Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

Ingin Awet Muda Secara Alami? Batasi 7 Asupan Berikut

Apa yang terpikir di benak kalian mengenai tampil cantik? Tampil cantik adalah impian hampir semua wanita dan pastinya bukan rahasia lagi jika wanita rela melakukan apa saja untuk bisa tampil cantik. Melakukan perawatan di klinik kecantikan adalah salah satu cara yang biasa wanita lakukan untuk membuat mereka selalu bisa tampil cantik dan pastinya mencegah timbulnya berbagai tanda penuaan sejak dini. Menariknya kita juga bisa melakukan perawatan wajah ataupun tubuh secara mandiri alias dilakukan di rumah dengan memanfaatkan berbagai bahan alami yang berarti kita juga menghemat biaya.

Sebenarnya apa sih tanda-tanda penuaan dini itu? Penuaan pada wanita biasanya ditandai dengan mereka mengalami menopause, tapi tidak menutup kemungkinan jika berbagai tanda penuaan bisa muncul sebelum menopause. Wah yang benar nih? Berbagai tanda penuaan ini biasanya tampak jelas pada wajah, seperti timbulnya kerutan, kulit kusam, garis-garis halus, bahkan kulit yang mengering. Pastinya kita tidak ingin hal ini terjadi bukan?

Menariknya, kita bisa tetap awet muda bukan saja hanya dengan melakukan perawatan. Kita bisa memulainya dengan memperhatikan pola makan kita – yang pastinya dengan mengonsumsi makanan sehat dan menghindari berbagai makanan yang dapat memicu penuaan dini. Wah memangnya makanan apa saja yang harus dibatasi pengonsumsiannya sehingga kita bisa tampil awet muda?

Nah dari pada semakin penasaran, yuk kita simak penjelasan berikut!

1. Gorengan

gorengan

Siapa sih di antara kita yang masih suka mengonsumsi gorengan? Tahukah kalian jika gorengan dapat memicu timbulnya gejala penuaan dini? Minyak dan lemak yang terkandung pada gorengan akan teroksidasi dan mausk ke dalam tubuh kita. Minyak merupakan salah satu jenis zat yang sulit untuk didetoks untuk tubuh dan menghambat produksi kolagen serta elastin. Terhambatnya produksi kedua zat ini akan menyebabkan kulit kita mengendur dan menjadi lebih kusam.

2. Kafein

Mengonsumsi kopi adalah salah menu wajib untuk sebagian besar orang di luar sana. Namun tahukah kalian jika kafein dapat mempercepat proses penuaan pada tubuh kita? Sebuah penelitian menunjukkan jika mengonsumsi 2 hingga 3 cangkir minuman berkafein setiap hari dapat memicu respons adrenocortical pituitary. Kondisi ini akan meningkatkan produksi hormon kortisol dalam tubuh, di mana hormon ini lebih dikenal sebagai hormon penyebab stres. Bukan hanya menyebabkan stres, hormon kortisol juga dapat merusak kulit.

3. Garam

Garam adalah salah satu bumbu dapur yang tidak boleh dilupakan ketika memasak karena hal inilah yang membuat makanan kita menjadi lebih lezat. Sayangnya, terlalu banyak mengonsumsi garam tidaklah disarankan karena bisa mempercepat timbulnya berbagai gejala penuaan dini pada tubuh kita. Kok bisa? Tingginya kandungan sodium pada garam akan meningkatkan tekanan darah kita dan membuat berbagai organ dalam tubuh kita bekerja lebih keras daripada biasanya.

4. Manis

Mengonsumsi berbagai makanan manis adalah suatu hal yang disukai oleh sebagian besar wanita, bahkan tidak jarang wanita mengonsumsi berbagai makanan manis sebagai hidangan pencuci mulut. Sayangnya, mengonsumsi terlalu banyak makanan yang mengandung gula adalah suatu hal yang tidak disarankan karena dapat mempercepat proses penuaan dalam tubuh kita. Bukan hanya itu saja, mengonsumsi terlalu banyak gula juga dapat memicu kandungan kalori dalam tubuh yang berarti meningkatkan risiko kita mengalami obesitas.

5. Makanan yang diawetkan

Mengonsumsi berbagai makanan yang diawetkan bukanlah suatu hal yang disarankan apabila kita ingin tampil awet muda. Selain itu, tingginya bahan pengawet yang ada pada suatu makanan bukanlah hal yang baik dan apabila kita mengonsumsinya dalam jumlah yang banyak tentu saja dapat mempengaruhi kesehatan kita. Bahan pengawet akan memicu timbulnya garis halus dan keriput pada wajah kita serta membuat ginjal bekerja lebih keras daripada seharusnya.

6. Alkohol

Alkohol adalah salah satu jenis minuman yang sebaiknya dihindari apabila kita ingin tampil awet muda, mengingat alkohol juga mampu mengganggu kinerja organ kita. Konsumsi alkohol dalam jumlah yang banyak dapat memicu dehidrasi bahkan mengurangi jumlah asam lemak esensial dalam tubuh. Hilangnya asam lemak ini akan memunculkan berbagai tanda penuaan seperti timbulnya garis halus, keriput, pembengkakan pada daerah tubuh tertentu, bahkan tubuh bisa kehilangan kolagen.

7. Lemak jenuh

Menurut penelitian, berbagai jenis makanan yang mengandung lemak jenuh dapat mempercepat timbulnya berbagai gejala penuaan sejak dini. Selain itu, tingginya kandungan lemak pada suatu makanan dapat memicu seseorang mengalami obesitas. Beberapa contoh makanan yang tinggi akan lemak jenuh adalah daging merah, susu, ataupun keju.

Nah itu tadi adalah beberapa makanan yang sebaiknya kita batasi atau justru kita hindari dan hentikan pengonsumsiannya. Suatu hal yang mudah untuk dilakukan bukan? So, tunggu apalagi untuk tampil lebih muda dengan berbagai jenis makanan yang menyehatkan?

instal aplikasi prosehat

WhatsApp Asisten Maya saja