Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

Cara Periksa Sendiri (SADARI) Gejala Kanker Payudara

Kanker yang satu ini merupakan kanker yang banyak ditakuti oleh wanita. Selain fungsi estetika, kesehatan payudara juga menunjukkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Kanker payudara dapat terjadi oleh semua wanita, untuk itu para wanita dianjurkan agar dapat melakukan pemeriksaan payudara sendiri (biasa disebut SADARI). Memeriksa kesehatan payudara sejak dini akan memudahkan dokter untuk menangani kanker tersebut.

 

Pemeriksaan payudara sendiri dapat dilakukan oleh wanita yang memasuki usia 20 tahun. Para wanita sangat diharapkan untuk melakukannya sendiri, karena mereka pasti mengenal payudara normalnya. Sehingga, apabila ada benjolan atau hal tidak normal lainnya mereka akan langsung menyadarinya.

 

Saat yang paling tepat untuk melakukan pemeriksaan sendiri adalah pada hari ke-5 s.d hari ke-7 setelah menstruasi. Dilakukan saat payudara tidak membesar,mengeras, atau nyeri. Untuk wanita yang tidak mengalami menstruasi lagi, mereka dapat melakukannya kapan saja. Pemeriksaan ini disarankan untuk dilakukan secara berkala setiap awal atau akhir bulan, terutama bagi wanita yang berusia muda.

 

Langkah-langkah melakukan SADARI  adalah :

  1. Posisikan bahu lurus sejajar, letakkan tangan anda di pinggang. Mulailah dengan mengamati bentuk payudara Anda di cermin. Perhatikan bentuk, ukuran, dan warnanya. Kelainan yang mungkin ditemukan seperti benjolan, kerutan, lekukan, posisi puting yang tidak normal, atau struktur kulit yang tidak normal (merah, kasar, berkerut), atau bahkan nyeri.

 

  1. Angkat bersamaan kedua lengan anda untuk melihat kelainan bentuk payudara anda lagi. Pastikan payudara terangkat bersamaan saat kedua lengan di angkat.

 

  1. Dengan menggunakan ujung jari, tekan perlahan permukaan payudara Anda, dan rasakan apakah ada benjolan mencurigakan. Rabalah sesuai dengan pola: melingkar, dari atas ke bawah, dari tengah ke samping, sampai area ketiak (anda juga bisa menambahkan pola diagonal pada langkah ini). Ulangi kegiatan tersebut di kedua payudara anda.

 

  1. Peras puting Anda secara perlahan, lihatlah apakah ada keluar cairan berwarna putih, atau kekuningan, atau bahkan darah.

 

Untuk melakukan SADARI anda juga dapat berada di posisi berbaring. Ganjallah separuh punggung anda (sisi payudara yang mau diperiksa) dengan bantal. Taruhlah tangan Anda dibelakang kepala. Lalu gunakan ujung jari tangan Anda yang berlawanan untuk memeriksa.

 

Apabila anda menemukan benjolan atau keganjilan saat melakukan SADARI, konsultasikan dengan segera pada dokter. Saat konsultasi, dokter akan melakukan pemeriksaan ulang dan menyarankan anda untuk menjalani beberapa pemeriksaan penunjang yang lebih mendetil.

 

Demikian artikel mengenai “Cara Periksa Sendiri Gejala Kanker Payudara“. Sewajarnya sebagai wanita kita mengatahui cara tersebut, hal ini juga demi kesehatan tubuh kita sendiri. Nantikan artikel lain kami untuk mendapatkan informasi kesehatan tubuh yang bermanfaat lainnya.

Diulas oleh: dr. Anindi Putri Harjanti

WhatsApp Asisten Maya saja