Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

11 Cara Ampuh Cegah Flu yang Aman dan Tepat

Flu merupakan salah satu penyakit yang paling sering kita jumpai.  Flu biasanya muncul di pergantian musim, misalnya dari musim kemarau ke musim hujan. Flu dapat menyerang siapa saja, baik anak-anak maupun orang tua. Meskipun flu bukan penyakit yang berat, tetapi flu dapat mengakibatkan kesulitan dalam beraktivitas. Sebelum terkena flu, ada baiknya jika kita melakukan pencegahan terlebih dahulu. Berikut adalah cara ampuh mencegah flu yang bisa Sobat coba:

  1. Kumur-kumur

Virus penyebab flu akan menyerang saluran pernafasan sehingga dengan melakukan kumur-kumur secara rutin akan mengurangi resiko terkena flu. Mulut dan tenggorokan yang bersih akan terhindar dari berbagai macam penyakit yang menyerang saluran pernafasan. Bahkan menurut  studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Preventive Medicine mengatakan bahwa berkumur mampu mencegah terjadinya infeksi saluran pernafasan, termasuk flu.

2. Mengkonsumsi sup ayam

Sup ayam yang hangat dan mengandung banyak rempah berkhasiat seperti bawang putih akan membuat tubuh menjadi lebih rileks dan mencegah terjadinya flu. Sup ayam mampu melambatkan gerakan neutrofil yang merupakan salah satu tanda infeksi akut.

Namun, ingatlah untuk tidak menambahkan penyedap rasa atau micin yang justru dapat mengakibatkan tenggorokan menjadi tidak nyaman. Gunakan bahan-bahan alami dan kaldu ayam asli yang mengandung  vitamin, mineral, protein, gelatin yang berfungsi dalam proses penyembuhan flu. Tambahkan sayuran untuk menambah khasiat dari sup ayam tersebut.

3. Rajin cuci tangan

Meskipun terdengar sepele, tetapi kebiasaan mencuci tangan sangat berpengaruh pada kesehatan. Seringkali aktivitas yang kita lakukan secara tidak sadar mengakibatkan tangan kita penuh dengan virus dan bakteri, cuci tanganlah setiap selesai melakukan aktivitas atau sebelum makan akan mencegah Sobat terkena berbagai macam penyakit, terutama flu.

Penyebaran virus flu dari tangan orang yang terjangkit dapat disebarkan melalui benda yang digunakan secara bersamaan, misalnya pegangan pintu atau mesin finger print. Cuci tangan dapat membuat virus terbunuh sehingga Sobat dapat bebas dari flu.

4. Minum yang cukup

Salah satu hal yang membuat tubuh kita mudah diserang oleh penyakit adalah kurang minum. Kebiasaan kurang minum ini akan menyebabkan tenggorokan kering dan mudah terinfeksi oleh bakteri dan virus. Konsumsi air putih yang cukup akan membuat tubuh terutama tenggorokan terhidrasi dengan baik dan terhindar dari serangan virus flu.

5. Vitamin C

Vitamin C adalah pencegahan flu yang paling ampuh dan murah. Bila Sobat mengonsumsi vitamin C sebanyak 500 mg setiap harinya, kemungkinan tubuh Sobat akan terhindar dari serangan virus flu. Vitamin C juga berfungsi sebagai anti oksidan yang membantu tubuh terlindungi dari berbagai macam bahaya radikal bebas.

6. Istirahat yang cukup

Jangan sepelekan jam tidur Sobat karena dengan mendapatkan istirahat yang cukup, maka Sobat akan mendapatkan perlndungan dari berbagai macam penyakit, seperti flu. Tidur yang cukup juga sangat diperlukan bagi mereka yang telah terkena flu. Tidurlah setidaknya 8 jam dalam sehari untuk mendapatkan kualitas kesehatan yang baik.

7. Olahraga

Hal lain yang harus dilakukan untuk mencegah terkena flu adalah olahraga secara rutin. Olahraga bukan hanya akan menjauhkan diri dari virus flu, tapi juga penyakit lainnya. Olahraga membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kebal terhadap serangan virus dan bakteri. Lakukan olahraga minimal seminggu sekali selama 30 menit untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Sobat tidak perlu melakukan olahraga yang berat, cukup lakukan yang ringan saja seperti jogging.

  1. Perbanyak makan buah

Selain mengkonsumsi vitamin C, Sobat juga bisa mengkonsumsi berbagai macam buah yang jauh lebih alami dibandingkan dengan suplemen vitamin C. Sobat bisa mengkonsumsi tomat, jeruk, jambu biji, apel, dan buah lainnya untuk dapat mencegah flu. Buah-buahan juga sangat baik untuk kesehatan pencernaan.

9. Hindari rokok dan alkohol

Kandungan nikotin yang terdapat dalam rokok dapat menyebabkan luka pada saluran pernafasan sehingga sangat mudah diserang oleh virus dan bakteri. Begitu pula dengan alkohol yang menyebabkan kerusakan pada mukosa atau selaput lendir di mulut dan tenggorokan. Hindari rokok dan alkohol untuk mencegah terkena flu.

  1. Hindari tempat ramai

Meskipun terdengar sulit, tapi sebisa mungkin hindarilah tempat yang ramai, seperti pasar, mall, stasiun, dan tempat lainnya. Hal ini dikarenakan virus flu sangat mudah disebarkan melalui udara. Jika tidak bisa menghindari keramaian, terutama pada musim penyakit, gunakanlah masker sebagai pencegahan pertama.

11. Hindari terlalu sering menyentuh wajah

Ketika kita menyentuh wajah, baik itu bagian pipi, hidung, maupun mulut, maka setiap jenis kuman dan bakteri yang ada di telapak tangan Sobat akan berpindah ke wajah, termasuk virus penyebab flu. Hindarilah menyentuh wajah Sobat terlalu sering, terutama jika Sobat melakukan kontak dengan orang yang sedang flu atau berada di tempat umum yang menyebabkan Sobat harus menyentuh banyak benda, seperti tangga atau pegangan pintu.

12. Menggunakan Vaksinasi Flu

Melakukan vaksinasi flu terbukti ampuh bisa meminimalisir terjadinya flu pada diri sobat. Vaksinasi ini biasanya rutin dilakukan 1 x setahun untuk menjaga tubuh sobat terhindar dari flu.

Itulah beberapa cara ampuh untuk mencegah terkena flu. Flu bisa menjangkiti siapapun, untuk itulah kita harus lebih waspada terhadap berbagai bentuk serangan virus flu. Gunakan masker ketika berada dalam satu ruangan orang yang terkena flu dan seringlah cuci tangan untuk menghindari penularan virus flu.

Demikianlah artikel tentang flu yang singkat ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat dan keluarga. Terima kasih.

Chat Asisten ProSehat aja