Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

Checklist Persiapan Kesehatan Agar Travelling Sukses

Liburan. Siapa sih yang tidak senang ketika mendengar kata ini? Kapan sih terkahir kali kalian liburan? Liburan adalah suatu hal yang dinanti-nantikan oleh semua orang karena  merupakan saat di mana kita terbebas dari semua kewajiban dan kita bisa menikmati hari-hari dengan bersantai. Bukan suatu hal yang baru pula jika liburan adalah suatu hal yang dinantikan oleh semua orang dan tentu saja kita harus mempersiapkan banyak hal sebelum berangkat.

Memangnya apa yang kita perlu siapkan sebelum berangkat liburan? Tentu saja banyak! Contohnya saja kita perlu mempersiapkan pakaian yang cukup dan lebih baik lagi jika kita menyiapkan pakaian lebih sebagai antisipasi jika terjadi hal yang tidak diinginkan – seperti pakaian yang tiba-tiba basah karena hujan ataupun insiden lainnya. Bukan hanya pakaian, kita juga perlu mempersiapkan biaya dengan baik sehingga kita tidak kehabisan uang ketika bepergian dan pastinya hal ini akan merepotkan kita nantinya.

Apakah hanya hal ini saja yang perlu kita siapkan ketika akan pergi liburan? Tentu saja tidak! Ada satu hal lagi yang tidak boleh kita lupakan ketika akan pergi berlibur, yaitu persiapan kesehatan. Yup, melakukan persiapan kesehatan sama pentingnya kita dengan mempersiapkan pakaian dan biaya karena pastinya tidak ada yang mau jatuh sakit ketika pergi berlibur. Bila kita sakit saat ketika bepergian karena akan menyebabkan gagalnya beberapa hal yang sudah direncanakan sebelumnya.

Lalu, apa saja persiapan kesehatan yang harus kita siapkan sebelum kita pergi berlibur? Apakah hanya melakukan cek kesehatan ke dokter sebelum beberapa hari keberangkatan sudah cukup? Apa yang perlu kita lakukan selama berlibur supaya tidak jatuh sakit? Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas beberapa hal yang harus kita persiapkan dengan baik sebelum pergi berlibur dan kita bisa membuat checklist dari berbagai hal ini supaya kegiatan liburan kita berjalan dengan lancar. Daripada semakin penasaran mengenai apa saja yang harus kita persiapkan, yuk mending kita simak penjelasannya yang satu ini!

  1. Melakukan vaksinasi flu

Seperti yang kita tahu, flu adalah salah satu penyakit yang sangat mudah menular dari satu orang ke orang lainnya dan bukan suatu hal yang baru pula jika flu adalah penyakit yang sering menyerang kita yang sedang pergi berlibur. Flu dapat menjadi penyakit yang mengganggu aktivitas liburan kita terlebih ketika kita tidak segera memberikan penanganan terhadap penyakit ini, salah-salah kita bisa harus berdiam diri di kamar hotel bahkan rumah sakit. Pastinya kita tidak ingin hal ini terjadi, bukan? Nah, untuk mencegah hal ini terjadi, kita bisa melakukan vaksinasi flu terlebih dahulu  yang bisa dilakukan setidaknya satu atau dua minggu sebelum perjalanan. Bentuk dari vaksin flu ini berupa suntikan yang akan disuntikkan pada lengan atas Sobat.

  1. Berkonsultasi dengan dokter

Hal yang satu ini sangatlah disarankan mengingat kita tidak bisa bertemu dengan dokter yang biasa menangani kita selama liburan berlangsung. Berkonsultasi dengan dokter sebelum pergi liburan merupakan langkah cerdas karena kita bisa mengetahui obat apa saja yang aman untuk dikonsumsi ketika kita jatuh sakit dan pastinya sesuai tubuh kita masing-masing. Ceritakan riwayat kesehatan Sobat pada dokter karena tidak semua obat cocok untuk satu orang dengan orang lainnya.

  1. Menggunakan asuransi perjalanan wisata

Apakah  kalian biasa menggunakan asuransi perjalanan wisata ketika berlibur ke suatu tempat? Jenis asuransi yang satu ini biasanya dipilih oleh seseorang ketika mereka bepergian dalam jarak jauh, contohnya saja ketika kita akan pergi berlibur ke luar negeri utnuk memiliki asuransi perjalanan wisata adalah hal yang sangat disarankan. Kenapa begitu? Tentu saja jawabannya karena memiliki asuransi memberikan keamanan tersendiri bagi kita sehingga sewaktu-waktu kita jatuh sakit, tidak perlu pusing lagi memikirkan biaya yang harus dikeluarkan. Asuransi perjalanan wisata ini bisa kita dapatkan dari agen travel liburan dan pastinya dibanderol dengan harga yang bervariasi dan bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan.

  1. Memperhatikan makanan yang kita konsumsi

Yup, makanan adalah salah satu tujuan lain ketika kita pergi berlibur setelah kita mendapatkan pemandangan ataupun waktu bersantai yang kita inginkan. Bahkan, saat ini banyak dari kita yang pergi ke suatu tempat karena tertarik dengan makanan khas dari daerah tertentu dan bukan suatu hal yang mengherankan jika kita bisa menghabiskan banyak biaya untuk menikmati jenis makanan tertentu. Namun, apakah kalian memperhatikan kebersihan dari makanan yang dikonsumsi? Seringkali ketika kita kurang memperhatikan kebersihan dari makanan yang kita beli – dan ketika kebersihannya kurang terjaga maka kita bisa jatuh sakit. Sakit perut hingga diare bukanlah suatu hal yang baru ketika kita salah makan ketika berpergian. Bukan hanya saat berlibur saja kita perlu memperhatikan jenis makanan yang kita konsumsi, tapi setiap hari hendaklah kita menghindari konsumsi berbagai makanan yang dapat mengganggu sistem pencernaan kita

  1. Memenuhi kebutuhan cairan tubuh

Hal terakhir yang perlu kita masukkan dalam checklist persiapan kita sebelum berlibur adalah untuk tetap memenuhi kebutuhan cairan tubuh setiap waktu. Yup, hal ini sangatlah penting untuk dilakukan mengingat ketika kebutuhan cairan kita tidak terpenuhi dalam sehari maka kita akan berisiko mengalami dehidrasi. Dehidrasi akan menjadi halangan untuk kita dalam mendapatkan liburan yang menyenangankan dan sebaliknya kita harus berdiam diri di kamar hotel ataupun rumah sakit hingga badan kita kembali fit. Pastinya kita tidak ingin hal ini terjadi bukan? Konsumsilah air putih dengan cukup dalam sehari, setidaknya 2 liter atau 8 gelas air putih.

Nah, itu tadi adalah beberapa hal yang bisa kita masukkan dalam checklist persiapan kesehatan sebelum kita berlibur. Mempersiapkan kesehatan kita dengan baik adalah suatu hal yang sangat penting untuk dilakukan terlebih ketika kita ingin kegiatan berlibur kita dapat berjalan dengan lancar. Pastinya sekarang sudah tidak bingung lagi, kan bagaimana cara untuk menjaga tubuh tetap fit selama liburan? So, kapan kalian akan berangkat liburan?

Untuk sobat yang ingin melakukan vaksinasi flu dan tidak mau antri atau capek maka sobat bisa memesannya di prosehat. Berbagai layanan vaksinasi dan kebutuhan kesehatan kamu juga tersedia di Prosehat. Instal aplikasinya dan dapatkan berbagai kelebihan dari ProSehat. Ingat Sehat Ingat Prosehat.

instal aplikasi prosehat

Produk Terkait

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked