Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

Berikut 5 Menu Harian yang Cocok Stabilkan Gula Darah

Apakah kalian termasuk orang yang menjalani hidup sehat? Apa yang biasa kalian lakukan sebagai cara untuk menjalani pola hidup sehat? Pastinya di antara kita tidak ada yang mau terserang penyakit – terlebih penyakit mematikan yang dapat mengancam keselamatan kita bukan? Sayangnya, datangnya sebuah penyakit tidak dapat diprediksi meskipun kita sudah menjalani pola hidup yang sehat. Salah satu penyakit mematikan yang menjadi momok masyarakat Indonesia adalah kadar gula darah yang tinggi atau biasa dikenal dengan diabetes. Kabar baiknya, diabetes bisa dikenali dengan berbagai gejala sehingga penanganan yang diberikan tidak terlambat.

Beberapa gejalanya antara lain adalah badan yang cepat merasa lelah, nafsu makan yang meningkat, berat badan yang turun drastis, sering merasa haus, serta sering bolak balik ke kamar mandi untuk buang air kecil.

Sebenarnya kapan sih kita dikatakan mengalami diabetes? Tentu saja ketika kadar gula kita melebihi batas normal, di mana angka batas normal kadar gula seseorang berkisar antara 70 hingga 200 mg/dL saat tidak puasa. Tidak salah jika seseorang dikatakan mengalami hiperglikemia ketika kadar gulanya mencapai angka lebih dari 200 mg/dL dan sebaliknya kadar gula dikatakan rendah ketika berada di bawah angka 70 mg/dL. Lalu apa yang bisa kita lakukan untuk menjaga kadar gula darah kita dalam batas normal? Salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah dengan mengonsumsi berbagai makanan sehat yang bermanfaat untuk menjaga kadar gula kita dalam batas normal.

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang bisa kita konsumsi untuk menstabilkan gula darah:

1. Salmon

Siapa sih di antara kita yang suka mengonsumsi ikan? Siapa sangka jika salmon efektif untuk menstabilkan gula darah? Salmon adalah salah satu jenis ikan yang kaya akan kandungan protein dan lemak tak jenuh di mana kedua hal ini eektif untuk menstabilkan kadar gula darah. Bukan hanya itu saja, salmon juga berfungsi untuk menjaga jantung dan hati tetap sehat dan bekerja dengan efektif.

2. Chamomile

Apakah kalian suka mengonsumsi teh? Jenis teh apakah yang menjadi favorit kalian? Apakah kalian tahu jika chamomile adalah salah satu jenis teh yang mampu untuk menjaga kadar gula tetap stabi? Ketika kita memadukan chamomile dengan kayu manis maka minuman yang satu ini menjadi minuman menyehatkan dan dianjurkan untuk dikonsumsi supaya kita terhindar dari hiperglikemia. Cara membuatnya pun sangat mudah yaitu dengan mencampurkan ½ sendok makan bubuk kayu manis dan 1 sendok makan teh chamomile dengan air panas secukupnya. Kita perlu menunggu air ini untuk dingin terlebih dahulu, yaitu kurang lebih 10 menit agar aman untuk dikonsumsi dan pastinya tidak melukai lidah.

3. Wortel

Wortel adalah salah satu jenis sayuran yang efektif untuk menstabilkan kadar gula darah kita. Kok bisa? Tentu saja jawabannya ada pada kandungan wortel, yaitu kaya akan kandungan vitamin A. Untuk mendapatkan manfaat yang satu ini kita hanya perlu merebusnya atau bisa kita olah menjadi jus supaya cita rasanya lebih lezat.

4. Blueberry

Blueberry adalah salah satu buah yang efektif untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh kita sehingga kita tidak perlu lagi khawatir mengenai hiperglikemia. Mengonsumsi blueberry dengan rutin sangatlah efektif untuk memperbaiki metabolisme glukosa kita yang berarti buah ini berfungsi untuk menstabilkan kadar gula darah kita.

5. Teh hijau

Teh hijau adalah salah satu jenis minuman yang pastinya sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat mengingat banyaknya manfaat yang bisa kita dapatkan dari minuman yang satu ini. Mengonsumsi teh hijau setiap kali setelah makan sangatlah efektif untuk menstabilkan kadar gula darah kita dan pastinya aman untuk dikonsumsi dalam jangka waktu panjang.

Nah itu tadi adalah beberapa jenis makanan yang efektif untuk menstabilkan kadar gula darah kita – alias menjauhkan kita dari penyakit hiperglikemia. Pastinya sekarang sudah tidak khawatir lagi kan jika penyakit ini datang sewaktu-waktu? Satu hal yang tidak boleh kita lupakan adalah untuk tetap menjaga pola hidup yang sehat agar terhindar dari berbagai penyakit. So, tunggu apalagi untuk hidup lebih sehat daripada sebelumnya?

instal aplikasi prosehat

WhatsApp Asisten Maya saja