Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Dampak Konsumsi Minuman Bersoda Bagi Atlet, Bahaya atau Tidak?

Ditulis oleh : Redaksi Prosehat
Ditinjau oleh : dr. Monica Cynthia Dewi

Ditulis oleh : Redaksi Prosehat

Ditinjau oleh : dr. Monica Cynthia Dewi

Aksi pesepakbola ternama, Christiano Ronaldo menggeser dua botol minuman bersoda saat konferensi pers Euro 2020 mengundang banyak perhatian publik. Lantas, apakah minuman bersoda memang berdampak buruk bagi para olahragawan?
Sahabat Sehat, mengonsumsi minuman bersoda sesekali sebenarnya tidak akan menghancurkan karir seorang atlet. Namun, yang sangat perlu diperhatikan adalah mengonsumsi soda secara berlebihan dan menjadikannya sebuah kebiasaan. Hal ini tentu dapat berdampak pada kenaikan berat badan dan performa saat bertanding. 

Selain itu minuman bersoda tidak memiliki kandungan vitamin maupun mineral yang dapat meningkatkan kinerja tubuh. Jika seorang atlet berniat menaikan berat badan agar lebih ideal, minuman bersoda justru dapat menambah kalori yang tidak dibutuhkan dalam diet yang sedang dijalani. Soda dan minuman berkarbonasi lainnya memiliki konsentrasi kalori lebih dari 10%, sehingga memperlambat proses pengosongan lambung dan menghambat penyerapan cairan.

Baca Juga : Asupan yang Dilarang Dikonsumsi Seorang Atlet

Dampak Konsumsi Minuman Bersoda Saat Berolahraga

Minuman bersoda pada umumnya mengandung kafein dan gula yang dapat memenuhi kebutuhan energi sebelum berolahraga, tetapi dampak buruk minuman berkarbonasi lebih besar dibanding manfaatnya. Sebab, soda dan minuman berkarbonasi lainnya dapat mempengaruhi tubuh Sahabat Sehat selama dan setelah berolahraga. 

Nah Sahabat Sehat, berikut beberapa dampak yang dapat ditimbulkan akibat konsumsi minuman bersoda bagi atlet:

  • Menurunkan Performa Penampilan

Faktanya, konsumsi soda setelah latihan berisiko menurunkan performa penampilan saat pertandingan. Pada sebagian orang, mengonsumsi minuman bersoda dapat menyebabkan sakit perut, kembung, dan perut tidak nyaman. Apabila dikonsumsi dalam jumlah banyak, soda dapat memicu produksi gas di lambung secara berlebihan. Hal ini tentu dapat merugikan Sahabat Sehat yang berprofesi sebagai atlet dan berdampak pada performa saat bertanding.

  • Menaikan Berat Badan

Pada dasarnya, setiap orang melakukan olahraga dengan tujuan untuk menyehatkan tubuh dan menurunkan berat badan. Hal ini menjadi sia-sia jika Sahabat Sehat mengonsumsi minuman bersoda setelah berolahraga, terlebih dalam jumlah banyak karena justru menambah asupan kalori yang tidak dibutuhkan bagi tubuh. Jika Sahabat Sehat berolahraga dan membakar 300 kalori, lalu setelahnya mengonsumsi soda yang mengandung 350 kalori, maka manfaat olahraga yang Sahabat Sehat lakukan menjadi sia-sia.

  • Kadar Gula Darah Tidak Stabil

Kadar gula darah Sahabat Sehat akan turun setelah berolahraga. Namun, dengan mengonsumsi soda setelah berolahraga justru dapat meningkatkan kadar gula darah. Sebab, minuman bersoda mengandung karbohidrat simpleks yang dapat menaikan kadar gula darah dengan cepat. Meski demikian, kadar gula darah dapat turun kembali dengan cepat. Akibatnya, Sahabat Sehat akan mudah merasa lapar dan nafsu makan berlebih.

Baca Juga : Mitos ata Fakta Khasiat Minum Soda bagi yang Telat Menstruasi

  • Memicu Cedera Ginjal Akut

Saat Sahabat Sehat berolahraga di lingkungan yang panas, aliran darah yang melalui ginjal akan berkurang. Mekanisme ini dilakukan tubuh guna membantu mengatur tekanan darah serta menghemat kadar cairan didalam tubuh. Jika Sahabat Sehat mengonsumsi minuman yang mengandung tinggi gula, seperti soda secara berlebihan dapat berdampak pada menurunnya aliran darah yang melalui ginjal sehingga berisiko menyebabkan gangguan fungsi ginjal.

  • Minuman Bersoda Tinggi Natrium

Minuman bersoda mengandung natrium yang dapat mencegah terjadinya kram pada otot serta dapat menjaga keseimbangan elektrolit. Namun sayangnya natrium yang terdapat pada soda memiliki kadar yang cukup tinggi, sehingga jika dikonsumsi berlebihan justru dapat menyebabkan kerusakan pada organ tubuh dan meningkatkan tekanan darah.

Bolehkah Mengonsumsi Minuman Bersoda Usai Olahraga?

Berdasarkan uraian diatas, konsumsi soda usai berolahraga memiliki dampak yang kurang baik bagi tubuh. Perlu Sahabat Sehat ketahui ketika berolahraga, tubuh kehilangan banyak cairan dan elektrolit. Sedangkan minuman bersoda hanya mengandung kadar gula yang tinggi tanpa disertai kandungan elektrolit. Maka, dapat disimpulkan bahwa mengonsumsi minuman bersoda setelah berolahraga bukanlah pilihan yang tepat. Sahabat Sehat dapat memilih air putih maupun air mineral setelah berolahraga. 

Baca Juga : Makanan Sebelum dan Sesudah Olahraga

Nah Sahabat Sehat, itulah mengenai dampak konsumsi minuman soda bagi atlet. Jika Sahabat Sehat ingin berkonsultasi lebih lanjut perihal kesehatan, segera manfaatkan layanan Chat Dokter Prosehat. Info lebih lengkap silakan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa

Referensi:
1. Boldt A. Are Carbonated Beverages Bad for Athletes? [Internet]. Livestrong : USA; [cited 2021 June 17]. Available from :
https://www.livestrong.com/article/519461-are-carbonated-beverages-bad-for-athletes/
2. Bushak L. The Effects of Carbonated Drinks on Exercising [Internet]. Livestrong : USA ; [cited 2021 June 17]. Available
from : https://www.livestrong.com/article/517219-the-effects-of-carbonated-drinks-on-exercising/
3. Jaringan Pemberitaan Nusantara Negeriku. Ingin Minum Soda Setelah Olahraga? Baca ini Dulu deh [Internet]. Indonesia :
Jaringan Pemberitaan Nusantara Negeriku; [cited 2021 June 17]. Available from: https://www.jpnn.com/news/ingin-
minum-soda-setelah-olahraga-baca-ini-dulu-deh?page=2

Chat Asisten ProSehat aja