Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Ingin Berhenti Merokok? Konsumsilah Makanan Berikut Ini

Siapa sih di antara kita yang memiliki kebiasan merokok? Apakah kalian tahu jika merokok adalah kebiasaan yang merugikan dan membahayakan kesehatan kita? Lalu kenapa orang masih mengonsumsi rokok ketika mereka tahu jika hal ini berbahaya? Sebagian besar orang mengaku jika awal mula mereka mencoba rokok hanya karena ingin coba-coba dan mengetahui apa sebenarnya yang akan mereka dapat dengan mengonsumsi rokok.

Kebiasaan merokok ini bukan hanya dimiliki orang dewasa, tetapi juga mulai menyasar kalangan anak muda. Pertanyaan ini didukung oleh sebuah survei yang menunjukkan jika rata-rata kebiasaan merokok sudah dimulai sejak anak berusia 13 hingga 19 tahun. Fakta yang cukup mengejutkan bukan?

Namun, apakah ada yang bisa kita lakukan untuk menghentikan kebiasaan merokok? Kabar baiknya, saat ini banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menghentikan kebiasaan buruk ini, mulai dari berkonsultasi dengan dokter dan melakukan terapi, bergabung dengan komunitas yang mendukung kita untuk menghentikan kebiasaan merokok, hingga mengonsumsi beberapa makanan yang bisa membuat kita lupa dengan rokok. Wah yang benar nih makanan bisa menghentikan kebiasaan buruk yang satu ini? Kira-kira makanan apa saja ya yang efektif untuk menghentikan kebiasaan merokok?

Dari pada semakin penasaran, yuk kita simak penjelasan berikut ini!

1. Jus buah

jus, juice segar

Siapa sih di antara kita yang suka mengonsumsi jus buah? Siapa sangka jika jus buah sangatlah efektif untuk membersihkan nikotin dalam tubuh kita, alias ampuh untuk menghentikan kebiasan merokok? Berbagai buah-buahan yang kaya akan kandungan vitamin C seperti jeruk, delima, ataupun lemon adalah salah satu obat alami untuk mengatasi kebiasaan merokok. Bukan hanya efektif mengatasi kebiasaan buruk merokok, berbagai jus buah juga mampu memperlancar sirkulasi darah, membuang racun, serta meningkatkan produksi sel darah merah.

2. Ginseng

Ginseng adalah salah satu jenis tanaman yang berfungsi sebagai obat herbal alias bisa menghentikan kebiasaan merokok kita tanpa membahayakan kesehatan organ lainnya karena sama sekali tidak mengandung bahan kimia. Ginseng mengandung zat yang dapat menghambat produksi neurotransmitter pada otak yang merupakan senyawa yang berfungsi memberikan rasa bahagia pada seseorang. Produksi neurotransmitter yang menurun sedikit demi sedikit ketika kita merokok akan membuat kita berpikir jika merokok tidaklah seenak yang kita bayangkan dan lama kelamaan kita akan menghentikan kebiasaan merokok ini.

3. Air putih

Apakah kalian sudah memenuhi kebutuhan air dalam sehari? Seperti yang kita tahu, setidaknya kita membutuhkan 2 liter air dalam sehari agar kita dapat beraktivitas dengan optimal dan pastinya menghindarkan kita dari dehidrasi. Namun, tahukah kalian jika semakin banyak air yang kita konsumsi juga efektif untuk menghentikan kebiasaan merokok? Cara yang satu ini sangatlah mudah untuk dilakukan sehingga tidak heran jika banyak perokok yang memperbanyak asupan air mereka dalam sehari untuk menghentikan kebiasan buruknya tersebut.

4. Raspberry

Raspberry adalah salah satu buah yang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat dan kabar baiknya lagi untuk mendapatkan buah ini bukanlah suatu perkara yang sulit. Raspberry dinilai cukup efektif untuk menghentikan kebiasaan merokok karena adanya kandungan asam ellagic, di mana kandungan asam ini berfungsi untuk membersihkan nikotin dalam tubuh dan berbagai zat berbahaya lainnya.

5. Paprika

Makanan terakhir yang efektif untuk menghentikan kebiasaan merokok kita adalah makanan yang bercita rasa pedas, alias paprika. Kok bisa? Tentu saja rahasianya ada pada kandungan paprika, di mana paprika tinggi akan kandungan vitamin C, B2, serta B6 yang berfungsi untuk membuang nikotin dalam tubuh. Untuk mendapatkan manfaat yang satu ini, kita bisa mengonsumsi paprika secara mentah atau mengolahnya menjadi salad dan memadukannya dengan sayuran atau buah lainnya.

Nah itu tadi adalah beberapa jenis makanan yang bisa kita konsumsi untuk menghentikan kebiasaan merokok. Pastinya sekarang sudah tidak bingung bagaimana cara menghentikan kebiasaan buruk ini bukan? So, tunggu apalagi untuk hidup lebih sehat daripada sebelumnya?

instal aplikasi prosehat

Chat Asisten ProSehat aja