Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Kebiasaan Buruk Orang Indonesia: Makan Mi Instan dengan Nasi!

Carb meets carb. Yup, istilah itu tepat banget dipakai pas lihat adik kita makan mi instan dengan nasi! Nasi dan mi instan adalah pilihan anak kos ketika uang bulanan cekak ya. Tapi memang kedua jenis karbohidrat ini favorit banget deh sampai ‘nggak rela gitu untuk makan salah satunya sendirian. Tapi pertanyaannya, sebenarnya baik atau tidak makan mi instan dengan nasi?

prosehat makan mie instant dengan nasi

Baca Juga: 10 Daftar Makanan Rendah Kalori yang Bantu Turunkan BB

Jawabannya sudah jelas ya. Tidak baik bagi kesehatan kita. Mengapa? Karena asupan kalori yang diperlukan tubuh kita setiap harinya sebenarnya kurang dari 2000 kkal, sedangkan kombinasi super nikmat ini sudah hampir  melebihi 700 kkal/porsi (indomie goreng: 390 kkal/porsi & nasi putih: 350 kkal/saji). Apapun yang berlebihan tentunya akan membawa dampak yang tidak baik bagi tubuh, beberapa dampak buruknya adalah:

Kegemukan

Pasti sudah banyak yang tahu tentang waktu yang diperlukan tubuh untuk mencerna satu buah mi instan. Lumayan lama lho, sekitar 3 hari. Nah, apakah kita akan membiarkan perut keroncongan selama menunggu proses pencernaan itu selesai? Tentu tidak! Nah, hal inilah yang mengakibatkan kegemukan. Banyaknya karbohidrat yang masuk, dan proses pembakaran yang hampir tidak ada akan mengubah mereka menjadi timbunan lemak pada tubuh. Kita bisa cek dengan mengukur lingkar perut yang lebih dari setengah tinggi badan, yang artinya tubuh kalian kegemukan hingga akhirnya menjadi sumber segala macam penyakit, salah satunya adalah penyakit diabetes melitus atau kencing manis.

Produk Terkait: Cek Lab

Penyakit Diabetes

Makan mi instan dengan nasi putih menghasilkan kalori yang cukup besar yakni sekitar 750 kalori pe rporsi. Jumlah ini sangat tidak dianjurkan untuk kesehatan tubuh. Secara normal, makanan ataupun snack yang kita makan akan diproses oleh pankreas dan menghasilkan hormon insulin. Hal ini tidak akan bagus untuk kesehatan tubuh kita karena jika pertumbuhan hormon insulin terlalu tinggi maka hal tersebut akan merusak fungsi dari pankreas yang akan membuat Sahabat terkena gejala dari diabetes.

Baca Juga: 5 Tanda Gejala Diabetes Atau Kencing Manis

Darah Tinggi

Coba kamu perhatikan kandungan natrium dalam satu bungkus mi instan. Kamu akan terkejut saat kamu melihat bahwa dalam 1 bungkus mi instan terkandung lebih dari 1000 miligram atau 1 gram natrium! Dokter dan perhimpunan dokter menganjurkan asupan natrium harian sebaiknya maksimal 3 gram dalam 1 hari supaya terhindar dari penyakit darah tinggi. Bayangkan kamu menyantap 1 mangkok mi instan yang mengandung 1 gram natrium ditambah sambal instan yang juga mengandung natrium plus makanan atau minuman siap saji lainnya yang juga mengandung natrium. Berapa coba jumlah natrium yang sudah kamu makan?

Baca Juga: Perlu Makan Apa Supaya Tekanan Darah Menjadi Normal?

Jadi, masih tertarik makan mie instan dengan nasi? Pilih salah satu saja, ya! Jangan lupa juga cek rutin kadar gula dalam darah, ya! Apabila Sahabat memerlukan informasi lebih lanjut mengenai dampak negatif makan mi instan dengan nasi dan produk-produk kesehatan yang berkaitan silakan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Chat Asisten ProSehat aja