Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

Berapa Lama Bangun (Sadar) Setelah Dibius?

Apakah Anda pernah dibius saat operasi? Berapa lama Anda tidak sadarkan diri saat itu? Lantas, apakah semua orang punya waktu yang sama untuk sadar setelah dibius? Mari kita bahas satu per satu pertanyaan tersebut.

  • Berapa waktu pemulihan normal untuk anestesi umum?

Kebanyakan orang bangun di ruang pemulihan segera setelah operasi namun tetap merasa lelah dan mengantuk selama beberapa jam setelahnya. Tubuh Anda memerlukan waktu kurang lebih 1 minggu untuk sepenuhnya menghilangkan obat-obatan anestesi dari tubuh, namun kebanyakan orang sudah tidak merasakan efek setelah 24 jam usai operasi. Dengan alasan tersebut, pasien yang baru saja mengalami operasi tidak direkomendasikan mengendarai mobil selama 24 jam setelah operasi. Bagi mereka yang memiliki masalah medis yang signifikan, operasi yang kompleks atau lama, atau usia lanjut dapat membutuhkan waktu yang lebih lama untuk sadar setelah operasi.

  • Apakah saya dapat terbangun saat sedang dioperasi?

Tidak. Meskipun hal ini kadang menjadi masalah nyata dan telah banyak menarik banyak perhatian orang, namun hal ini jarang sekali terjadi. Pemberian obat anestesi tidak akan selesai selama operasi berlangsung, dan para dokter juga memiliki pemantauan tambahan yang tersedia untuk memastikan apakah pasien masih terbius penuh atau tidak. Jika Anda memiliki masalah kesehatan mengenai anestesi (bius), diskusikan hal tersebut dahulu dengan dokter anestesi sebelum operasi dilakukan.

  • Bagaimana cara dokter membuat saya tertidur saat operasi?

Dokter anestesi akan menggunakan kombinasi dari obat-obatan untuk membuat pasien tertidur. Obat-obat bius ini akan bertahan dalam jangka waktu pendek (sekitar 20 menit). Saat pasien sudah mulai tertidur, dokter anestesi akan memasang alat bantu napas untuk mengontrol kadar oksigen di dalam tubuh. Sepanjang prosedur operasi, anestesi (bius) yang selanjutnya digunakan dapat berupa gas atau obat intra vena kontinus. Ketika operasi berakhir, pemberian anestesi (bius) akan dihentikan dan pasien dibangunkan dari tidur. Keuntungan dari penggunaan sistem yang kompleks ini adalah dokter anestesi akan dapat dengan mudah memperpanjang maupun memperpendek lama pemberian anestesi sesuai dengan lama waktu operasi.

  • Apakah saya akan mengingat tentang operasi setelah sadar?

Jawabannya adalah tidak. Pasien mungkin akan mengingat saat sebelum tertidur dan saat bangun di ruang pemulihan setelah selesai operasi. Namun sebagian besar pasien tidak akan sepenuhnya menyadari lingkungan mereka sampai benar–benar pulih.

  • Berapa lama hingga saya benar–benar pulih dari anestesi?

Setelah operasi selesai, dokter anestesi akan menghentikan pemberian obat anestesi (bius) dan pasien akan secara bertahap bangun. Biasanya pasien akan berada di ruangan pemulihan sebelum nantinya dipindahkan ke ruang perawatan. Tergantung pada keadaan pasien, biasanya pasien harus tinggal beberapa jam bahkan hari di rumah sakit setelah operasi. Anestesi umum dapat mempengaruhi ingatan, konsentrasi, dan refleks selama 1-2 hari, jadi penting bagi orang dewasa yang bertanggung jawab untuk menemani pasien setidaknya 24 jam setelah operasi, hingga nantinya pasien diizinkan untuk pulang ke rumah. Pasien juga disarankan untuk tidak mengemudi, minum alkohol, dan menandatangani dokumen hukum apapun selama 24 hingga 48 jam setelah operasi.

  • Apakah ada larangan setelah pulih dari anestesi umum?

Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda tahu dan pahami ketika baru saja pulih dari anestesi umum:

  • Jangan bekerja terlalu banyak dan terlalu cepat.
  • Tetap beristirahat yang cukup meskipun sudah pulang ke rumah.
  • Minumlah obat sesuai dengan anjuran yang telah diberikan.
  • Konsumsi makanan dan minuman secukupnya, jangan terlalu banyak dan jangan juga terlalu sedikit.
  • Ikuti program rehabilitasi dengan rutin.
  • Jangan mengemudi mobil sebelum pasien benar-benar telah siap.

Jika Anda masih memiliki pertanyaan soal anestesi (bius), konsultasikan dengan dokter anestesi Anda. Jangan takut bertanya, karena ini demi kesehatan Anda. Salam sehat.

instal aplikasi prosehat

Referensi:

  1. Frequently Asked Questions Anesthesiologists – gasdocs.com/faq.php, diakses pada tanggal 14-12-2018
  2. Care After Anesthesia – allinahealth.org/health-conditions-and-treatments/health-library/patient-education/what-you-need-to-know-about-surgery/after-surgery/care-after-anesthesia/, diakses pada tanggal 14-12-2018
  3. Day surgery and anaesthesia – betterhealth.vic.gov.au/health/ConditionsAndTreatments/day-surgery-and-anaesthesia, diakses pada tanggal 14-12-2018
  4. Preparing For Surgery Recovery – asahq.org/whensecondscount/preparing-for-surgery/recovery/, diakses pada tanggal 14-12-2018
  5. Mistakes After Surgery That Slow Your Recovery – webmd.com/healthy-aging/features/rehab-mistakes#1

 

WhatsApp Asisten Maya saja