Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

5 Cara Paling Aman Cukur Bulu Kemaluan Supaya Tidak Gatal

Ditulis oleh : Redaksi Prosehat
Ditinjau oleh : dr. Monica C

Panduan Cara Cukur Bulu Kemaluan Supaya Tidak Gatal Setelah Dicukur

Sebenarnya ada cara cukur bulu kemaluan supaya tidak gatal sehabis mencukur. Karena rasa gatal ini terjadi karena kesalahan cara cukur. Terutama kesalahan dalam penggunaan alat cukur yang tidak bersih.

Kesalahan tidak boleh terjadi saat mencukur bulu kemaluan. Area kemaluan adalah area yang cukup sensitif. Oleh sebab itu, kegiatan mencukur bulu kemaluan harus dilakukan dengan hati-hati, dan pastikan menggunakan peralatan yang steril.

Cara Cukur Bulu Kemaluan Supaya Tidak Gatal

Saat memasuki usia pubertas kadar hormon androgen dalam tubuh akan meningkat sehingga mengakibatkan pertumbuhan rambut di beberapa bagian tubuh, termasuk bulu kemaluan dan ketiak. Sebagian dari Sahabat Sehat mungkin pernah merasa terganggu dengan bulu kemaluan yang tumbuh dengan lebat. Mencukur bulu kemaluan kerap menjadi pilihan sejumlah orang.

Keluhan paling umum saat maupun setelah mencukur bulu kemaluan adalah munculnya rasa gatal. Rasa gatal ini sebenarnya bisa dicegah maupun diatasi dengan cara:

Pilih Alat Cukur yang Tepat dan Steril

Ada dua alat cukur yang dapat Sahabat Sehat temukan di pasaran, yakni alat cukur elektrik dan alat cukur sekali pakai atau manual. Agar dapat menjangkau lipatan atau lekukan di area kelamin, sebaiknya pilihlah alat cukur manual yang memiliki desain lebih fleksibel. Selain itu, alat cukur manual ini juga lebih mudah untuk digerakkan sehingga meminimalisir cedera pada area intim.

Pastikan untuk selalu menggunakan pisau cukur yang steril dan hindari penggunaan alat cukur bersama dengan orang lain. Hal ini untuk mencegah berbagai penyakit yang kerap menular melalui penggunaan peralatan eperti handuk dan alat cukur.

Basuh Kemaluan Dengan Air Sebelum Mencukur

Mandi atau berendam dengan air hangat sebelum mencukur bulu kemaluan dapat melembabkan dan melembutkan kulit, sehingga akan mempermudah bulu kemaluan untuk dicukur. Jika tak sempat, Sahabat Sehat dapat membasuh area kemaluan dengan air hangat sebelum mencukur bulu kemaluan.

Jika dirasa diperlukan, ada baiknya juga sebelum dibasuh untuk mencuci dengan sabun terlebih dahulu. Hal ini untuk memastikan tidak ada bakteri di sekitar area kemaluan yang berpotensi menginfeksi ketika terjadi luka akibat kesalahan cukur.

Oleskan Krim Cukur

Selain membasuh dengan air hangat, Sahabat Sehat juga dapat mengoleskan krim khusus untuk mencukur (shaving cream) pada bulu kemaluan dan biarkan beberapa menit hingga meresap. Sebaiknya pilihlah krim cukur atau gel yang mengandung moisturizer agar terhindar dari rasa gatal, kulit kering, iritasi, atau jerawat setelah mencukur.

Walaupun sudah menggunakan krim cukur, pastikan untuk tetap berhati-hati saat mencukur.

Gunakan Teknik yang Tepat

Agar lebih mudah sebaiknya gunting terlebih dahulu bulu kemaluan yang panjang sebelum mencukurnya. Setelah terlihat cukup pendek, tarik kulit area kemaluan dan cukur bulu searah dengan arah pertumbuhannya secara perlahan (dari atas ke bawah). Hindari mencukur bulu kemaluan dengan arah yang berlawanan.

Hindari menggunakan pinset untuk menarik bulu kemaluan karena berpotensi dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

Lakukan Perawatan Setelah Mencukur

Untuk mencegah terjadinya iritasi setelah mencukur, Sahabat Sehat dianjurkan membersihkan area kemaluan dengan membasuh kemaluan menggunakan air hangat dan keringkan dengan cara menepuk perlahan menggunakan handuk bersih. Hindari menggosok maupun menggaruk kemaluan.

Selanjutnya, Sahabat Sehat dapat mengoleskan baby oil atau lotion dengan kandungan aloe vera pada area kemaluan. Hindari menggunakan krim atau lotion yang mengandung pewangi dan alkohol karena dapat memicu iritasi dan menimbulkan rasa perih pada kulit.

Jika Tetap Muncul Rasa Gatal Setelah Cukur Bulu Kemaluan

Walaupun sudah melakukan semua cara cukur bulu kemaluan supaya tidak gatal di atas, namun kemungkinan terasa gatal masih mungkin terjadi. Oleh sebab itu, beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa gatal tersebut antara lain:

  1. Berendam pada air hangat
  2. Kompres dengan air dingin
  3. Oleskan dengan losion yang tidak mengandung bahan membuat gatal
  4. Keringkan dengan handuk kering atau hair dryer
  5. Oleskan dengan cuka apel

Perhatian: Jika rasa gatal tidak hilang meski sudah beberapa lama, ada baiknya untuk segera berkonsultasi pada dokter agar bisa segera mendapatkan penanganan.

Meski menghilangkan bulu kemaluan dengan dicukur merupakan hal yang mudah dan aman. Berikut adalah beberapa cara lain yang dapat Sahabat Sehat coba untuk menghilangkan bulu kemaluan, yaitu dengan krim penghilang bulu (depilatori), waxing, laser dan IPL (Intense Pulse Light), maupun elektrolisis (dengan alat panas untuk menghancurkan akar rambut).

Nah Sahabat Sehat, itulah tips dan cara cukur bulu kemaluan supaya tidak gatal. Untuk menjaga kebersihan kemaluan, sebaiknya lakukan beberapa tips berikut :

  • Rutin membasuh kemaluan dengan air bersih, dari arah depan ke belakang
  • Ganti pakaian dalam jika terasa lembab
  • Hindari menggaruk kemaluan
  • Hindari berganti pasangan seksual
  • Hindari menahan buang air kecil
  • Pilih pakaian dalam yang menyerap keringat

Jika Sahabat Sehat memerlukan produk pembersih kemaluan, segera manfaatkan layanan pesan-antar Prosehat. Informasi lebih lanjut hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik https://www.prosehat.com/wa.

Referensi:

  1. American Academy of Dermatology. 7 ways to remove unwanted hair [Internet]. USA : American Academy of Dermatology. 2021 [updated 2021 Sep 13; cited 2021 Oct 04].
  2. Center for Young Women’s Health. How safe is it to shave pubic hair? [Internet]. USA : Center for Young Women’s Health. 2020 [updated 2020 June 02; cited 2021 Oct 04].
  3. Center for Young Women’s Health. Removing Pubic Hair [Internet]. USA : Center for Young Women’s Health. 2021 [updated 2021 May 23; cited 2021 Oct 04].
  4. Medical News Today. Best ways to remove pubic hair: Safely and at home [Internet]. USA : Medical News Today. 2020 [updated 2020 May 04; cited 2021 Oct 04].
  5. Healthline. Best Way to Remove Pubic Hair at Home with Minimal Pain [Internet]. USA : Healthline. 2019 [updated 2019 March 15; cited 2021 Oct 04].

Chat Asisten ProSehat aja