Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

4 Kebiasaan Sehat Sederhana yang Sering Disepelekan dan Dampaknya bagi Tubuh

Hidup dengan kebiasaan sehat merupakan sebuah anugerah karena bisa mencegah dan melindungi dari berbagai macam penyakit terutama di masa pandemi Covid-19 ini. Kebiasaan-kebiasaan untuk dapat menyehatkan tubuh itu sebenarnya sederhana dan mudah dilakukan oleh setiap orang. Contohnya seperti bangun pagi sebelum matahari terbit atau sarapan sebelum memulai aktivitas.

kebiasaan sehat, kebiasaan sehat sederhana

Baca Juga: 4 Cara Sehat di Masa Depan Mulai dari Sekarang

Meski begitu banyak orang yang kerap melewatkan atau bahkan menyepelekan hal-hal tersebut dengan alasan tidak sempat karena rutinitas setiap hari. Padahal, jika hal tersebut terus-menerus diabaikan akan berdampak buruk bagi kesehatan. Berikut ini adalah beberapa kebiasaan hidup sehat sederhana yang sering disepelekan beserta dampaknya bagi tubuh. Apa saja itu? Yuk, mari kita simak bersama-sama!

1. Minum Air Putih

Kebiasaan pertama adalah minum air putih. Kebiasaan ini tentu saja sudah begitu akrab di telinga dan sering kita lakukan sehari-hari. Akan tetapi, hal yang demikian malah membuat kita sering melewatkannya dengan berbagai alasan. Padahal, air putih sendiri cukup penting agar fungsi organ tubuh dapat berjalan dengan baik. Apabila tubuh kekurangan cairan akan memberikan dampak yang sangat negatif, seperti suhu tubuh menjadi naik, tekanan darah turun, hingga merasakan mual dan muntah. Bahkan yang lebih parah lagi akan berdampak pada salah satu organ penting dalam tubuh, yaitu ginjal.

Orang yang jarang minum air putih akan berisiko mengalami terbentuknya batu pada organ ginjal, karena ginjal sendiri membutuhkan air untuk membuang bakteri dan mineral. Nah, jika kandungan air dalam tubuh kurang, mineral ini lama kelamaan akan menggumpal dan dapat membentuk batu. Karena itu, supaya tidak mengalami kondisi tersebut, mulailah rutin minum air putih 2 liter per hari untuk wanita dan untuk pria adalah sebanyak 3 liter per hari. Sedangkan pada saat berolahraga, minumlah air putih lebih banyak untuk menghindari dehidrasi dengan takaran 100 ml-250 ml setiap 15-20 menit berolahraga.

Produk Terkait: Cek Lab

2. Berolahraga

Berolahraga juga merupakan salah satu gaya hidup sehat sederhana karena pada dasarnya bisa dilakukan semua orang. Namun, pada kenyataannya banyak orang yang melewatkan aktivitas fisik yang satu ini karena berbagai alasan, misalnya karena tidak sempat atau karena sudah lelah setelah seharian melakukan aktivitas rutin. Akhirnya, bisa ditebak, Sahabat terkena beberapa akibat yang ditimbulkan seperti berat badan cepat naik, metabolisme tubuh melambat, mudah merasa lelah bahkan lebih parahnya bisa berisiko menderita penyakit hipertensi dan diabetes yang dapat menyebabkan kematian.

Baca Juga: Perlu Makan Apa Supaya Tekanan Darah Normal?

Dengan begitu, agar bisa tercegah dari masalah kesehatan seperti itu, ada baiknya Sahabat mulai rutin berolahraga. Tidak perlu olahraga yang bersifat kompetitif atau membutuhkan alat. Sahabat bisa melakukannya dengan olahraga-olahraga ringan saat di kantor atau rumah, dan lakukanlah maksimal selama 30 menit per harinya.

3. Makan Teratur

Kebiasaan sehat lainnya yang sering disepelekan tetapi sebenarnya mudah dilakukan adalah makan secara teratur. Sahabat tentu sudah tahu bahwa tubuh manusia memerlukan asupan makanan dan minuman sebagai energi sebelum beraktivitas. Sayangnya, karena berbagai alasan, kebiasaan ini akhirnya dilewatkan sehingga banyak orang yang telat makan. Hal ini tentu saja akan sangat berdampak bagi tubuh, seperti menurunkan metabolisme pada tubuh, mengiritasi usus, dan bisa menyebabkan tukak lambung atau peradangan pada lambung. Jika sudah sampai mengalami kondisi tukak lambung, maka akan timbul beberapa gejala yang cukup mengganggu seperti nyeri ulu hati, mual-mual, hingga muntah darah.

