Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Cegah Keluarga Terkena Malaria Saat Liburan ke Papua dan Nusa Tenggara

Liburan ke daerah tropis dengan pegunungan seperti Bali, Lombok, Papua, Nusa Tenggara, Hawaii, atau bahkan Afrika Selatan menjanjikan pengalaman liburan yang menakjubkan. Terutama jika Anda dan keluarga sudah bosan dengan udara lembab dan membutuhkan sedikit sengatan sinar matahari dan birunya pantai dan langit. Membawa anak berlibur ke daerah tropis pasti lebih menyenangkan. Walaupun begitu, Anda harus tetap memperhatikan beberapa hal sebelum merencanakan liburan ke Papua atau Nusa Tenggara contohnya. Waspadai malaria yang menjadi infeksi paling umum ditemukan di daerah tropis.

Baca Juga: 6 Persiapan Kesehatan untuk Pergi Liburan

Sekitar 40% penduduk Asia Tenggara berisiko untuk terkena malaria. Penyakit yang disebabkan oleh parasit Plasmodium sudah menyebabkan 627. 000 kematian di tahun 2012. Di Indonesia sendiri tercatat pada tahun 2012, terdapat 417.819 kasus positif malaria dan 70% kasus ditemukan di Indonesia bagian timur.

prosehat malaria

Apa Itu Malaria?

Penyakit malaria disebabkan oleh parasit Plasmodium yang ditularkan melalui vektor nyamuk Anopheles. Nyamuk ini menggigit terutama pada saat subuh dan sore menjelang malam. Jadi ketika Anda berencana mengunjungi daerah tropis, cari tahu terlebih dahulu apakah daerah tersebut daerah endemis malaria atau bukan. Karena nyamuk Anopheles ini berkembang biak pada air dan masing-masing spesies memiliki kebiasaan yang berbeda untuk pemilihan tempat berkembang biaknya. Tempat berkembang biak yang cukup sering ditemukan adalah pada air dangkal seperti genangan air, sawah dan air yang tergenang pada bekas jejak hewan ternak.

Baca juga: Korban Hepatitis A Mahasiswa IPB Karena Sanitasi atau Minimnya Kesadaran

Cegah anak terkena malaria saat berlibur ke daerah tropis dengan beberapa tips ini:

1. Ketika sampai di penginapan atau bungalow di pinggir pantai, pencegahan malaria dapat dilakukan dengan membunuh nyamuk Anopheles yang merupakan pembawa penyakit tersebut yaitu dengan cara menutup pintu dan jendela pada sore hari untuk mencegah masuknya nyamuk ke dalam rumah, menggunakan repelen, kawat nyamuk, kelambu, atau obat nyamuk.

2. Pilih penginapan yang bersih dengan sanitasi yang baik dan jauh dari saluran air. Terlihat merepotkan memang, tapi worth trying. Inilah alasan mengapa terdapat perbedaan dari segi jumlah bintang pada akomodasi dan perhotelan.

3. Konsultasi dengan dokter Anda sebulan sebelum liburan ke daerah tropis/endemis malaria perihal obat-obatan yang bisa diminum oleh Anda, terutama anak-anak Anda.

klik di sini beli p3k keluarga

Beli di sini: Paket P3K Liburan Keluarga

4. Kenali gejalanya sejak dini sehingga ketika sampai di tempat liburan Anda dapat segera mengidentifikasi jenis penyakitnya, apakah benar malaria atau bukan. Untuk gejalanya sendiri yang khas adalah pola demamnya yang diawali dengan menggigil biasanya pada siang hari sekitar pukul 11-12 dan menggigil selama 15 menit sampai 1 jam (stadium dingin). Setelah itu demam mencapai suhu tinggi hingga 41°C, yang berlangsung selama 2 sampai 6 jam (stadium panas).

5. Ketika di stadium panas, demam diikuti dengan produksi keringat yang melimpah dan demam berangsur turun dalam 2-4 jam. Demam ini kemudian dapat terlihat setelah infeksi sudah menetap selama 1 minggu.

6. Gunakan pakaian lengan panjang pada siang hari. Risiko mengunjungi daerah endemis malaria adalah Anda benar-benar harus melindungi diri Anda dan keluarga dari gigitan nyamuk.

7. Gunakan obat anti repellent nyamuk yang memang dianjurkan oleh dokter Anda dan benar-benar dapat melindungi Anda dari gigitan nyamuk.

8. Ketika menginap bukan di hotel berbintang, bawa kelambu yang sudah dilindungi dengan insektisida ddt agar terhindar dari jenis serangga dan nyamuk jenis apapun.

Baca Juga: 5 Tempat Liburan Ramah Anak di Jakarta dan Sekitarnya

Perlindungan yang dapat Anda lakukan agar keluarga terhindar dari malaria saat liburan adalah dengan melakukan pencegahan yang optimal sebelum berlibur ke daerah tropis. Dengan persiapan yang matang, Anda dapat cegah liburan berujung penyakit fatal seperti malaria.

Sobat bisa memanfaatkan layanan vaksinasi travel dari Prosehat yang bisa mencegah datangnya penyakit saat traveling. Layanan vaksinasi ini juga bisa dilakukan di rumah. Layanan ini mempunyai banyak keunggulan, yaitu:

  • Produk dijamin asli
  • Ditangani oleh dokter yang profesional dan berizin resmi
  • Ada tanya jawab dengan Asisten Kesehatan Maya
  • Proses pembayaran yang mudah dan dapat dicicil
  • Jadwal vaksinasi yang fleksibel
  • Dokter akan mengunjungi lokasi sesuai perjanjian

Apabila Sobat memerlukan informasi lebih lanjut, silakan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

klik di sini ebook p3k keluarga

Free Download E-book P3K Keluarga: Tips dan Checklist Jaga Daya Tahan Tubuh Saat Liburan

Referensi:

Chat Asisten ProSehat aja