak konsumsi air putih, tubuh menjadi sehat, racun-racun dalam tubuh dapat dikeluarkan dan berat badan Anda pun dapat turun dengan cepat. Air putih merupakan minuman yang sangat efektif untuk menurunkan berat badan dibandingkan dengan mengonsumsi minuman manis. Anda juga dapat menerapkan untuk meminum air putih sesaat sebelum Anda makan, karena dengan begitu akan membantu membuat Anda merasa lebih kenyang terlebih dahulu.

Itulah beberapa cara untuk mengurangi kegemukan, selain itu, penting juga bagi Anda untuk menghindari rokok, alkohol dan juga stress. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

instal aplikasi prosehat

WhatsApp Asisten Maya saja