Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Berlibur dengan Mereka yang Berkursi Roda

Menjelang liburan panjang setiap keluarga yang tinggal bersama difabel pasti merasakan kecemasan karena kesulitan untuk membawa mereka yang berkursi roda. Jangan khawatir. Jika orang tua atau anak Anda berkursi roda, Anda masih dapat mengakali liburan tanpa harus meninggalkan mereka di rumah. Berikut tips dan trik berlibur bersama mereka yang berkursi roda.

difabel

Apa Itu Difabel?

Sebelum masuk ke pembahasan, ada baiknya Anda mengetahui sedikit tentang difabel atau disabilitas yang merupakan istilah untuk gangguan, keterbatasan aktivitas, dan pembatasan partisipasi yang diakibatkan oleh kelainan fisik dan/atau mental. Tunadaksa adalah keadaan yang menghalangi kegiatan dan partisipasi individu akibat kerusakan atau gangguan pada tulang, otot, atau sendi yang berujung pada kapasitas normal individu untuk berdiri sendiri.

Berlibur dengan Tunadaksa

Penyandang disabilitas seperti tunadaksa merasa hidup mereka sudah berakhir di kursi roda. Mereka juga merasa kursi roda akan menghambat mereka dan keluarga untuk melakukan aktivitas bersama-sama. Tapi sebenarnya masih ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk membawa mereka berlibur ke pantai, pegunungan atau tempat berlibur lainnya. Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan untuk rencana liburan yang aman dan sehat bagi mereka yang berkursi roda:

Sebelum Berlibur

Berikut beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk berlibur bersama difabel, terutama tunadaksa:

  • Pastikan Anda memiliki asuransi perjalanan yang komprehensif dan sesuai dengan kebutuhan.
  • Kunjungi dokter untuk konsultasi terkait obat-obatan yang diperlukan bagi anggota keluarga yang berkursi roda.
  • Lakukan penelitian lebih mendalam terkait destinasi yang akan Anda kunjungi bersama keluarga, seperti kemudahan akses bagi disabilitas yang berkursi roda dan transportasi pilihan yang tersedia.
  • Pilih travel agent yang menyediakan fasilitas penuh untuk anggota keluarga dengan kursi roda.
  • Pertimbangkan risiko yang akan terjadi pada anggota keluarga yang berkursi roda jika perjalanan dilakukan lebih dari 5 jam di mobil.
  • Antisipasi hal-hal buruk yang mungkin terjadi.
  • Jika berlibur dengan pesawat terbang, segera hubungi agen penerbangan, hotel tempat menginap, dan pihak lain untuk mempersiapkan kebutuhan dan bantuan yang diperlukan bagi anggota keluarga Anda yang berkursi roda.

Persiapan sebelum berlibur bagi anggota keluarga yang berkursi roda memang penting mengingat dengan persiapan yang baik, kemungkinan buruk dapat lebih diminimalisir. Saran yang paling baik adalah dengan menyewa travel agent yang peduli akan kesejahteraan anggota keluarga yang memiliki kebutuhan khusus atau difabel sehingga saat berlibur semua akomodasi dapat dipenuhi tanpa mengganggu kualitas liburan Anda dan keluarga.

Sekarang tidak perlu takut lagi untuk berlibur dengan difabel, ya. Selamat berlibur!

Referensi:

Chat Asisten ProSehat aja