Oleh karena itu, untuk mencegahnya Sahabat hanya perlu makan teratur sebanyak 3 kali sehari seperti yang sudah dianjurkan oleh ahli-ahli kesehatan. Usahakan dalam menu makanan tersebut terdapat makanan dan minuman sehat berupa 4 sehat 5 sempurna.

4. Tidur Teratur

Tidur teratur juga sebenarnya merupakan hal yang sangat sederhana dan mudah dilakukan. Karena dengan tidur secara teratur akan membuat tubuh dan pikiran bisa merasa segar kembali sehingga Sahabat dapat memulai aktivitas dengan menyenangkan. Sayangnya, masih banyak juga yang meremehkan hal ini karena berbagai hal, seperti adanya deadline pekerjaan, kebanyakan pikiran, bermain game online atau berselancar di media sosial sehingga hal tersebut menganggu waktu biologis seseorang untuk tidur pada jam yang sudah seharusnya di malam hari.

Akibat tidak tidur secara teratur, banyak sekali dampak buruk yang dapat terjadi pada tubuh, misalnya konsentrasi yang menurun terutama saat beraktivitas, membuat kulit wajah menjadi tua, penyakit jantung yang bisa menyebabkan kematian mendadak, atau bisa juga sampai menyebabkan gangguan mental yang berujung pada bunuh diri. Namun sebenarnya, hal-hal tersebut dapat dicegah jika Sahabat berusaha untuk mencoba tidur selama 6-8 jam per hari secara teratur.

Baca Juga: Karyawan yang Sering Begadang, Waspada Dampaknya pada Kesehatan

Itulah 4 kebiasaan sehat sederhana namun sering disepelekan sehingga berdampak besar pada tubuh. Karena itu, coba deh Sahabat mulai jalankan kembali perilaku-perilaku menyehatkan ini agar dapat terhindar dari berbagai macam penyakit dalam tubuh. Sahabat bisa memulainya dengan membuat jadwal secara teratur dari pagi hingga malam serta berkomitmen supaya tetap sehat sampai usia tua. Hilangkanlah kebiasaan-kebiasaan buruk yang berdampak negatif pada tubuh.

Apabila Sahabat memerlukan informasi lebih lanjut mengenai kebiasaan atau gaya hidup sehat dan produk-produk kesehatan yang berkaitan silakan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

 

Referensi

  1. Media K. Jangan Lakukan Kebiasaan Buruk Ini jika Ingin Sehat Halaman all – Kompas.com [Internet]. KOMPAS.com. 2021 [cited 16 February 2021]. Available from: https://www.kompas.com/tren/read/2021/02/15/170733465/jangan-lakukan-kebiasaan-buruk-ini-jika-ingin-sehat?page=all
  2. WS O. 7 Efek Buruk Pada Tubuh Jika Kamu Kurang Minum Air Putih [Internet]. detikfood. 2021 [cited 16 February 2021]. Available from: https://food.detik.com/info-sehat/d-5137786/7-efek-buruk-pada-tubuh-jika-kamu-kurang-minum-air-putih
  3. Jangan Malas, Ini yang Terjadi Saat Tubuh Kurang Olahraga [Internet]. Daya.id. 2021 [cited 16 February 2021]. Available from: https://www.daya.id/kesehatan/tips-info/penyakit-tidak-menular/jangan-malas-ini-yang-terjadi-saat-tubuh-kurang-olahraga#
  4. Abdi H. 7 Dampak Buruk Sering Telat Makan Bagi Kesehatan [Internet]. liputan6.com. 2021 [cited 16 February 2021]. Available from: https://hot.liputan6.com/read/4108740/7-dampak-buruk-sering-telat-makan-bagi-kesehatan#:~:text=Hal%20ini%20sangat%20berbahaya%2C%20karena,diare%2C%20
  5. News T. Lima Dampak Negatif Bagi Kesehatan Akibat Begadang⁣[Internet]. TAGAR. 2021 [cited 16 February 2021]. Available from: https://www.tagar.id/lima-dampak-negatif-bagi-kesehatan-akibat-begadang
  6. Ini Dia Jadwal Ideal untuk Ritme Hidup Teratur, Kunci Utama dari Kulit Cantik [Internet]. Beautynesia.id. 2021 [cited 16 February 2021]. Available from: https://www.beautynesia.id/berita-travel/ini-dia-jadwal-ideal-untuk-ritme-hidup-teratur-kunci-utama-dari-kulit-cantik/b-112067

Chat Dokter 24 Jam