Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

BB Naik Terus? Siapkan Menu Sarapan Sehat untuk Diet Berikut

Saat Anda mencoba untuk menurunkan berat badan, sarapan berperan penting untuk keseluruhan hari-hari Anda. Mengonsumsi makanan yang salah akan meningkatkan rasa nafsu makan Anda dan menyebabkan Anda gagal diet, bahkan sebelum hari Anda dimulai. Sebaliknya, memulai hari dengan makanan yang tepat akan mengekang rasa nafsu makan Anda dan menjaga Anda tetap kenyang hingga makan siang untuk meminimalkan konsumsi snack dan membantu menurunkan berat badan.

Nah, berikut ini adalah menu sarapan sehat untuk membantu Anda melakukan diet demi penurunan berat badan Anda.

Telur

Telur kaya akan protein dan kaya akan vitamin dan mineral, seperti selenium dan riboflavin. Telur merupakan sumber nutrisi karena kandungan protein yang tinggi, telur dapat mengurangi rasa nafsu makan ketika dikonsumsi sebagai sarapan sehingga dapat membantu menurunkan berat badan Anda.

Sebagai contoh, suatu studi pada wanita kegemukan menunjukkan bahwa konsumsi telur sebagai menu sarapan akan meningkatkan perasaan kenyang secara signifikan dan mengurangi asupan makanan di kemudian hari. Studi serupa, pada 152 orang dewasa, mengonsumsi telur akan menyebabkan penurunan berat badang sebesar 65% dan sekitar 34% mengalami penurunan lingkar pinggang dalam periode 8 minggu.

Selain itu, terdapat berbagai cara untuk menikmati telur, dimulai dari telur rebus hingga telur dadar. Bahkan, Anda dapat mencoba memasak dua hingga tiga telur, kemudian mengombinasikan dengan sajian sayuran favorit, untuk makanan yang bernutrisi dan lezat.

Pisang

Pisang merupakan buah yang kaya serat, tapi rendah kalori. Pisang merupakan alternatif untuk menu sarapan sereal yang manis dan mengandung gula untuk memuaskan rasa manis di pagi hari. Satu pisang berukuran sedang memiliki sekitar 100 kalori dan 3 gram serat, yang memenuhi sekitar 12% kebutuhan serat harian Anda. Serat akan membantu mengosongkan perut dan mengekang nafsu makan Anda dan menjaga perasaan kenyang lebih lama.

Studi lain menunjukkan bahwa peningkatan konsumsi serat dari buah dan sayur akan terkait dengan penurunan berat badan yang signifikan. Selain itu, pisang yang belum matang merupakan sumber utama dari resistant starch, jenis pati yang tidak dicerna oleh lambung dan usus halus Anda. Penelitian menunjukkan bahwa resistant starch mungkin akan membantu menurunkan asupan makanan dan mengurangi lemak di perut. Pisang juga dapat dinikmati secara individual atau dipotong sebagai topping dari yoghurt, cottage cheese, atau sereal gandum. Anda juga dapat menambahkan pisang yang masih hijau dan belum matang ke dalam menu sarapan Anda.

Yoghurt

Yoghurt yang creamy dan enak akan membantu Anda dalam diet penurunan berat badan. Yoghurt akan memberikan sejumlah protein pada setiap penyajiannya, sehingga menjadi pilihan tepat untuk sarapan penurun berat badan. Suatu studi pada 20 wanita menunjukkan bahwa konsumsi yoghurt dengan kandungan tinggi protein sebagai snack akan menurunkan kadar lapar dan mengurangi asupan makanan hingga 100 kalori per hari, dibandingkan dengan snack tidak sehat seperti cokelat atau biscuit.

Studi lain pada 8.516 orang menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi 7 sajian yoghurt setiap minggu akan memiliki risiko yang lebih rendah untuk menderita obesitas dibandingkan dengan yang tidak mengonsumsi yoghurt secara rutin. Cobalah mengonsumsi satu cangkir (285 gram) yoghurt dengan campuran buah, biji chia sebagai sarapan bernutrisi.

Buah Beri

Berbagai jenis beri seperti strawberry, blueberry, blackberry, dan raspberry secara luar biasa mengandung berbagai jenis nutrien, yang berarti rendah kalori, namun dibungkus dengan berbagai nutrien penting. Untuk menyediakan berbagai vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan tubuh, beri kaya akan serat yang akan mengurangi rasa lapar dan asupan makanan. Faktanya, suatu pada 12 wanita menunjukkan bahwa snack sore kaya gula dari sajian beri campur akan mengurangi asupan kalori hingga 133 kalori per hari. Tambahkan beri pada morning smoothie, sereal gandum, atau yoghurt unutk membantu penurunan berat badan.

Kopi

Beberapa studi menunjukkan bahwa secangkir kopi di pagi hari dapat membawa penurunan berat badan yang besar. Kandungan kopi membantu penurunan berat badan dengan meningkatkan metabolisme dan pembakaran lemak. Berdasarkan suatu studi pada 8 pria, konsumsi kafein akan meningkatkan metabolisme sekitar 13% dan meningkatkan pemecahan lemak.

Studi lain pada 58.157 orang dewasa menunjukkan bahwa kopi akan membantu kontrol berat badan jangka panjang, sebab peningkatan asupan kopi akan terkait dengan peningkatan berat badan lebih dari 12 tahun. Kopi sendiri tidak akan membuat sarapan menjadi seimbang, tapi dapat dipadukan dengan sarapan sehat kesukaan Anda lainnya untuk memberikan peningkatan kualitas pada makanan pagi Anda. Pastikan tidak mengonsumsi gula atau creamer secara berlebihan, karena akan menambah kalori dan menegasikan seluruh karakteristik kopi yang akan meningkatkan kesehatan.

Kiwi

Kiwi kaya akan vitamin C, vitamin K, dan kalium, kiwi memberikan profil nutrient yang mengesankan. Kiwi juga merupakan sumber terbaik dari serat – hanya secangkir (177 gram) menyediakan 21% kebutuhan harian. Suatu studi pada 83 wanita menunjukkan bahwa diet serat tinggi, yang membatasi kalori akan berfungsi efektif dalam menurunkan nafsu makan dan menurunkan berat badan tubuh, lemak tebuh, dan lingkar pinggang.

Kiwi juga mengandung serat khusus spesifik yang dikenal sebagai pectin, yang akan meningkatkan perasaan kenyang, menurunkan nafsu makan, dan mendukung kehilangan berat badan. Potongan kiwi akan meningkatkan menu sarapan menjadi sangat baik. Kamu juga akan dapat menambahkan kiwi ke dalam yoghurt, smoothies, atau sereal. 

instal aplikasi prosehat

Daftar Pustaka:

Link R. 14 healthy breakfast foods that help you lose weight. 2018. healthline.com/nutrition/weight-loss-breakfast-foods (11.12.18)

WhatsApp Asisten Maya saja