Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

Diet Lambung Bagi Penderita Maag

Siapa yang tidak menginginkan memiliki berat badan yang seimbang? Tubuh juga akan terlihat lebih segar dan sehat dengan berat badan yang pas. Namun, menurunkan berat badan tak selalu dapat berjalan mulus. Ada saja kondisi yang menyebabkan seseorang gagal melakukan diet, salah satunya yaitu dikarenakan penyakit maag atau asam lambung. Penyakit ini dapat menyebabkan nyeri perut. Namun meskipun begitu, penderita maag tetap dapat melakukan diet. Hanya saja perlu diperhatikan pemberian camilan ringan di jam yang tepat. Nah, bagi Anda yang menderita maag, Anda dapat mencoba diet di bawah ini yang aman bagi lambung tapi efektif menurunkan berat badan.

Mengatur Jadwal Makan Yang teratur

Diet yang sangat disarankan bagi Anda yang menderita maag adalah dengan mengatur jadwal makan yang teratur, mulai dari sarapan, makan siang, hingga makan malam. Makan dengan jangka waktu yang teratur ini menjadi prinsip utama bagi bagi yang menderita maag. Cobalah makan dengan porsi yang kecil tapi lebih sering setiap 3 jam sekali. Jangan pernah membiarkan kondisi perut kosong dalam waktu yang terlalu lama. Ini akan menyebabkan gejala maag dapat kambuh. Selain itu, hindari untuk berbaring 2-3 jam setelah makan, ini akan memicu asam lambung naik.

Baca Juga: Tips Makan Sehat Sesuai Jam Makanmu

Lakukan Penurunan Berat Badan Secara Bertahap

Penurunan berat badan tak perlu dilakukan secara drastis. Anda dapat mencapai berat badan yang ideal dalam beberapa tahapan. Misalnya saja, tahapan pertama dapat Anda lakukan dengan menargetkan penurunan berat badan hingga 5-10% atau sekitar 4-9kg dari BB Anda saat ini. Setelah target pertama tersebut tercapai, maka Anda dapat mulai menentukan target kedua dan seterusnya. Paling penting adalah jangan terlalu memaksakan diri untuk menurunkan berat badan dengan ekstrim karena malah akan memperburuk kondisi penyakit maag yang Anda alami.

Hindari Makanan-Makanan Yang Memicu Maag

Hindari untuk mengonsumsi makanan-makanan yang dapat memicu gejala maag seperti makanan yang terlalu pedas, makanan asam, makanan berlemak, mengandung susu tinggi, kafein, dan alkohol.

Perbanyak Camilan Sehat

Ganti camilan Anda sehari-hari dengan buah-buahan segar yang rasanya tidak asam. Ini akan membantu agar perut tidak kosong di waktu yang lama. Selain itu Anda juga dapat meminum susu non fat (tanpa gula) ataupun teh hangat (tanpa gula). Anda dapat memilih cracker yang sehat. Paling penting adalah hindari mengonsumsi makanan olahan dengan minyak maupun santan kental. Konsumsi  snack dapat dilakukan di antara jam-jam makan besar. Dalam seharinya, dapat dilakukan 4 kali pemberian snack. Ini akan sangat mencegah agar maag tidak kambuh meskipun sedang menjalani program diet.

Jangan Lupakan Olahraga

Hal yang terpenting dalam proses pembakaran lemak adalah dengan memperbesar pengeluaran kalori dibandingkan dengan pemasukan kalori. Anda dapat makan seperti biasanya, tapi intensitas olahraga perlu dinaikkan. Anda dapat melakukan olahraga dengan rutin, terutama olahraga yang dapat membantu membakar kalori seperti aerobik, lari, zumba, angkat beban, kardio, lompat tali, dan lainnya. Lakukan olahraga-olahraga tersebut secara rutin setiap harinya sehingga membantu program diet yang Anda lakukan.

Baca Juga: 10 Makanan Penambah Stamina Pria

Selain itu, Anda juga dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter mengenai program diet yang Anda lakukan sehingga nantinya tidak akan berpengaruh pada kondisi penyakit maag Anda. semoga informasi diatas dapat membantu Anda.

instal aplikasi prosehat

Sumber:

lifestyle.kompas(dot)com/read/2011/02/22/07104251/diet.sehat.bagi.penderita.maag
merdeka(dot)com/sehat/sakit-lambung-tapi-ingin-diet-ikuti-cara-aman-ini.html

WhatsApp Asisten Maya saja