Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

Cukupi Kebutuhan Vitamin Anak dengan Aneka Macam Makanan ini

Anak. Apa sih yang ada di pikiran kalian ketika mendengar kata yang satu ini? Anak adalah suatu hal yang dinantikan setiap orang tua dan pastinya orang tua ingin selalu anaknya sehat setiap saat. Berbagai hal pun pastinya dilakukan orang tua pastinya siap dilakukan orang tua untuk menjaga kesehatan anak, contohnya saja seperti dengan memperhatikan pola makan anak. Yup, sebagai orang tua kita harus memperhatikan asupan makanan anak dengan baik mengingat anak lebih rentan terhadap berbagai penyakit. Ketika anak mengonsumsi makanan yang belum sesuai dengan umur atau makanan yang dikonsumsi tidak higenis dapat memicu timbulnya penyakit.

Memangnya apa yang perlu kita perhatikan dalam mengatur asupan makan anak? Tentu saja jawabannya kita harus memperhatikan segala kandungannya, mulai dari kandungan vitamin yang ada di dalamnya serta berbagai zat lainnya yang dibutuhkan oleh anak; seperti protein, karbohidrat, lemak, maupun serat dan mineral. Memangnya seberapa banyak vitamin yang dibutuhkan anak dalam sehari? Apa jadinya jika kebutuhan vitamin anak tidak terpenuhi dengan baik?

Vitamin merupakan salah satu zat yang dibutuhkan oleh seseorang setiap harinya agar tubuhnya kebal terhadap berbagai penyakit. Layaknya orang dewasa, kita juga perlu memenuhi kebutuhan vitamin anak setiap hari agar daya tahan tubuhnya kuat dan pastinya jauh dari kata terserang penyakit. Namun, sebenarnya makanan apa saja yang dapat memenuhi kebutuhan vitamin anak dengan baik? Nah, daripada semakin penasaran mengenai makanan apa yang sebaiknya dikonsumsi anak agar kebutuhan vitaminnya bisa tercukupi, yuk kita simak penjelasannya yang satu ini!

1. Susu kedelai

Siapa sih di antara kita yang suka mengonsumsi susu? Jenis susu apakah yang kalian suka konsumsi? Yup, seperti yang kita tahu, terdapat banyak susu yang beredar di pasaran dan kita bisa memilih jenis susu sesuai dengan kebutuhan dan pastinya kita akan mendapat manfaat dari susu tersebut. Susu kedelai adalah salah satu susu yang sering dipilih orang tua untuk anaknya, di mana susu kedelai adalah sumber makanan hewani yang kaya akan kandungan vitamin B12. Kekurangan vitamin B12 dampaknya akan fatal untuk tubuh, seperti kulit yang menjadi pucat, daya tahan tubuh yang lemah serta menyebabkan rasa lelah yang lebih cepat daripada sebelumnya. Kemudian, kekurangan vitamin B12 akan menyebabkan gangguan pada saraf seperti kesemutan, baal, kelemahan otot serta kesulitan untuk berjalan. Selain dari susu kedelai, orang tua bisa memenuhi kebutuhan vitamin B12 anak dari berbagai sayuran hijau lainnya ataupun dari ganggang laut.

2. Bayam

Bayam termasuk dalam golongan sayuran hijau yang pastinya memiliki banyak kandungan vitamin untuk anak kita. Menariknya lagi, bayam sudah bisa dikonsumsi mulai anak menginjak usia 6 bulan yang berarti kita tidak perlu khawatir lagi mengenai anak akan kekurangan pasokan vitamin dalam kesehariannya. Memangnya apa saja vitamin yang ada pada bayam? Eits jangan salah, meskipun sayuran ini murah tetapi terdapat banyak vitamin yang tersembunyi di dalamnya seperti vitamin A dan vitamin B, asam folat, fosfor, zat besi, serta kalsium.

3. Jamur

Siapa yang suka mengonsumsi jamur? Apakah kalian tahu jika mengonsumsi jamur dengan rutin dapat memenuhi kebutuhan vitamin anak? Yup, sayuran yang satu ini juga mampu memenuhi kebutuhan salah satu vitamin untuk anak, lebih tepatnya memenuhi kebutuhan vitamin D. Bukan hanya vitamin D saja, jamur juga memiliki kandungan vitamin B5 dan tembaga yang tinggi untuk memenuhi kebutuhan anak sehari-hari.

4. Alpukat

Siapa sih yang tidak kenal dengan buah yang satu ini? Apakah Anda rutin untuk memberi asupan buah terhadap anak Anda? Seperti halnya orang dewasa, anak juga membutuhkan asupan 4 sehat 5 sempurna agar kesehatan tubuhnya tetap terjaga dan pastinya jauh dari berbagai penyakit. Salah satu buah yang bisa diberikan pada anak sejak dini adalah buah alpukat, di mana setengah dari potongan buah alpukat atau 2 mg alpukat banyak mengandung vitamin E dan pastinya mampu memenuhi kebutuhan vitamin anak sehari-hari. Kita juga bisa memberikan alpukat pada anak dalam bentuk jus ataupun dalam bentuk potongan buah.

Nah, itu tadi adalah beberapa jenis makanan yang bisa kita berikan untuk memenuhi kebutuhan vitamin anak sehari-hari. Berbagai jenis makanan tersebut tidak sulit untuk didapatkan bukan? Memenuhi kebutuhan vitamin anak sangatlah penting untuk menjaga daya tahan tubuh agar kuat dan pastinya meminimalisir datangnya berbagai penyakit membahayakan pada anak. So, pastinya sekarang sudah tahu kan bagaimana cara membuat anak lebih ceria dan sehat daripada sebelumnya?

Referensi:
merdeka.com/sehat/penuhi-kebutuhan-vitamin-d-dengan-5-makanan-ini.html
kumparan.com/@kumparanmom/5-makanan-kaya-vitamin-untuk-bayi-usia-6-bulan

WhatsApp Asisten Maya saja