Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Hati-hati Diare Menyerang Anak Saat Liburan

Menjelang liburan, pasti banyak sekali checklist destinasi wisata yang ada dalam bucket list Anda dan keluarga. Mulai dari pegunungan, pantai, Disneyland atau tempat menarik lainnya, pastikan setiap destinasi meninggalkan kenangan yang indah bagi anak Anda. Dan jangan sampai kegiatan liburan terganggu dengan kondisi kesehatan anak yang menurun. Hati-hati pula dengan kemungkinan yang dapat terjadi kepada Anda dan keluarga ketika sedang liburan terutama diare yang bisa menyerang Anda sekeluarga.

Cegah dan atasi diare di saat liburan dengan beberapa tips ini:

Traveler’s Diarrhea
Istilah ini sering digunakan sebagai istilah umum untuk setiap penyakit mulai dari sakit perut sampai mencret selama atau setelah perjalanan. Tingkat serangan diare tipe ini berkisar dari 30% sampai 70% dari wisatawan, tergantung pada tujuan dan musim perjalanan. Secara tradisional, banyak yang berpikir bahwa diare jenis ini dapat dicegah dengan mengikuti rekomendasi sederhana seperti “kupas, rebus, masak” namun penelitian telah menemukan bahwa orang yang mengikuti aturan-aturan ini masih terserang diare. Diare jenis ini tidak hanya menyerang orang dewasa, tapi banyak kasus menyerang anak-anak usia balita. (Sumber: cdc.gov)

prosehat diare

Penyebab Traveler’s Diarrhea
Diare sebenarnya adalah cara tubuh membersihkan diri dari kuman, dan sebagian besar kasus diare terjadi selama beberapa hari atau seminggu. Diare sering terjadi disertai demam, mual, muntah, kram, dan dehidrasi. Beberapa alasan paling umum anak-anak terkena diare saat liburan adalah infeksi virus:
Infeksi dari virus seperti rotavirus, bakteri Salmonella dan, walau jarang ditemukan kasusnya, parasit seperti giardia. Virus adalah penyebab paling umum dari terjadinya diare anak. Gejalanya berupa mencret atau tinja berair, gejala infeksi viral gastroenteritis termasuk muntah, sakit perut, sakit kepala, dan demam. Untuk penyebab diare lainnya adalah efek samping obat-obatan, keracunan makanan, alergi makanan, dan sebagainya.

Cegah Traveler’s Diarrhea
Ketika mencegah diare terjadi pada anak saat dalam perjalanan liburan atau road trip mereka, sebaiknya para orang tua melakukan hal ini:

Baca juga: 7 Tips Road Trip 3 Hari di Jalan dengan Anak

  • Jaga asupan cairan anak: jika anak Anda masih menyusui ASI, berikan ASI untuk membunuh infeksi dari virus yang menyebabkan terjadinya diare. Perhatikan air mineral yang dikonsumsi anak. Sediakan stok air mineral bersih yang dibeli di supermarket.
  • Cuci botol susu dan alat makan dengan air bersih: saat berlibur, pastikan Anda memiliki akses air bersih ketika sedang berhenti untuk menginap di sebuah hotel. Jangan sampai tempat dan alat makannya dicuci dengan air seadanya dengan alasan sedang dalam perjalanan liburan. Air bersih penting agar si kecil terhindar dari serangan bakteri jahat. Air menjadi media penularan berbagai kuman seperti bakteri, virus dan jamur.
  • Hindari keracunan makanan: pastikan makanan yang mereka makan bersih dan telah melalui proses memasak yang benar dan benar-benar matang.
  • Hindari wc umum yang kotor: kebersihan sanitasi terkadang menjadi persoalan yang cukup memusingkan saat dalam perjalanan liburan dengan anak. Padahal kebersihan sanitasi sangat membantu mengurangi risiko diare pada anak. Jika tidak dapat menemukan wc atau toilet umum yang bersih, pastikan Anda menyediakan tisu basah anti bakteri dan hand sanitizer untuk mengurangi risiko terkena diare.
  • Budayakan cuci tangan sebelum makan: cuci tangan dengan air bersih dan hand sanitizer untuk mencegah kuman masuk ke dalam mulutnya. Cuci tangan sebelum dan sesudah makan, dan setelah menggunakan jamban.
  • Sediakan kotak p3k anak: sebagai pertolongan pertama dan bentuk pengobatan pertama, sediakan kotak p3k anak seperti ini untuk mencegah diare terjadi pada anak dan mengobati diare. Kotak p3k untuk anak ini dilengkapi dengan obat probiotik yang akan mengobati diare pada anak.

klik di sini paket prosehat p3k anak

Beli di sini: Paket P3K Liburan Anak

Perhatikan selalu kondisi kesehatan anak dan juga Anda, sebagai orang tua karena keberhasilan liburan akhir tahun ini ditentukan dengan seberapa sehat Anda sekeluarga. Jadi tetap pertahankan kebiasaan hidup sehat Anda untuk cegah terjadinya traveler’s diarrhea pada Anda sekeluarga.

klik di sini prosehat ebook p3k anak

Free Download E-book P3K Anak: Tips dan Checklist Jaga Anak Tetap Sehat Saat Liburan

Referensi:

Chat Asisten ProSehat aja