Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Efek Berat Badan Seimbang Untuk Kesehatan Jantung

Seperti yang kita semua ketahui, kelebihan berat badan bisa berakibat serius untuk kesehatan tubuh kita. Pernahkan Anda mempertimbangkan manfaat apa saja yang bisa kita dapatkan dari berat badan seimbang? Manfaat – manfaat yang bisa kita dapatkan bukanlah hanya untuk kesehatan fisik tubuh kita saja, tetapi kita juga bisa mendapatkan manfaat positif untuk kesehatan jiwa kita.

Disini kami akan memberikan beberapa contoh manfaat dari berat badan seimbang untuk kesehatan kita. Beberapa manfaat tersebut adalah :

  • Mengurangi Risiko Terkena Penyakit Jantung dan Stoke.

Menurut American Heart Association, ribuan penduduk Amerika meninggal karena penyakit jantung setiap tahunnya. Obesitas atau kegemukan adalah satu dari faktor utama yang dapat dicegah agar terhindari dari penyakit jantung. Turunnya berat badan yang konstan 4kg sampai 9kg dapat menekan risiko berkembangnya penyakit jantung.

Memiliki berat badan ideal yang juga diimbangi dengan melakukan olahraga yang teratur juga dapat membantu mencegah penyakit jantung dan stroke secara alami karena hal tersebut dapat menguatkan otot, melancarkan peredaran darah, meningkatkan kapasitas kerja jantung dan menurunkan tekanan darah. Bahkan kadar kolestrol baik (HDL) juga dapat menekan LDL (kolesterol jahat) Anda.

  • Membantu Mengontrol Diabetes Tipe 2

Disaat keseluruhan lemak dalam tubuh berkurang, gejala diabetes tipe 2 dapat berkurang dengan cepat atau bahkan sampai menghilang. Artinya, dengan memiliki dan mempertahankan berat badan ideal, Anda dapat mengurangi atau bahkan tidak lagi memerlukan pengobatan.

Dan yang perlu anda ketahui juga, Diabetes dan Penyakit Jantung Koroner telah bersahabat dan dapat bekerjasama untuk membunuh anda. Jadi dengan menghindari Diabetes, secara tidak langsung Anda juga telah mengurangi risiko terkena Penyakit Jantung Koroner.

  • Mengurangi Risiko Terkena Kanker

Selama beberapa tahun terakhir, kelebihan berat badan telah menjadi salah satu momok penyebab berbagai jenis kanker. Pada masa pasca menopause, wanita yang terkena diabetes beresiko 50% lebih besar terkena Kanker Payudara dan Penyakit Jantung Koroner.

Sedangkan pada pria yang terkena Obesitas, risiko terkena kanker usus dan Penyakit Jantung Koroner 40% lebih besar daripada yang tidak terkena Obesitas. Obesitas sendiri juga telah dianggap sebagai risiko penyebab kanker rahim, kanker ovarium, kanker leher rahim, kanker prostat dan kanker kantong empedu.

Itu adalah 3 manfaat dari memiliki berat badan tubuh yang ideal terhadap penyakit Jantung. Walaupun menurunkan berat badan bukanlah hal yang dapat dengan mudah dilakukan untuk semua orang, tetapi sangatlah penting untuk orang yang kelebihan berat badan untuk menguranginya. Karena selain dari ketiga manfaat yang telah dijelaskan di atas, masih ada banyak lagi keuntungan atau manfaat yang dapat Anda peroleh dari memiliki berat badan tubuh yang ideal. Jika anda adalah salah satu orang yang terkena Obesitas, mulailah untuk mencoba berkonsultasi dengan para dokter atau ahli gizi untuk mengembangkan pola makan dan olahraga yang tepat untuk anda.

Chat Asisten ProSehat aja