Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Diet Sehat Usia 20-an yang Bisa Kamu Lakukan

Pola hidup sehat adalah suatu hal yang sebagian orang ingin melakukannya tapi masih banyak dari mereka yang mengeluhkan jika hal ini susah dilakukan. Banyak orang beranggapan jika hidup sehat adalah kita benar-benar menghentikan berbagai kebiasaan buruk seperti kebiasaan merokok, mengonsumsi alkohol, ataupun bergadang. Namun, tahukah Sobat jika pola hidup sehat bisa dimulai dari hal sederhana yang ada di dekat kita?

Memang apa sih hal sederhana yang dimaksud di sini? Contohnya adalah berbagai sayuran dan buah sebagai jawaban yang tepat untuk memulai pola hidup yang lebih sehat daripada sebelumnya. Mengonsumsi sayuran dan buah dalam jumlah yang cukup adalah suatu hal yang disarankan mengingat banyaknya manfaat yang bisa kita dapatkan dari kedua hal ini. Selain itu, ada beberapa hal sederhana lainnya yang mudah untuk dilakukan dan pastinya membuat kita semakin sehat lho! Wah yang benar nih? Bukan hanya membuat kita semakin sehat, beberapa hal yang akan kita bahas juga efektif untuk menurunkan berat badan alias kita akan menjalani diet sehat pada usia 20-an.

Nah, daripada semakin penasaran, yuk kita simak penjelasannya berikut ini!

1. Mengurangi konsumsi makanan manis

Hal satu ini adalah hal yang perlu kita ingat karena makanan manis sangat cepat untuk membuat kita menjadi gendut dan pastinya hal ini tidak diinginkan oleh sebagian besar kaum hawa di luar sana. Mengonsumsi makanan manis juga bisa memicu timbulnya berbagai penyakit tertentu, seperti penyakit jantung, diabetes, dan lain-lain.

2. Berolahraga

Hal berikutnya yang tidak boleh kita lupakan adalah pentingnya berolahraga untuk menjaga badan kita tetap fit. Berbagai olahraga pastinya bisa kita lakukan untuk mendapatkan manfaat yang satu ini, contohnya saja seperti meluangkan waktu 20-30 menit untuk bersepeda, jogging, ataupun berenang. Kita juga bisa berolahraga di rumah seperti naik turun tangga, sit-up, push-up, ataupun membeli alat gym tertentu dan kita gunakan di rumah.

3. Perbanyak Makanan berprotein rendah lemak

Seperti yang kita tahu, protein adalah salah satu kebutuhan yang memiliki peran penting untuk tubuh dan harus kita penuhi sehari-hari agar kita dapat beraktivitas dengan optimal dalam sehari. Beberapa contoh makanan yang tinggi akan protein tapi rendah akan lemak adalah berbagai jenis kacang-kacanga, biji-bijian, berbagai olahan kedelai, telur, ataupun sea food. Sebaliknya kita mengurangi atau berhenti mengonsumsi berbagai junk food karena jenis makanan ini justru mengganggu kinerja organ dalam tubuh.

4. Terpenuhinya jam tidur

Meskipun kelihatannya sepele, memiliki waktu tidur yang cukup adalah suatu hal yang tidak boleh kita lupakan bahkan bisa menjadi salah satu cara diet yang tepat. Faktanya, kekurangan jam tidur akan membuat kita rentan terhadap penyakit bahkan memicu timbulnya obesitas. Begadang justru akan memicu nafsu makan dan timbulnya berbagai penyakit seperti gangguan pernafasan, hipertensi, bahkan depresi. Oleh sebab itu setidaknya kita perlu tidur selama 7 hingga 9 jam pada malam hari.

5. Makanan tinggi kalsium

Satu hal lagi yang tidak boleh kita lupakan ketika kita menjalani diet sehat pada umur 20-an adalah mengonsumsi jenis makanan yang kaya akan kalsium, seperti mengonsumsi berbagai produk olahan susu. Kalsium memiliki peran penting khususnya bagi kita yang memasuki usia 20-an, yaitu menjaga tulang tetap kuat dan pastinya mencegah timbulnya berbagai permasalahan sendi dan tulang di masa mendatang atau ketika kita sudah berusia 60 tahun ke atas.

Nah, itu tadi adalah beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk diet sehat dan pas untuk kita yang sudah berusia 20-an. Suatu hal yang mudah untuk diingat dan dilakukan bukan? So, tunggu apalagi untuk memulai diet sehat untuk mendapatkan tubuh ideal sejak dini?

instal aplikasi prosehat

Chat Asisten ProSehat aja