Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Hari Yoga Internasional ! 5 Manfaat Penting Yoga Bagi Ibu Hamil

Ditulis oleh : Redaksi Prosehat

Ditinjau oleh : dr. Monica Cynthia Dewi

Sahabat Sehat, hari ini bertepatan dengan hari yoga internasional. Selain untuk orang dewasa secara umum, ternyata ibu hamil turut dapat merasakan manfaat melakukan yoga atau disebut juga prenatal yoga.

Mengutip dari The American College of Obstetricians and Gynecologist (ACOG), melakukan yoga selama masa kehamilan sangat direkomendasikan karena dapat memberikan berbagai manfaat bagi ibu hamil dan perkembangan janin. 

Apa Itu Prenatal Yoga?

Prenatal yoga adalah olahraga yoga yang dikhususkan untuk ibu hamil. Gerakan pada prenatal yoga telah disesuaikan sedemikian rupa agar ibu hamil tetap aman, nyaman, dan tidak berbahaya bagi ibu dan janin dalam kandungannya. Prenatal yoga dipercaya dapat membantu tubuh ibu menjadi lebih bugar dan lebih siap saat menghadapi persalinan. Manfaat prenatal yoga tidak hanya sebatas pada kebugaran fisik, karena yoga turut dipercaya membantu mental ibu agar lebih rileks selama masa kehamilan.

 Baca Juga : Olahraga Aman Ibu Hamil

Manfaat Prenatal Yoga Bagi Ibu Hamil

Bagi Sahabat Sehat yang sedang hamil dan ingin mencoba melakukan prenatal yoga, penting diingat agar tidak terlalu memaksakan diri saat pertama kali melakukan prenatal yoga. Berikut adalah beberapa manfaat prenatal yoga bagi kesehatan ibu hamil, diantaranya:

 

  • Meningkatkan Kualitas Tidur

 

Pada umumnya, wanita hamil sering mengeluh sulit tidur. Berdasarkan data dari American Pregnancy Association, diperkirakan sebanyak 78 % wanita hamil mengalami insomnia. Sulit tidur ditandai dengan kesulitan saat memulai tidur, sering terbangun di malam hari, sulit untuk tidur kembali setelah terbangun, hingga muncul rasa lelah ketika bangun dipagi hari. 

Kurangnya jam tidur dapat berpengaruh pada kehamilan dan proses persalinan. Jika terus dibiarkan, gangguan tidur seperti ini dapat berdampak pada kehamilan. Pada ibu hamil yang mengalami gangguan tidur, sangat dianjurkan untuk melakukan prenatal yoga. 

 

  • Mengurangi Stres

 

Masa kehamilan dapat membuat wanita menjadi lebih tegang, tertekan, bahkan stress. Dengan melakukan prenatal yoga secara teratur, Sahabat Sehat menjadi lebih tenang dan rileks selama masa kehamilan. Hal ini berdampak baik bagi kesehatan mental ibu hamil dan perkembangan janin.

Berdasarkan American Journal of Obstetrics and Gynecology, salah satu manfaat yoga bagi ibu hamil yaitu dapat mengelola stress, kesedihan, dan ketidakstabilan mood akibat hormon tubuh yang berubah ubah.

 

  • Mengurangi Rasa Sakit di Punggung

 

Rasa nyeri dibagian perut dan punggung Ibu hamil diakibatkan karena semakin bertambahnya berat janin, plasenta dan air ketuban. Oleh sebab itu, prenatal yoga sangat bermanfaat bagi ibu hamil karena dapat mengurangi rasa nyeri pada perut tulang punggung serta membuat tubuh menjadi lebih rileks.

 

  • Mempererat Hubungan Ibu dan Janin

 

Saat melakukan prenatal yoga, ibu hamil akan diminta untuk berkomunikasi dengan janin didalam kandungan. Ibu akan diminta mengusap bagian perut sebelum memulai latihan yoga dan mengajak bicara janin saat melakukan gerakan bersama.

Baca Juga : Manfaat Yoga Atasi Gangguan Otot Akibat Kerja Belajar dari Rumah

Gerakan Prenatal Yoga Bagi Ibu Hamil

Jika Sahabat Sehat ingin melakukan prenatal yoga untuk pertama kalinya, sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter kandungan terlebih dahulu untuk memeriksa kondisi Ibu dan janin. Selain itu, lakukan yoga dibawah pengawasan instrusktur yang berpengalaman. 

Berikut adalah beberapa gerakan prenatal yoga yang dapat Sahabat Sehat lakukan:

  • Cobbler’s atau Tailor’s Pose. Gerakan ini bermanfaat untuk membantu Sahabat Sehat membuka panggul ketika proses persalinan.
  • Pelvic Tilt atau Angry Cat. Gerakan ini membantu meredakan nyeri pada punggung.
  • Squatting. Gerakan ini berguna untuk mengistirahatkan tubuh bagian bawah.
  • Side-lying Position. Gerakan ini bermanfaat untuk mengistirahatkan seluruh tubuh.
  • Standing Warrior. Gerakan ini dapat membantu meredakan nyeri punggung dan panggul.
  • Tree Posture. Gerakan ini dapat memperkuat persendian dan meningkatkan keseimbangan bagi ibu hamil.

Baca Juga : 7 Pose Yoga untuk Mencegah Osteoporosis

Nah Sahabat Sehat, itulah mengenai manfaat yoga prenatal bagi ibu hamil. Jika Sahabat Sehat mengalami keluhan selama dirumah saja, segera manfaatkan layanan Chat Dokter Prosehat. Info lebih lengkap silakan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa

Referensi:

  1. Mayoclinic. Prenatal yoga: What you need to know – Mayo Clinic [Internet]. USA : Mayo Clinic. 2021 [updated 2021 Feb 03; cited 2021 June 21]. Available from :: https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/pregnancy-week-by-week/in-depth/prenatal-yoga/art-20047193?p=1
  2. Sweat Studios. The benefits of yoga during pregnancy [Internet]. UK : Sweat Studios. 2020 [updated 2020 June 30; cited 2021 June 21]. Available from: https://sweatstudios.co.uk/the-benefits-of-yoga-during-pregnancy/
  3. Millenia D. Beragam Manfaat Yoga untuk Ibu Hamil Serta Gerakannya yang Bisa Dilakukan Di Rumah [Internet]. Indonesia : Orami. 2021 [updated 2021 April 30; cited 2021 June 21]. Available from: https://www.orami.co.id/magazine/yoga-untuk-ibu-hamil/
  4. Pratignyo T. Yoga Ibu Hamil. Ed 1. Jakarta : Pustaka Bunda; 2014.

Chat Asisten ProSehat aja