Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

Bahaya Bila Anak Tidak Menerima Vaksin Campak

Campak. Siapa sih yang tidak kenal dengan penyakit berbahaya yang satu ini? Campak adalah salah satu penyakit yang dapat mengancam keselamatan jiwa seseorang ketika tidak segera diberikan penanganan alias penanganan yang diberikan terlambat. Memang apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan penyakit campak? Penyakit campak adalah suatu jenis penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus dan paling sering menyerang anak-anak atau lebih tepatnya mereka yang masih berusia di bawah lima tahun (balita). Lalu gejala apa yang biasanya muncul ketika anak terserang campak?

Gejala campak sendiri biasanya akan timbul setelah beberapa hari, yaitu sekitar 8 hingga 10 hari setelah terjadi infeksi virus campak. Virus campak sangat mudah untuk ditularkan dari satu orang ke orang lainnya, di mana virus ini dapat bertahan hidup hingga 2 jam di udara sebelum seseorang terjangkit virus tersebut. Salah satu gejala utama dari penyakit campak ini adalah timbulnya ruam di seluruh tubuh serta muncul bercak pada mulut serta terjadinya radang tenggorokan pada anak.

Apakah hanya itu saja gejala dari penyakit campak? Tentu saja tidak! Masih banyak gejala campak lainnya, seperti demam, mata merah, nyeri tenggorokan dan diare. Diare yang dialami anak pun juga bisa berlangsung selama beberapa hari dan apabila tidak segera ditangani dapat menyebabkan dehidrasi pada anak. Bukan hanya itu saja, anak juga biasanya akan mengalami radang telinga dan hal ini pastilah juga menimbulkan rasa sakit pada telinga anak.

Pastinya kita tidak mau kan melihat anak kita tersiksa karena penyakit campak? Lalu apa yang bisa kita lakukan untuk mencegah penyakit campak pada anak? Yup, jawabannya tepat sekali yaitu dengan melakukan vaksinasi campak. Namun, sayangnya banyak orang tua masih enggan melakukan vaksinasi campak karena berbagai isu alias kabar burung mengenai dampak yang akan timbul setelah anak mendapatkan vaksinasi campak. Namun, apa jadinya jika anak tidak mendapatkan vaksinasi campak sejak dini?

Waktu Vaksinasi Campak

Yup, pastinya banyak dari kita bertanya-tanya kapankah saat yang tepat untuk memberikan vaksinasi ini pada anak. Jawabannya adalah vaksinasi campak ini harus diberikan sedini mungkin, lebih tepatnya ketika anak sudah menginjak usia 9 bulan. Vaksin campak lebih dikenal dengan vaksin MMR atau MR di mana vaksin ini bukan saja hanya berfungsi untuk melindungi anak dari penyakit campak namun juga jenis penyakit berbahaya lainnya, seperti virus rubella ataupun gondok. Apakah vaksin campak hanya perlu diberikan sekali pada anak?

Tentu saja tidak! Vaksinasi campak perlu diberikan secara bertahap, alias sebanyak tiga kali. Setelah dilakukan vaksinasi campak pertama pada anak, kita perlu mengulangi vaksin campak ini ketika anak berusia 18 bulan dan vaksinasi campak terakhir ketika anak menginjak usia 6 hingga 7 tahun. Namun, kita tidak perlu melakukan vaksinasi kedua, atau tepatnya ketika anak berusia 18 bulan apabila vaksinasi pertama yang diberikan berupa vaksinasi MMR.

Bahaya Campak

Pertanyaan berikutnya yang sering muncul di benak kita adalah apa dampak dari penyait campak ketika anak terlambat melakukan vaksinasi – atau justru tidak melakukan vaksinasi sama sekali sejak mereka masih kanak-kanak. Tentu saja dampaknya sangat fatal, di mana penyakit campak dapat menyebabkan komplikasi dan tentu saja memicu timbulnya penyakit berbahaya lainnya. Memangnya apa yang dimaksud dengan penyakit berbahaya di sini? Tentu saja banyak, salah satu contohnya adalah komplikasi campak dapat memicu terjadinya radang paru atau yang biasa kita kenal dengan pneumonia, radang otak (meningitis) yang dapat menyebabkan kebutaan bahkan kematian. Tentu saja kita tidak ingin hal ini terjadi bukan?

Bahaya dari campak bukan saja hanya akan dirasakan ketika kita masih kanak-kanak, tetapi dapat mengenai Ibu hamil yang akan menyebabkan dampak panjang yang pastinya tidak diinginkan oleh siapapun. Yup, benar sekali, komplikasi penyakit campak dapat menyebabkan terjadinya gangguan kehamilan dan pastinya hal ini juga mengganggu janin ibu. Beberapa kasus yang sering terjadi terkait dengan ibu hamil adalah mereka mengalami keguguran, lahir prematur, ataupun berat badan bayi lahir rendah.

Nah, itu tadi adalah beberapa informasi mengenai campak yang harus kita tahu. Pastinya sekarang sudah tahu kan mengenai pentingnya melakukan vaksinasi campak pada anak? Selain itu, pastinya kita sudah tidak ragu lagi kan melakukan vaksinasi campak sejak dini? So, tunggu apalagi untuk melakukan vaksinasi campak? Yuk, bawa anak ke pelayanan kesehatan terdekat!

instal aplikasi prosehat

Referensi:
lifestyle.kompas.com/read/2016/05/26/200500823/Kenali.Gejala.Campak.dan.Pencegahannya
presidenri.go.id/berita-aktual/pentingnya-imunisasi-campak-dan-rubella.html

WhatsApp Asisten Maya saja