Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

Jangan Sampai Anak Kurang Gizi! Yuk, Masak 6 Jenis Olahan Makanan Ini

Penyakit kekurangan gizi merupakan salah satu penyakit yang menyerang anak-anak, terutama dalam masa pertumbuhan. Di Indonesia sendiri, permasalahan ini menjadi kasus yang cukup banyak menyita perhatian karena banyaknya anak-anak yang menjadi korban dari penyakit kekurangan gizi tersebut. Kekurangan gizi mencakup kekurangan akan asupan vitamin A, yodium, zat besi, protein, energi, yang membuat pertumbuhan anak menjadi terganggu.

Sehingga membuat anak-anak yang mengalami kekurangan gizi menjadi pendek dan kurus. Lalu, penyakit kekurangan gizi juga menyebabkan tubuh menjadi lemah, kulit yang bermasalah, serta mata cekung. Bahkan jika kondisinya sudah lumayan parah, dapat menyulitkan anak untuk bertahan hidup.

Mari cegah anak Sahabat jangan sampai kekurangan gizi dengan mengonsumsi olahan makanan-makanan sehat di bawah ini.

1. Semua Jenis Produk Susu

Bagi anak-anak yang menderita kekurangan gizi, akan sangat baik jika Sahabat memberikan asupan berbagai jenis produk susu. Dan tak hanya anak-anak yang menderita kekurangan gizi saja, jika anak Sahabat memiliki gizi yang normal sekalipun perlu mendapatkan asupan susu agar dapat mencegah terjadinya kekurangan gizi. Produk-produk susu memiliki kandungan protein, lemak, dan kalsium dapat memenuhi nutrisi anak.

Produk susu ini dapat membantu anak agar mendapatkan rangsangan yang baik agar dapat menghasilkan insulin, sehingga kadar gula pada tubuh sempurna. Ada berbagai produk susu yang dapat Sahabat berikan kepada anak secara langsung, seperti susu sapi, yoghurt, dan keju. Sahabat bisa memberikan jenis makanan ini setiap harinya. Namun, jika anak Sahabat memiliki alergi terhadap susu sapi, maka solusi alternatifnya Sahabat dapat memberikan susu nabati seperti susu air beras dan susu kedelai.

2. Olahan Telur

Telur memiliki kandungan protein dan vitamin yang cukup tinggi. Selain itu, telur juga mengandung kolin yang menjadi nutrisi cukup penting bagi anak. Kolin dapat membuat proses pertumbuhan pada anak berjalan dengan baik, rangsangan terhadap pertumbuhan sistem syaraf dan otot, serta membantu meningkatkan kerja otak. Ketika memberikan telur pada anak, pastikan jika Sahabat mengolah nya dengan baik, misalnya saja dengan dimasak dalam bentuk telur rebus, omelet telur, telur goreng (menggunakan minyak zaitun), atau memasukkannya ke dalam nasi, bubur, maupun sup.

3. Olahan Daging

source: healthfreedoms

Daging memiliki manfaat yang sangat penting bagi pertumbuhan anak. Kandungan zat besinya membantu produksi sel darah merah, sehingga mencegah anak mengalami anemia. Daging juga memiliki kandungan magnesium dan zat besi yang dapat meningkatkan kerja dan fungsi otak serta sistem kekebalan tubuh. Agar anak-anak Sahabat bisa mengonsumsi daging dengan baik, cobalah untuk mengolahnya menjadi makanan yang lembut. Sahabat dapat pula mencampurkannya dengan jenis makanan lainnya seperti telur, tempe, tahu, dan lainnya.

4. Olahan Ikan

Semua jenis-jenis olahan ikan memiliki manfaat yang baik bagi anak, terutama jika anak mengalami kekurangan gizi. Kandungan protein di dalamnya berperan penting untuk meningkatkan fungsi tulang dan otot. Selain itu, ikan juga memiliki jenis lemak sehat seperti omega-3 yang dapat membantu meningkatkan kecerdasan pada anak.

Bahkan mengonsumsinya secara teratur dapat membantu sistem penglihatan dan syaraf pada anak lebih sehat. Berbagai jenis ikan yang disarankan untuk dikonsumsi antara lain seperti ikan nila, ikan salmon, ikan sarden, ikan tuna, dan lainnya. Masak ikan-ikan tersebut hingga matang, Sahabat bisa menjadikannya sebagai ikan kukus atau bubur.

5. Menu Sup Sayuran Hijau

Sayuran juga menjadi makanan yang harus masuk ke dalam menu makanan sehari-hari anak. Sahabat bisa memberikan sayuran-sayuran hijau seperti sawi, kol, brokoli, dan lainnya. Sayuran hijau lainnya. Kandungan kalsium, zat besi, mineral, dan vitamin C akan sangat penting bagi pertumbuhan anak. Selain itu, kalium di dalam sayuran hijau juga memiliki manfaat untuk menyehatkan organ jantung.

6. Buah-Buahan Berwarna Cerah

Jangan lupa untuk memasukkan buah sebagai makanan yang akan dikonsumsi anak sehari-harinya, terutama buah-buahan yang berwarna cerah. Hal ini karena kandungan vitamin A yang sangat tinggi. Vitamin A tak hanya bermanfaat bagi kesehatan mata, namun juga membantu agar sistem imunitas tubuh anak lebih meningkat sehingga tidak mudah sakit.

instal aplikasi prosehat

WhatsApp Asisten Maya saja