Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Jenis Makanan untuk Diet Diabetes

Penyandang diabetes harus mendapatkan jumlah karbohidrat yang tepat pada siang hari untuk menjaga kadar gula darah dari fluktuasi naik dan turun. Berikut jenis makanan untuk diet diabetes:

https://www.prosehat.com/cegahdiabetes/

Karbohidrat

Sebagai penyandang diabetes kita perlu makan sekitar 150 gram (tidak lebih dari 1 kilogram) karbohidrat setiap hari, dibagi merata sepanjang hari melalui makanan dan cemilan. Anda bisa makan roti gandum utuh, pasta, nasi, kentang, labu, kacang polong, jagung dan kacang-kacangan.

Protein

Sebaiknya kita tidak mengkonsumsi lebih dari 6 oz. (sekitar 12 sendok makan) protein sehari, tapi setidaknya 4 oz (sekitar 8 sendok makan). Protein ini bisa berasal dari daging merah, ikan dan unggas, serta keju dan tahu.

Lemak

Asupan lemak kita perlu dibatasi sebanyak 1 g lemak jenuh per porsi dan tidak lebih dari 3 g lemak per porsi. Untuk mendapatkan asupan lemak baik, Anda bisa mengkonsumsi kacang-kacangan dan biji-bijian sebagai cemilan sehat yang mengandung jumlah tinggi lemak omega. Jadikan kacang almond atau walnut sebagai cemilan di siang hari sebelum makan besar.

Sayuran dan Buah

Setidaknya 5 jenis sayuran dan buah harus menjadi bagian dari diet diabetes. Sayuran seperti kembang kol, brokoli, kacang hijau, tomat, serta buah seperti apel, berbagai jenis buah berry, pisang dan melon bisa menjadi pilihan yang tepat.

Susu

Penyandang diabetes perlu mengkonsumsi setidaknya dua porsi susu sehari. Jenis susu yang baik bagi penyandang diabetes adalah susu non-fat/rendah lemak atau yogurt rendah lemak atau tanpa lemak.

Jadi jenis makanan untuk penyandang diabetes kurang lebih sama dengan kebanyakan orang pada umumnya. Yang membedakan hanya porsi yang lebih dikontrol agar tidak terjadi lonjakan kadar glukosa dalam darah. Untuk menu harian diabetes yang lezat dan bergizi seimbang, cek di sini.

https://www.prosehat.com/produk/alat-kesehatan/accu-check-active/

Chat Asisten ProSehat aja