Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

Hindari Makanan Ini Jika Terjadi Sakit Perut pada Anak

Makanan memang menjadi hal utama yang perlu dijaga dalam keadaan apapun. Segala bahan makanan akan memberikan pengaruh pada sistem kerja tubuh. Begitu juga saat kamu atau anak sedang dalam keadaan sakit perut. Dalam keadaan ini, tidak semua makanan diperbolehkan untuk dikonsumsi.

Hal inikarena lambung merupakan salah satu organ sistem pencernaan, maka jenis makanan tertentu yang tidakcocokakanmemberikan dampak pada sakit perut yang sedang melandamu atau anak. Jangan sampai kamu salah mengonsumsi makanan tertentu dan berujung pada semakin parahnya sakit perut yang dialami.

Lantas apa saja makanan yang dilarang untuk dikonsumsi saat sakit perut? Berikut penjelasannya.

1. Kafein

Saat kamu mengalami sakit perut, hindari terlebih dahulu mengonsumsi minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh, atau soda. Sebab kafein ini memengaruhi pergerakan makanan yang akan diproses oleh sistem pencernaan. Dengan pergerakan yang cepat, proses mencerna makanan tersebut tidak akan sempurna. Alhasil, kamu akan mengalami sakit perut yang disertai diare.

2. Bawang putih

Makanan yang perlu dihindari selanjutnya yaitu bawang putih. Meskipun bawang putih selalu menjadi alternatif obat alami untuk berbagai jenis penyakit, ini tidak berlaku bagi sakit perut yang kamu alami. Mengapa demikian? Karena bawang putih mengandung fruktans yang dapat meningkatkan rasa nyeri pada lambung. Jadi, hindari mengonsumsi bawang putih terlebih dahulu saat sakit perut daripada kamu harus merasakan nyeri lebih parah akibat mengonsumsinya.

3. Susu

Susu memang menjadi penyeimbang dan pelengkap kebutuhan nutrisimu, tetapi ketika sakit perut kamu harus mengabaikannya terlebih dahulu. Susu memiliki kandungan laktosa yang dapat mempersulit kerja sistem pencernaan. Terlebih saat kamu sakit perut, tentunya kemampuan sistem pencernaan dalam mecerna masih dalam masalah. Konsumsisusu akan membuat sistem pencernaan semakin berat dalam bekerja. Akhirnya, kamu akan mengalami diare yang berat atau masalah pencernaan lainnya.

4. Minuman dan Makanan yang Asam

Pantangan selanjutnya yaitu mengonsumsi makanan dan minuman yang asam. Kandungan asam pada makanan atau minuman tentunya akan menambah nyeri atau perih pada organ pencernaanmu. Maka, hindari terlebih dahulu jeruk, lemon, dan anggur saat sakit perut menyerang daripada kamu harus mengalami mual, nyeri perut, atau diare yang memperparah masalah perut.

Selain memerhatikan makanan dan minuman yang perlu dihindari, kamu juga perlu tahu makanan atau minuman yang sebaiknya kamu konsumsi untuk meredakan sakit perut. Apa saja makanan dan minuman tersebut? Baca penjelasan di bawah ini.

1. Wedang Jahe
Jahe bisa menjadi pilihan yang tepat untuk meredakan sakit perut. Jahe memiliki kandungan tertentu yang bersifat anti inflamasi dan anti oksidan yang mampu meredakan rasa nyeri serta membunuh kuman penyebab sakit perut. Kamu bisa mencobanya dengan mengonsumsi dua kali sehari.

2. Yoghurt
Makanan yang disarankan selanjutnya yaitu yoghurt. Yoghurt memang dikenal ampuh meredakan sakit perut karena yoghurt memiliki bakteri baik yang akan bekerja sebagai sistem proteksi tubuh. Pilihlah yohgurt yang berjenis non susu agar tidak menyebabkan nyeri pada perut. Kamu bisa mengombinasikan beberapa buah atau sayur sebagai pelengkap nutrisinya.

Sakit perut pada anak jangan dianggap masalah yang remeh. Apabila penanganan tidak tepat, sakit perut bisa berujung pada masalah pencernaan yang lain seperti diare. Jika diare yang dialami berlebih, maka anak dapat mengalami dehidrasi dan daya tahan tubuh akan berkurang. Salah satu penanganan yang baik adalah mengetahui mana yang baik dan harus dihindari untuk dikonsumsi saat sakit perut. Dengan demikian, sakit perut tidak akan menjadi masalah yang besar.

instal aplikasi prosehat

Referensi: parents.com/health/stomach-ache/natural-tummy-ache-remedies/
Sip Chamomile Tea

WhatsApp Asisten Maya saja